Melakukan konsultasi dokter kandungan merupakan prosedur yang harus dilakukan secara rutin pada masa berlangsungnya kehamilan, itu bertujuan untuk memeriksa kondisi kesehatan Ibu dan perkembangan janin dalam kandungan.

Masa kehamilan merupakan masa dimana embrio mulai tumbuh terbentuk dan mulai berkembang dalam rahim sebagai hasil dari pembuahan antara sel telur dan sperma.

Embrio tersebut akan terus berkembang hingga membentuk janin dalam rentan waktu 36 sampai 40 minggu.

Untuk itu, melakukan konsultasi  dan periksa kehamilan bersama dokter kandungan sangatlah penting dilakukan secara rutin untuk memastikan agar Ibu dan janin di dalam kandungan tetap dalam keadaan sehat.

Konsultasi kehamilan sangat penting untuk dilakukan karena mempunyai beberapa tujuan penting, diantaranya adalah sebagai berikut:

Memantau perkembangan janin

Memeriksa kondisi kesehatan bukan hanya untuk calon Ibu, namun melakukan konsultasi juga bertujuan untuk memantau perkembangan janin di dalam kandungan.

Menurunkan risiko komplikasi

Ketika sedang mengandung kemungkinan terkena komplikasi pada Ibu hamil menjadi tinggi, maka dari itu melakukan pemeriksaan berguna untuk menurunkan risiko komplikasi yang mungkin terjadi pada Ibu dan janin.

Mendeteksi kelainan pada janin

Karena janin dalam kandungan selalu mengalami pertumbuhan setiap minggunya, maka dari itu memeriksa kandungan penting untuk mendeteksi kemungkinan terjadinya gangguan atau kelainan yang mungkin terjadi pada janin pada usia dini.

Mempermudah ketika menjalani masa kehamilan

Tidak sedikit calon Ibu mengalami berbagai kendala ketika masa kehamilan, mulai dari merasa pegal, lemas dan lain lain. Dengan memeriksa kehamilan, dokter akan memberi solusi atau vitamin tertentu yang dibutuhkan pada masa kehamilan.

Membantu memperlancar persalinan

Dengan memeriksa kandungan secara rutin tentunya Ibu akan mempunyai riwayat yang tercatat pada buku masa kehamilan, dengan begitu dokter akan mengetahui apa saja yang dialami selama masa kehamilan.

Riwayat tersebut bisa membantu melancarkan proses persalinan nanti dan mengurangi yang bisa membahayakan calon Ibu dan janin pada saat persalinan.

Konsultasi kehamilan sangat dianjurkan untuk dijalani dengan rutin oleh Ibu hamil ketika awal sampai akhir masa kehamilan.

Mungkin Ibu bingung tentang jadwal yang pas untuk konsultasi kehamilan, pada umumnya pemeriksa dilakukan sesuai usia kandungan, antara lain:

Usia kandungan 4 sampai 28 minggu dilakukan 1 kali dalam 1 waktu 1 bulan.

Usia kandungan 28 sampai 36 minggu dilakukan 2 kali dalam waktu 1 bulan.

Berbeda ketika usia kandungan menginjak usia 36 minggu sampai masa persalinan, periksa kandungan dilakukan 4 kali dalam satu bulan, atau dilakukan pada setiap minggunya.

Jadwal pemeriksaan diatas merupakan yang umumnya dilakukan oleh ibu hamil, namun ada beberapa kondisi yang mengharuskan Ibu lebih sering untuk melakukan periksa kandungan dari jadwal yang dianjurkan.

Lalu kondisi seperti apa yang dianjurkan lebih sering tersebut? Berikut diantaranya :

Jika ibu hamil berusia lebih dari 35 tahun

Mempunyai risiko tinggi terhadap komplikasi, jika ibu hamil dianggap rentan terkena komplikasi tertentu pada masa kehamilan, misalnya menderita diabetes dan tekanan darah tinggi dianjurkan lebih sering untuk memeriksa kehamilan.

Mempunyai dua janin dalam kandungan, atau kehamilan yang kembar. Ibu hamil yang mengandung bayi kembar juga dianjurkan untuk lebih sering melakukan periksa kandungan.

Mempunyai riwayat prematur. Jika ibu hamil pernah mengalami kelahiran yang prematur atau muncul tanda tanda melahirkan prematur selama masa kehamilan juga diharuskan untuk lebih sering memeriksa kandungan.