Resep Pisang Goreng Pontianak Sederhana Enak | Chef Heny Rosita

Pisang adalah makanan yang sudah umum diolah menjadi berbagai macam camilan dan banyak dikonsumsi oleh orang. Pada umumnya hidangan yang banyak disukai yaitu memasaknya dengan cara digoreng hingga crispy. Karenanya banyak sekali gerai-gerai yang menyediakan berbagai olahan pisang. Salah satu yang paling banyak diminati adalah pisang crispy.

Pisang crispy adalah jenis camilan yang cocok untuk dinikmati di segala suasana. Resep pisang crispy dibuat dengan bahan yang cukup sederhana dan mudah didapatkan. Jenis pisang crispy cukup beragam. Ada yang membuat pisang crispy dengan menggunakan tepung terigu, tepung panir, tepung roti dan tepung lainnya untuk menghasilkan tekstur yang renyah.

Begitu pula dengan jenis pisang yang digunakan, bisa disesuaikan dengan selera dengan tingkat kematangan yang beragam pula. Yaitu ada yang menggunakan pisang setengah matang dan ada pula yang menggunakan pisang yang sudah sangat matang. Meskipun rasa pisang sendiri sudah manis, namun banyak pula yang suka dengan menambahkan topping, seperti meses, keju, susu, kental manis ataupun selai. Resep pisang crispy pun cukup mudah dilakukan asalkan Anda tahu tipsnya.

Resep Pisang Crispy

Bahan-bahan yang digunakan :

  • Pisang kepok yang sudah matang. Bisa juga menggunakan pisang raja, uter atau yang lainnyapisang
  • Gula pasir
  • Tepung terigu
  • Vanili
  • Glaze donut

Cara Membuat :

  1. Siapkan tepung terigu, lalu masukkan ke dalam tempat yang sudah disediakan. Tambahkan gula pasir, garam, vanili secukupnya
  2. Tambahkan air dan aduk hingga rata. Usahakan semua bahan tercampur rata. Pastikan adonan tidak terlalu encer dan tidak terlalu kental
  3. Kupas pisang kepok dan bagi menjadi dua
  4. Siapkan wadah untuk menaruh tepung panir yang berwarna putih untuk hasil yang lebih baik
  5. Lumuri pisang dengan tepung terigu, tiriskan lalu masukkan ke dalam tepung panir
  6. Bolak balik pisang sampai semua tertutup dengan tepung panir
  7. Lakukan terus menerus hingga semua pisang habis
  8. Lalu pisang dapat digoreng atau dimasukkan ke dalam lemari es terlebih dahulu agar mendapatkan hasil yang lebih baik
  9. Gunakan api sedang ketika menggoreng pisang. Goreng pisang hingga warna keemasan
  10. Tiriskan, kemudian beri topping sesuai selera
  11. Pisang crispy siap dihidangkan

Tips Membuat Pisang Crispy yang Renyah

Salah satu kunci agar pisang crispy terasa renyah dan tahan lama adalah pada penggunaan bahan yang tepat saat membuat adonan pisang crispy.

  • Mengenal fungsi tepung terigu untuk pisang goreng

Kenali fungsi tepung terigu untuk membuat adonannya saat akan membuat adonan pisang goreng. Gunakanlah tepung terigu berprotein tinggi sebagai pencelup dan tepung terigu protein rendah untuk taburan agar mendapatkan hasil pisang goreng yang renyah.

  • Tambahkan tepung jagung pada adonan pisang goreng

Tepung jagung sering kali ditambahkan dalam adonan tepung tabur. Hal ini dikarenakan tepung jagung bisa membuat lapisan tepung pada pisang goreng menjadi lebih garing dan renyahnya tahan lama.

  • Tambahkan telur pada adonan pisang goreng

Tambahkan telur ayam saat akan membuat adonan tepung celup untuk mengikat tepung dan air. Telur dalam adonan pisang goreng bisa menghasilkan adonan lebih lembut, gurih dan renyah.

  • Tambahkan baking powder

Tambahkan sedikit baking powder ke dalam adonan pencelup agar adonan menjadi renyah dan bergelombang.

Gunakan air dingin untuk melarutkan baking powder dalam adonan celup. Hal itu agar baking powder tidak menguap.

  • Goreng dalam minyak panas

Sebelum menggoreng pisang, panaskan minyak goreng terlebih dahulu. Pastikan pisang yang sudah dilapisi tepung tenggelam ke dalam minyak panas.