PIPA PVC - PARALON MURAH SURABAYA | Surabaya | Jualo

Pipa PVC adalah benda yang selalu ada di setiap rumah, berguna untuk mengalirkan air bersih, air buangan seperti hujan dan kotoran. Maka kegunaan pipa ini sangat penting dan berikut akan dibahas mengenai aksesoris dan cara penyambungannya.

  • Solvent Cement Atau Lem PVC

Aksesoris Pipa PVC disediakan berdasar pada penyambungan produk perpipaan. Penyambungan pipa ini lebih sederhana daripada pipa lainnya yang harus melewati proses pelelehan dengan mesin khusus. Aksesoris penyambungan yang pertama secara konvensional dikenalkan adalah solvent cement. Solvent cement adalah penyambungan dalam bentuk persenyawaan dengan bahan perekat.

Terbuat dari bahan resin, bahan yang sama untuk proses pembuatan pipa PVC. Secara kimia, resin dapat menyatukan pipa dengan pipa atau pipa dengan fitting. Fitting jenis ini mempunyai bentuk dan diameter yang dapat disesuaIkan dengan kebutuhan belokan.

Jenis aksesoris ini antara lain Tee, Tee-Y, Y-Branch, Elbow, dan masih banyak lagi. Aksesoris ini biasa digunakan untuk Distributor pipa Jakarta produk PVC JIS, pipa limbah, dan sejenisnya

  • Rubber Ring Joint (RRJ)

Metode karet joint atau RRJ paling mudah dibandingkan model penyambungan pipa manapun karena tidak membutuhkan mesin atau bahan perekat lainnya. Rubber Ring Joint ini memanfaatkan gelang karet untuk pengunci, setelah tersambung pipa PVC pun tidak akan bergeser. Perekat ini paling efisien dan efektif dalam proses penyambungan.

Aksesoris ini tersedia dalam berbagai macam bentuk dan diameter yang bisa disesuaikan kebutuhan. Contohnya seperti Elbow, Tee, Tee-Y, Reducer, Y-branch dan masih banyak lagi. Selain untuk penyambung antar PVC, ada pula aksesoris untuk menyambung pipa jenis lain atau pipa besi.

Berbeda dengan lem PVC aksesoris ini tidak tersedia untuk produk berstandar JIS, melainkan untuk uPVC standar SNI, generasi PVC modern, PVC-O atau pipa limbah SDR-41.

  • Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan aksesoris ini yang pertama adalah produk yang bervariasi, bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan sistem penyambungan yang relatif lebih mudah dan sederhana. Selain itu secara keseluruhan penggunaan pipa jenis ini beserta perekatnya lebih ramah dikantong.

Kekurangannya adalah untuk saluran yang bertekanan tinggi tidak bisa menggunakan pipa PVC, maka sambungannya pun juga tidak bisa digunakan. Selain itu, solvent cement atau lem PVC harus digunakan dengan tepat, jika tidak akan sering mengalami kebocoran.

  • Cara Penyambungan Solvent Cement

Langkah pertama, bersihkan ujung dari kotoran dan debu, pada ujung pipa yang akan disambung. Kedua, ukur kedalaman spigot dan socket agar memastikan penggunaan yang pas, tandai dengan spidol.

Oleskan solvent cement pada bagian yang sudah diberi tanda. Kemudian segera sambung part yang akan disambung dengan posisi yang tepat. Diamkan beberapa saat hingga lem kering sempurna.

  • Cara Penyambungan Rubber Ring Joint

Jual Pipa Jakarta, buat chamfer 15° di ujung spigot setelah dihaluskan. Lalu bersihkan bagian yang akan disambung dari sisa gosokan dan kotoran lain. Ukurlah kedalaman spigot dengan cara memasukkan socket tanpa RRJ. Setelah itu, pasang RRJ pada socket dengan lidah karet di bagian dalam.

Untuk memudahkan penyambungan, lubricant dapat dioleskan ke sekeliling gelang perekat atau RRJ sepanjang spigot yang hendak dimasukkan ke dalam socket. Terakhir, dorong spigot dan socket dengan gerakan memutar secara bersamaan. Tunggu hingga posisi pipa tidak berubah.

Itulah info seputar aksesoris pipa PVC yang dapat Anda terapkan dalam pembuatan saluran air. Pemakaian bisa disesuaikan dengan kebutuhan rumah tangga. Semoga bermanfaat.