Snorkeling di Bali ya Bali ialah surganya rekreasi. Pulau Dewata ini mempunyai garis pantai yang panjang. Tidaklah aneh bila ada banyak tempat wisata pantai di Bali, dari yang gratis sampai yang berbayar. Tidak ketinggal dengan kegiatan di Bali yang pas untuk snorkeling. Untuk Anda yang ingin cari tempat snorkeling di Bali, berikut beberapa spot yang direferensikan.

1. Pulau Menjangan

Pulau Menjangan adalah Tempat Rekreasi di Bali yang dapat dijangkau dari Banyuwangi. Paket rekreasi Banyuwangi terkadang menyedikan rekreasi Pulau Menjangan sebagai salah satunya spot wisatanya.

Untuk capai Pulau Menjangan, dari Dermaga Labuan Lalang diperlukan waktu 3 jam. Lokasi ini merupakan salah satunya lokasi snorkeling yang populer dan kerap dijujuki pelancong.

Untuk pelancong yang ingin snorkeling, Anda dapat bawa alat snorkeling sendiri. Bila tidak punyai, karena itu tidak boleh cemas, karena bakal ada penyewaan alat snorkeling yang dapat dipakai.

2. Nusa Lembongan

Selainnya Pulau Menjangan, tempat snorkeling di Bali yang populer ialah Nusa Lembongan. Nusa Lembongan ini sendiri adalah rangkaian pulau di Bali yang dapat diraih dengan seberang.

Persisnya dari Dermaga Sanur, pelancong perlu lebih kurang 30 menit untuk seberang ke situ memakai speed boat. Bukan hanya snorkeling saja yang dapat dilaksanakan di situ, tetapi rekreasi olahraga air yang lain.

Spot snorkeling di Nusa Lembongan ini cukup kerap didatangi pelancong. Ini karena aksesnya yang lumayan gampang, dan alam bawah lautnya yang alami.

3. Amed

Amed ialah sebuah spot yang lain di Bali yang dapat dipakai untuk snorkeling. Spot ini sebagai satu spot favorite yang kerap dituju pelancong, terutamanya pelancong yang ingin habiskan waktu di samping Timur Bali.

Amed mempunyai pemandangan yang paling memikat. Untuk snorkeling di teritori Amed, bahkan juga pelancong tak perlu memakai perahu untuk seberang, karena di pinggir pantai juga panorama alam bawah lautnya telah memikat.

Kelebihan lokasi snorkeling ini ialah kehadiran bangkai kapal sisa perang dunia II punya Jepang. Sekarang ini spot itu dikenali bernama Japanese Shipwreck.

baca : 22 Tempat Rekreasi di Banten yang Bagus dan Murah

4. Nusa Penida

Selainnya Nusa Lembongan, Nusa Penida sebagai salah satunya tempat snorkeling di Bali yang kerap didatangi pelancong yang menyukai akan lingkungan bawah laut. Tempat Rekreasi di Nusa Penida banyak juga yang didatangi pelancong.

Nusa Penida kerap didatangi pelancong asing untuk menyelam atau snorkeling. Hal yang memikat pada sini yaitu kehadiran lingkungan bawah laut yang monumental.

Kenapa disebutkan monumental? Karena di situ ada sebuah tempat yang sarat dengan patung-patung Budha. Spot berikut yang kerap jadi lokasi snorkeling yang memikat oleh pelancong luar negeri.

5. Tulamben

Tulamben ada di teritori Bali Timur. Tulamben ini pas untuk jadi spot snorkeling karena keelokan alam bawah lautnya yang paling memikat dan jernih.

Kelebihan dari Tulamben serupa dengan Amed, di mana terdapat bangkai kapal sisa perang dunia yang karam di situ. Tetapi kapal ini bukanlah punya Jepang, tetapi bangkau kapat USAT Liberty Glo.

