Sering kali kita menyamakan arti berdagang bersama berbisnis didalam sebuah kesibukan menjual beli. Ya sebetulnya tersedia kesamaan dikeduanya, yakni sama-sama melacak keuntungan berasal dari kesibukan menjual belinya.

Namun, kalau kita telisik lebih dalam, keduanya ini punya perbedaan. Lalu didalam perihal apakah perbedaan itu?

Sebelumnya kita menyaksikan dulu perumpamaan di bawah ini.

– Pak Somad dan Pak Ahmad sama-sama penjual Bakso. Mereka menjajakan bakso khas Wonogiri, rasanya enak dan baksonya besar-besar. Tapi didalam proses penjualan, Pak Somad hanya bermodal gerobak biasa tanpa adanya tambahan aksesoris. Di Gerobaknya hanya di tulis Bakso Pak Somad Wonogiri.

 

Lain halnya bersama Pak Ahmad, dia berjualan bakso bersama membawa dampak Logo dan Brand yang menarik. Brandingnya menarik, gerobak dan daerah jualannya di sulap lebih cantik bersama rapi dan cat warna yang cocok identitas baksonya. Pak Ahmad memberi nama warung baksonya “Bakso Lidah Wonogiri” bersama tagline “Bakso Sapi Asli Wonogiri, Nggak Mampir Bakal Iri”.

Pak Ahmad termasuk punya standart SOP yang terlampau baik didalam pelayanannya, gara-gara ia telah punya rencana kedepannya. Selain Mengenakan seragam kerja, penyajian pun termasuk istimewa. Tak heran kalau pelanggan bakso Pak Ahmad membludak, dan terhadap selanjutnya Pak Ahmad mengakses kesempatan waralaba baksonya kepada publik.

Dari aspek rasa, bakso Pak Somad dan Pak Ahmad sebetulnya sama-sama enak. Karena resepnya sebetulnya asli Wonogiri. Tapi yang membedakan adalah proses manajemen dan branding yang digunakan.

Nah, berasal dari perumpamaan di atas telah sedikit beri tambahan kita uraian berkenaan perbedaan berdagang bersama berbisnis. Pak Somad adalah perumpamaan orang yang berdagang, tetapi Pak Ahmad adalah perumpamaan orang yang berbisnis.

Mari kita perjelas tiap-tiap definisinya.

Jadi, Berdagang itu adalah kesibukan menjual beli yang hanya menitikberatkan terhadap keuntungan semata. Penjual hanya hanyalah menjajakan produknya, yang penting tersedia yang beli dan dia untung. Dari aspek manajemen, dia termasuk terlampau simple dan tidak dibantu oleh pegawai. Malah mayoritas dikelola sendiri. Dalam berdagang tidak mengenal bagaimana membranding usahanya.

Sedangkan, Berbisnis ialah kesibukan menjual beli yang mana selain dambakan meraih keuntungan termasuk dambakan meraih pernyataan berasal dari konsumen. Salah satunya bersama proses manejemen yang terstruktur dan branding yang kuat terhadap usahanya. Selain itu, didalam memanage bisnis termasuk dibantu oleh pegawainya sehingga bisnis sanggup berkembang bersama cepat.

Sehingga, sanggup diambil kesimpulan bahwa perbedaan antara berdagang dan berbisnis itu terdapat terhadap bagaimana membangun bisnis tersebut lewat citra nama atau brand.

Untuk itu, kalau Anda waktu ini tengah jalankan kesibukan berdagang dan dambakan berkembang, sebaiknya jadi mengayalkan untuk berbisnis.

 

Sumber : efyei.com