Menggunakan jasa pendirian CV dan PT adalah sebuah langkah yang biasa dilakukan oleh para pemilik bisnis di dalam melegalkan usaha Anda. Dalam proses untuk melegakan usaha ini, ada banyak sekali hal yang diperlukan. Baik dari segi persyaratan, dokumen juga aturan yang perlu dipenuhi.

Untuk mengenal tentang hal apa saja yang diperlukan untuk melakukan pendirian PT, berikut penjelasannya.

Mengenal Tentang PT Dan Syaratnya

Melakukan pendirian PT perorangan mungkin sudah sering Anda dengar, tetapi apakah Anda tahu apa pengertian dari PT tersebut? PT sendiri merupakan singkatan dari perseroan terbatas. Dimana di dalam PT, mereka hanya akan bisa didirikan oleh 1 orang. Dimana organ tersebut akan berperan sebagai seorang direktur dan pendiri untuk memenuhi ketentuan dari sebuah usaha mikro dan kecil.

Di dalam sebuah PT, mereka memiliki sebuah persyaratan yang perlu untuk ditaati, berikut adalah persyaratannya:

          PT Perorangan hanya bisa didirikan oleh 1 orang saja atau per NIK dan KTP. Di dalam 1 tahun, 1 NIK dan KTP hanya akan bisa membuat 1  PT Perorangan. Apabila sebelumnya sudah pernah membuat PT perorangan, maka mereka baru dapat mendirikan PT perorangan setelah 1 tahun berlalu yaitu di tahun berikutnya.

          Dalam pendirian PT Perorangan ini, mereka hanya bisa didirikan dengan maksimal modal usaha sebesar Rp 50 juta. Lebih dari nilai tersebut, maka pemilik dapat membuat PT biasa.

          PT Perorangan Mikro, yaitu yang memilih modal di bawah 1 Milyar. Mereka akan memiliki maksimal omzet sekitar IDR 5.000.000.000.

          PT Perorangan berskala Kecil atau yang memiliki modal di bawah 5 Milyar. Mereka akan membuat maksimal omzet adalah sekitar IDR 15.000.000.000.

          Pada sebuah PT perorangan, mereka tidak akan butuh akta dari notaris.

Apakah Melakukan Pendirian PT Perorangan Adalah Hal Sulit?

Untuk mendirikan sebuah PT, mungkin memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Hal ini karena terdapat banyak sekali syarat dan juga ketentuan yang diberikan.

Tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena saat ia sudah ada Legalyn. Sebuah jasa pendirian CV dan PT yang akan membantu Anda dalam mengurus dokumen pendirian sebuah badan usaha. Legalyn ini sendiri juga sudah berpengalaman sejak 2017 dan sudah membantu lebih dari 2000 pebisnis, terimakasih.