Pada masa menyusui bunda harus tetap menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan bugar, karena tentu saja jika bunda drop maka kasian dedek bayinya akan kekurangan asupan ASI di usia dimana ia sangat membutuhkan sekali.

Wajib ASI ini sendiri sampai sekarang masih dalam rentan waktu 6 bulan lamanya dari bayi mulai lahir. Jadi, jika anda ingin anak anda tumbuh sehat maka wajib hukumnya memberikan ASI selama enam bulan.

Bahkan beberapa literatur terpopuler memerintahkan pemberian ASI kepada anak sampai mereka berusia 2 tahun. Ini karena memang kandungan ASI yang begitu vital dan penting dalam masa tumbuh kembang anak.

Terkadang yang menjadi masalah adalah kualits ASI, dimana banyak penyebabnya bisa faktor dari internal misalkan dari kondisi ibu dan faktor external dari asupan makanan yang dikonsumsi oleh bunda.

Maka dari itu, kami akan rekomendasikan beberapa jenis menu makanan ibu menyusui untuk menjaga kualitas asi tetap dalam kondisi terbaik untuk proses tumbuh kembang bayi menjadi lebih cepat.

  1. Makanan bersumber dari ikan

Ikan laut dan air tawar adalah salah satu sumber makanan yang sangat esensial harus anda konsumsi selama menyusui.

Untuk ikan laut sendiri kami rekomendasikan anda mencoba ikan salmon dimana ikan ini kandungan DHA nya sangatlah bisa mencukupi proses tumbuh kembang anak menjadi lebih baik.

Sedangkan ikan air tawar anda bisa konsumsi ikan fatin, dari sisi kandungan gizi sangat bagus bagi anda yang sedang menyusui. Dan masih banyak jenis yang lainya.

  1. Susu Rendah Lemak

Ini ada pengecualian memang, dimana anda lebih disarankan kalau memilih susu ketika menyusui bagusnya gunakan susu yang renda kandungan lemaknya.

Ada banyak contohnya bisa anda beli dimana saja seperti yougurt, kemudian keju dan yang lain.

Dari sisi kandungan sendiri susu ini banyak mengandung vitamin B dan D yang sangat bagus dalam proses tumbuh kembang otot pada bayi.

  1. Kacang-kacangan

Kemudian penuhi asupan nutrisi nabatai kepada buah hati anda dengan rutin mengkonsumsi jenis makanan dari kacang kacangan ini, dari sisi harga murah sekali dan cepat anda dapatkan.

Kemudian buah buahan juga baik sekali untuk ibu hami yang bisa anda konsusmi dengn teratur. Beberapa jenis buah seperti buah naga, kemudian bluberi, dan jeruk sangat disarankan untuk ibu menyusui.

  1. Telur ayam

Ini bebas anda bisa konsumsi telur ayam, telur bebek dimana telur adalah salah satu makanan yang memberikan asupan protein terbaik dan murah bagi ibu yang sedang dalam kondisi menyusui.

Kemudian juga sayuran hijau jangan anda lupakan menjadi menu dalam makan anda, sayuran seperti bayam, kemudian selada sangat bagus dan berguna bagi pemenuhan kebutuhan ibu hamil.

Kemudian anda juga harus tetap menjaga kualitas volume ASI anda, caranya bisa dengan mengkonsumsi air putih yang banyak dan tentu juga jaga kesehatan dan rajin olahraga selama menyusui supata anda tetap sehat dan bugar.