Untuk perhitungan atau analisa modal membuka kios pulsa sebenarnya tidak menentu. Tergantung model kios seperti apa yang ingin Anda buka. Jika Anda ingin buka konter pulsa yang lengkap dengan segala aksesoris handphone dan lain sebagainya, tentu modal yang Anda butuhkan lumayan besar.

Berikut rincian modal yang dibutuhkan untuk membuka konter pulsa mulai dari sewa tempat sampai bisa berjualan.

  • Sewa tempat usaha per tahun @ Rp 5.000.000
  • Dekorasi tempat @ Rp 2.000.000
  • Handphone bekas @ Rp 300.000
  • Meja etalase @ Rp 800.000
  • 4 Kursi plastik @ Rp 200.000
  • 10 Kursi pajangan kartu perdana @ Rp 150.000
  • SIM micro cutter @ Rp 50.000
  • Papan jual pulsa LED @ Rp 140.000
  • Banner 3×1 @ Rp 60.000
  • Isi saldo All Operator @ Rp 2.000.000
  • Kulakan kartu perdana dan paket kouta internet @ Rp 2.000.000
  • Kulakan akseoris @ Rp 500.000

Total modal awal Rp 13.200.000

Untuk keuntungan usaha konter pulsa tergantung seberapa ramai konter pulsa Anda. Jika Penjualan pulsa elektrik, kartu perdana dan paket kouta cukup lancar dan perputaran modalnya cepat, omset yang didapatkan pastinya lebih besar.

Teman saya yang membuka gerai pulsa didaerah saya mengatakan ia bisa mendapatkan keuntungan bersih sekitar Rp 4 – 5 juta perbulannya. Namun hal itu bisa tercapai setelah usahanya berjalan dengan lancar dan banyak pembeli.

Bahkan ia sampai bisa memperkerjakan 2 karyawan untuk bisa saling bergantian berjualan pulsa. Ia juga menjual bensin eceran, gas elpiji, dan rokok untuk menambah pemasukan.

 

 

Rekomendasi distributor pulsa terbaik, cek disini : Harga hiliK KOMUNIKA

 

 

Cara Promosi Usaha Konter Pulsa

Agar Anda bisa mendapatkan omset seperti yang saya sebutkan diatas. Maka Anda harus melakukan promosi agar konter pulsa Anda cepat dikenal orang. Cara promosi konter pulsa sebenarnya tidak terlalu sulit.

Yang paling pertama tentu saja dekorasi tempat jualan Anda minimal benar-benar terlihat seperti konter pulsa pada umumnya. Usahakan dari jauh pun kelihatan sehingga pelanggan akan condong membeli pulsa di tempat Anda.

Pasang papan jual pulsa LED yang cukup besar agar terlihat saat malam hari. Begitu juga papan daftar harga kouta internet, tempatkan didepan kios Anda sehingga pelanggan tertarik membeli kouta internet ditempat Anda.

Yang lebih penting lagi, pelayanan Anda terhadap konsumen. Berikan pelayanan yang memuaskan agar mereka merasa nyaman membeli pulsa ditempat Anda.

 

 

Resiko dan Tantangan Buka Konter Pulsa

Setiap bisnis apapun, pasti memiliki resiko yang harus Anda hadapi. Tidak terkecuali bisnis konter pulsa. Meskipun dibilang usaha yang tidak ada matinya, bisnis konter pulsa tetap memiliki resiko kerugian.

Beberapa resiko yang harus Anda hadapi diantaranya :

Saingan Bisnis Sudah Banyak

Konter pulsa mulai menjamur sejak tahun 2005. Tidak mengherankan hampir di setiap jalan baik di kota maupun di desa ada yang buka konter pulsa. Bahkan banyak orang yang berjualan pulsa hanya bermodalkan handphone.

Banyaknya saingan ini tentu membuat kesempatan Anda mendapatkan banyak pelanggan cukup sulit. Anda harus berbagi konsumen dengan konter pulsa yang lain. Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri untuk Anda.

 

 

Kartu Perdana dan Voucher Internet Habis Masa Berlakunya

Menjual kartu perdana dan voucher internet juga memiliki resiko habis masa berlakunya. Hal ini bisa di antisipasi dengan kulakan kartu perdana yang memiliki masa tenggang cukup lama.

Anda juga tidak perlu menjual terlalu banyak. Cukup jual kartu perdana dan voucher internet sesuai kebutuhan saja agar perputaran modal Anda tidak macet.

Harganya Flat

Standar harga pulsa hampir di semua tempat sama. Anda tidak bisa menjual terlalu mahal karena bisa membuat pelanggan lebih memilih membeli di konter lain.

Akibatnya Anda tentu akan kesulitan untuk mengembangkan bisnis Anda. Padahal Anda pasti ingin mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Solusinya Anda bisa menambah usaha pendamping konter pulsa.

Contohnya menyediakan pembayaran berbagai tagihan bulanan seperti PDAM, tagihan listrik, token listrik, voucher game dan lain-lain. Tidak masalah jika Anda menjual barang-barang seperti bensin eceran, rokok, gas elpiji atau produk lainnya untuk menambah pendapatan Anda.