main image

source gambar : blibli.com

Alat pembersih rumah harus dibersihkan secara berkala untuk menghindari berkembangnya bakteri atau kuman. Karena sejatinya rumah yang bersih sempurna bebas dari bakteri dan kuman adalah  ketika alat-alat pembersih rumah rutin dibersihkan.

Pel lantai yang digunakan untuk membersihkan satu area ke area lainnya, memungkinkan akan terjadinya perpindahan kuman yang merata ke seluruh penjuru rumah. Namun, ketika lap pel itu bersih dan tekhnik mengepel yang dikerjakan seseorang itu baik, maka itu akan secara efektif menghilangkan kotoran dan kuman di lantai.

Tips Membersihkan Lap Pel yang Tepat

Membersihkan lap pel yang benar akan membuatnya tetap bersih dan higienis, sehingga aman untuk digunakan di kemudian hari. Berikut tips yang bisa dilakukan agar lap pel bersih kembali :

  • Bilaslah lap pel secara menyeluruh setelah digunakan

Setelah selesai mengepel, bilaslah lap pel menggunakan larutan pembersih dan kotoran sampai lap pel benar-benar bersih, tanpa meninggalkan sisa-sisa sabun. Jika tidak bersih, jejak kotoran akan menyebarkan kotora selama pengunaan berikutnya dan sisa sabun yang tersisa dapat merusak lap pel.

  • Cuci lap pel

Jika kamu mau mencuci lap pel dengan mesin cuci, maka lakukan dengan siklus pencucian lembut  dan direkomendasikan menggunakan air bersuhu terpanas. Namun jika kamu mau mencuci lap pel tidak memakai mesin cuci, maka buatlah campuran setengah air, setengah pemutih dalam ember bersih (cukup untuk menutupi kepala pel) dan rendamlah lap pel selama 15 menit. Setelah selesai, bilaslah kembali campuran dari lap pel sampai airnya benar-benar jernih.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan merendam lap pel  beberapa menit ke dalam ember yan berisi air panas, semakin panas semakin  baik, tambahnkanlah beberapa milliliter cuka putih, karena cuka akan membantu melepaskan lemak atau minyak dari lap pel. Setelah direndam bilaslah lap pel hingga airnya jernih.

  • Biarkanlah lap pel benar-benar kering

Untuk mencegah pertumbuhan bakteri, pastikan lap pel kering sebelum disimpan.

  • Ganti lap pel secara berkala

Lap pel yang kotor dan usang tidak akan bekerja efektif ntuk membersihkan lantai, karenanya gantilah lap pel secara berkala, setiap 2-3 bulan sekali atau ketika lap pel sudah sulit untuk dibersihkan.