Bagi warga Jawa Tengah khususnya masyarakat kota Solo dan sekitarnya pasti sudah tak asing dengan tempat wisata alam Grojogan Sewu. Tempat wisata ini menyuguhkan air mancur alami dengan ketinggian hingga 81 meter. Arti namanya sendiri adalah pancuran 1000 pecak, istilah yang sering digunakan oleh orang jaman dahulu untuk menghitung ketinggian. Air terjun ini cukup deras dengan udara yang sejuk sehingga sangat cocok untuk wisata alam yang menyegarkan sekaligus menenangkan.

Terletak di kaki Gunung Lawu Karang Anyar Jawa Tengah, Anda bisa mengunjunginya dengan mudah dari arah Solo ataupun Tawangmangu. Tempat wisata ini memiliki dua buah pintu masuk yang keduanya memiliki tantangan dan keindahan tersendiri yaitu:

1. Pintu masuk di Taman Balekambang.

Bagi mereka yang sudah pernah datang, akan mengingat pintu masuk ini dengan mudah karena Anda akan diajak menuruni anak tangga yang jumlahnya sekitar 12.000 buah. Tak mengherankan memang karena grojogan sendiri berada di dalam lembah hijau. Untuk menuruninya tak terlalu sulit bahkan sangat mudah karena turunan yang cukup curam. Lain halnya dengan naik, Anda akan butuh tenaga ekstra untuk menaiki ribuan anak tangga tersebut.

Melewati pintu masuk Taman Balekambang ini Anda akan disambut oleh deretan kuda yang berjajar menanti pelanggan untuk naik dan berwisata. Saat menuruni tangga, Anda juga akan disambut oleh hijaunya pepohonan dan monyet-monyet yang berkeliaran dengan bebas. Meski begitu jangan terlena khususnya dengan barang bawaan karena bisa dijadikan mainan oleh monyet liar.

2. Pintu masuk dekat River Hill.

Pintu masuk kedua ini lebih landau dibandingkan dengan pintu masuk pertama. Tidak berupa anak tangga namun jalan setapak yang dibuat dari bebatuan. Anda yang sudah berusia lanjut sebaiknya memilih jalur ini untuk bisa berjalan dengan lebih santai. Masuk dari pintu ini Anda akan disambut dengan taman mini yang menyuguhkan patung ular dan katak.

 

Berwisata di Grojogan Sewu, akan memberi kesegaran tersendiri karena wilayahnya yang masih alami. Anda pun tak perlu khawatir karena di sana sudah ada warung makan, toilet umum hingga hotel yang siap menampung jika kemalaman.