Disamping itu, terumbu karang di teritori ini juga eksotik, komplet dengan kehadiran biota laut dengan semua jenis warna yang memperlihatkan keelokan dari si Maha Kuasa.

6. Gempuran

Gempuran ialah nama dari sebuah pulau yang dapat diraih dari Denpasar dengan lumayan gampang. Gempuran memang kurang cukup ramai karena sedikit pelancong yang ketahui lokasi ini.

Tetapi pulau ini mempunyai teritori snorkeling dengan terumbu karang yang cantik untuk dieksplor lebih jauh. Namanya ialah Taman Safari Bawah Laut. Di situ ada beragam tipe biota laut yang paling bermacam.

Lokasi snorkeling ini ialah sebuah pelestarian punya nelayan di tempat. Maksudnya untuk kembalikan nilai-nilai alami disekitaran pulau Gempuran yang nyaris hancur karena reklamasi yang sudah dilakukan di teritori itu.

baca : 18 Street Food Pulau Jeju Amat Murah dan Sedap, Penting Dicoba!

7. Blue Lagoon

Tempat snorkeling di Bali yang lain ialah Blue Lagoon. Blue Lagoon ada di Balu sisi timur. Spot snorkeling yang ini ialah lokasi snorkeling yang airnya jernih dengan pasir lembut yang agak miring.

Beberapa macam biota laut yang dapat disaksikan ialah ikan sapi-sapi, kura-kura, hiu karang, murray, dan morish idol. Lokasi ini pas untuk pelancong yang menyukai ambil gambar bawah laut.

Tetapi snorkeling di sini tidak dapat dilaksanakan setiap waktu. Karena saat cuaca sedang berombak, jarak pandang akan berkurang. Snorkeling cuman dapat dilaksanakan saat cuaca sedang tenang.

8. Pemuteran

Lokasi snorkeling yang ini ada di teritori Bali Utara, persisnya antara teritori Gilimanuk dan Buleleng. Lokasi ini komplet dengan bermacam tanaman laut dan koral yang cantik.

Sekarang ini ada penangkaran koral dan terumbu karang di situ, karena dahulu koral di situ sempat hancur oleh parasit yang namanya crown of thorns. Tetapi panorama cukup cantik dengan beragam biota laut yang bermacam.

Ada anemone, lobster, table corals, dan beragam tipe ikan yang dapat disaksikan saat snorkeling pada tempat ini. Tetapi snorkeling di sini dapat dilaksanakan saat pagi hari saja.

9. Tanjung Benoa

Siapakah yang tidak mengenal Tanjung Benoa? Tentu setiap berekreasi ke Bali, Tanjung Benoa menjadi satu diantara lokasi rekreasi tujuan. Ini karena pada tempat ini ada sarana permainan air yang paling komplet. Ada pula Pulau Penyu yang disebut Tempat Rekreasi Anak di Bali untuk belajar bermacam jenis satwa dari Tanjung Benoa.

Untuk menyelam di Tanjung Benoa, snorkeling dapat dilaksanakan di sejumlah spot yang direferensikan. Tetapi selainnya snorkeling, ada pula langkah lain untuk nikmati alam bawah lautnya, yakni dengan sea walker.

Langkah ini cukuplah sederhana, di mana wisatwan perlu memakai helm khusus dan masuk ke air. Antiknya, pelancong tak perlu mempunyai kekuatan berenang, karena semua dapat berjalan di air.

10. Sanur

Pantai Sanur memang populer akan panorama sunrise yang cantik. Tetapi siapakah yang menduga jika Sanur mempunyai tempat menyelam yang tidak kalah cantiknya dengan Tanjung Benoa.

Di Sanur ada juga satu spot untuk sea walker. Walaupun tidak seindah dan seramai Tanjung Benoa, tetapi coba watersport dan nikmati panorama bawah laut di Sanur dapat menjadi salah satunya alternative.

Disamping itu, snorkeling di Sanur bisa juga dilaksanakan di sejumlah spotnya. Tetapi beritanya air Sanur tidak sejernih spot snorkeling yang lain di Bali, hingga jarak pandangnya cukup terbatas.

