Demam Crypto investment platform sekarang ini tengah dialami para investor di Tanah Air. Investasi menggunakan mata uang virtual ini memang sedang naik daun. Ini bukan tanpa alasan melihat lonjakan nilai begitu tinggi serta sudah melampaui instrumen yang lain misalnya emas.

Resiko Investasi Cryptocurrency

Namun demikian, investasi crypto tetap mempunyai resiko sama seperti investasi lainnya. Berikut ini beberapa resiko investasi cryptocurrency yang sebaiknya anda ketahui.

  1. Tidak ada underlying asset

Resiko investasi yang pertama yakni tidak memiliki underlying asset  yang merupakan aset keuangan sebagai acuan dasar dari kisaran harga derivatif. Pada sistem keuangan syariah, underlying asset adalah salah satu komponen yang wajib ada untuk menghindari transaksi gelap atau riba.

Hadirnya komponen tersebut membuat persoalan keamanan di dalam perjanjian sejumlah pihak ketika melakukan pertukaran kontrak derivatif bisa lebih terkendali serta jauh dari kecurangan.

  1. Fluktuasi nilai tinggi

Menurut sejumlah pakar keuangan, cryptocurrency misalnya Bitcoin investment platform merupakan salah satu komoditi dengan nilai fluktuasi yang labil. Ini berarti investasi yang diterapkan bisa naik sewaktu-waktu, namun juga bisa turun secara drastis.

Sehingga bisa dikatakan bahwa ketika anda memulai investasi cryptocurrency ini maka kerugian dan keuntungan yang akan anda dapatkan tidak bisa diprediksi. Jadi sangat wajar jika investasi tersebut tergolong spekulatif.

  1. Penipuan berkedok ICO

Pelaku yang tidak bertanggung jawa berkedok ICO mungkin akan menawarkan ICO palsu. Umumnya mereka akan menawarkan koin pertama sebelum sampai pada titik penipuan.

Kecurangan berkedok ICO ini sudah memakan banyak sekali korban. Bahkan, tercatat 30 rb investor telah tertipu dengan jumlah kerugian mencapai total USD 225 juta.

  1. Penipuan transaksi

Ketidakadaan legalitas di sejumlah bank sentral terkait cryptocurrency membuat investasi ini semakin beresiko. Misalnya penipuan transaksi yang dapat dialami pembeli aset crypto.

Maka dari itu, sebelum anda bermain dalam investasi ini anda perlu memastikan bahwa cryptocurrency yang anda beli berasal dari pedagang yang kredibel dan memiliki keamanan kuat.

Demikian ulasan mengenai beberapa resiko investasi cryptocurrency yang sebaiknya anda perhatikan. Dengan banyaknya resiko diatas diharapkan anda lebih berhati-hati saat melakukan investasi.