Ketika Anda sakit, sangat penting bahwa Anda mengkonsumsi obat Anda untuk mempercepat proses menjadi lebih baik. Saat minum obat, Anda juga harus menyadari cara yang tepat untuk minum obat untuk memastikan bahwa itu akan bekerja secara maksimal. Meskipun tidak disarankan, ada beberapa orang yang rutin minum obat setelah minum kopi.

Ada banyak orang yang minum obat mereka setelah mereka minum secangkir kopi karena membantu mereka menyingkirkan rasa pahit dan bau obat. Tidak banyak orang yang tahu kalau itu sedikit merugikan, apalagi karena banyak penjual obat yang jual obat online tanpa berkonsultasi dengan apoteker atau dokter terlebih dahulu, sehingga pemakai obat tidak mengetahui pasti efek minum kopi bersamaan dengan obat.

1. Tingkatkan Kandungan Kafein Tubuh Anda

Pertama, minum obat setelah minum kopi dapat menyebabkan pemecahan kafein di hati menjadi terganggu, yang dapat menyebabkan kafein tidak dipecah dan malah menumpuk di dalam darah. Ini bisa terjadi jika obat dikonsumsi setelah kopi. Konsumsi kafein dalam jumlah berlebihan di darah tentu saja dapat menyebabkan efek buruk seperti kecemasan dan tekanan darah tinggi.
Anda bahkan mungkin bisa merasakan jantung Anda berdebar begitu cepat sehingga menyebabkan Anda gelisah.

2. Penurunan Jumlah Obat yang Diserap

Obat Anda tentu saja harus memiliki tingkat penyerapan setinggi mungkin untuk mendapatkan efek terbaik saat digunakan. Mengkonsumsi obat-obatan setelah minum kopi justru dapat mengurangi jumlah obat yang diserap tubuh. Ini karena kondisi di mana tubuh paling mampu menyerap zat dari obat telah berubah.
Hal ini disebabkan bahwa kopi mengandung tanin, yang merupakan senyawa yang memiliki kemampuan untuk mengikat obat dan mengurangi penyerapan obat tersebut.

3. Membuat Efek Samping Lebih Buruk

Tentu saja, ada yang namanya risiko efek samping dalam hal konsumsi obat-obatan. Karena kafein adalah stimulan yang dapat mempengaruhi fungsi sistem saraf, menggabungkannya dengan zat lain yang juga memiliki efek stimulasi adalah ide yang sangat buruk dan dapat memiliki konsekuensi yang sangat negatif.
Mengkonsumsi obat-obatan setelah minum kopi dapat meningkatkan kemungkinan mengalami efek samping dari kopi. Dari lekas marah dan sulit tidur hingga sakit kepala, sesak napas, dan bahkan detak jantung yang berdebar kencang, gejalanya bisa sangat bervariasi.

4. Menghambat Kerja Obat

Karena kopi dapat mengganggu efektivitas obat-obatan tertentu, tidak disarankan untuk minum obat setelah minum secangkir kopi. Karena kafein memiliki efek stimulan, yang dapat menyebabkan kantuk, aksi obat dihambat oleh kombinasi keduanya.
Ini adalah berbagai efek yang muncul ketika obat dikonsumsi setelah kopi dikonsumsi. Jika Anda ingin obat diserap dengan baik dan jika Anda ingin merasa lebih baik dalam waktu yang lebih singkat, kami tidak menyarankan untuk melakukan hal ini.