11. Jemeluk Bay

Jemeluk Bay ada di dekat Amed. Jemeluk Bay sebagai salah satunya lokasi snorkeling yang kece di Bali. Kelebihannya ialah dapat snorkeling dalam suatu tanjung.

Arus di tanjung tentu saja semakin tenang dibanding di pantai biasa. Oleh karena itu, snorkeling di Jemeluk Bay dapat dilaksanakan lebih santai dan tidak kuatir terikut arus.

Di situ ada juga salah satunya spot snorkeling yang memberinya panorama pura bawah laut. Disamping itu pantai dari Jemeluk Bay sebagai pantai berpasir putih yang cantik dan direferensikan.

baca juga : snorkling murah jakarta ke pulau macan resort

12. Vienna Beach

Satu kembali spot snorkeling yang dapat dituju saat berekreasi ke Pulau Dewata, yakni spot snorkeling di muka Pondok Vienna Beach Bungalows dan Restoran.

Dari Jemeluk Bay, cuman diperlukan jarak lebih kurang 5 km untuk ke arah ke situ. Kelebihan dari pantai Vienna ini ialah pasirnya yang tidak putih, tetapi lebih warna gelap.

Tetapi lokasi snorkeling di di air lautnya benar-benar cantik. Ada beberapa terumbu karang di situ dan dapat dicicipi dengan aman saat menyelam.

13. Candidasa

Candidasa ialah sebuah lokasi disekitaran Teluk Amuk, persisnya disamping timur lautnya. Di situ ada satu spot menyelam yang paling cantik dan lumayan menarik dan kerap jadi Tempat Prewedding di Bali.

Tetapi, kelemahan pada spot snorkeling ini ialah arusnya yang lumayan kuat, air yang dingin, dan dinding karam yang terjal. Oleh karena itu, spot ini cuman direferensikan untuk beberapa penyelam yang telah pakar.

Pengalaman menyelam di Candidasa menjadi satu pengalaman yang tidak terlewatkan karena terumbu karang yang berada di sana benar-benar mengagumkan. Baik sisi yang terjal atau yang agak miring, semua mempunyai karakter yang unik tertentu.

14. Lovina

Pantai Lovina sebagai salah satunya pantai yang bernama cukup populer. Ini karena keelokan pantai yang paling elok dan dapat dicicipi, baik dengan snorkeling atau tidak.

Untuk snorkeling di Pantai Lovina, Anda dapat sewa perlengkapan snorkeling sekalian perahu untuk menolong mendapati spot snorkeling terbaik. Umumnya ada juga guide yang menolong.

Kelebihan spot snorkeling di Lovina ialah terumbu karangnya yang elok, komplet dengan beragam ikan dan biota laut yang lain yang makin menambahkan keelokan panorama alam bawah laut.

15. Pantai Pandawa

Pantai Pandawa adalah Pantai Paling indah di Bali yang belakangan ini mulai dikenali namanya. Ini karena pantai ini mempunyai sebuah spot olahraga air yang memikat buat dicoba.

Olahraga air yang sangat menarik ialah cano. Disamping itu, wisatwan bisa juga lakukan snorkeling di Pantai Pandawa ini. Tetapi pantai ini benar-benar panas, karena ada di wilayah bukit kapur.

Hal menarik yang lain dari pantai ini ialah ada hiasan dari bukit kapur yang dibuat, serupa dengan teritori Garuda Wishnu Kencana yang sebagai pemandangan dari bukit kapur yang dibuat.

Demikian beberapa tempat snorkeling di Bali yang dapat didatangi untuk nikmati alam bawah laut yang cantik. Siapkan semua peralatan menyelam Anda dan cicipi daya tarik Indonesia dari kekayaan lautnya. Mudah-mudahan berguna.

sumbernya : https://twitter.com/TravelWisataind