Kreativitas merupakan istilah yang banyak digunakan di segala bidang. Dari lingkungan sekolah, kehidupan masyarakat, dunia kerja dan lainnya. Kreativitas merupakan suatu hasil perbuatan yang berhubungan dengan aktivitas otak. Di dalam lingkungan sekolah, kreativitas sangat berperan penting untuk keberhasilan siswa dalam meraih prestasi. Dalam dunia kerja, kreativitas menentukan seseorang dalam pekerjaannya. Berikut akan dijelaskan lebih detail pengertian kreativitas menurut para ahli.

Pengertian Kreativitas Menurut Ahli

Pengertian tentang kreativitas banyak diuraikan oleh para pakar, sebagaimana akan dijelaskan sebagai berikut:

1. Robert L.Solso

Menurut Robert L.Solso bahwa Kreativitas adalah suatu aktivitas kognitif yang menghasilkan suatu pandangan yang baru mengenai suatu bentuk permasalahan dan tidak dibatasi pada hasil yang pragmatis (selalu dipandang menurut kegunaannya). Jadi, proses kreativitas bukan hanya sebatas menghasilkan sesuatu yang bermanfaat saja (meskipun sebagian besar orang yang kreatif hampir selalu menghasilkan penemuan, tulisan, maupun teori yang bermanfaat).

2. Utami munandar

Utami munandar mendefinisikan kreativitas adalah kemampuan yang mencerminkan kelancaran, keluwesan dan orisinalitas dalam berfikir serta kemampuan untuk mengelaborasi suatu gagasan. Kreativitas yang ada Ketika berinteraksi dengan lingkungannya mencari berbagai alternative pemecahannya sehingga dapat tercapai penyesuaian diri secara kuat.

3. Elizabeth B.Hurlock

Elizabeth B.Hurlock mendefinisikan kreatifitas sebagai manifestasi kecerdikan berkaitan dengan imajinasi dalam beberapa pencarian yang bernilai. Kecerdikan dekat sekali dengan persoalan intelegensi. Ranah pendidikan terkait eart dengan kecerdikan (kecerdasan). Dengan kecerdikan yang dimiliki, individu mengembara dalam pencarian sesuatu yang baru. Proses pencarian ini pasti melibatkan aktifitas imajinasi. Sedangkan imajinasi adalah salah satu unsur dalam kreativitas.

4. Guilford

Guilford menyatakan bahwa kreativitas mengacu pada kemampuan yang menandai ciri-ciri seorang kreatif. Orang kreatif selalu berfikir secara divergen yaitu kemampuan individu untuk mencari berbagai alternatif jawaban terhadap suatu persoalan.

5. Torrance

Torrance mendefinisikan kreativitas sebagai proses kemampuan memahami kesenjangan-kesenjangan atau hambatan-hambatan dalam hidupnya, merumuskan hipotesis-hipotesis baru, dan mengkomunikasikan hasilhasilnya, serta sedapat mungkin memodifikasi dan menguji hipotesishipotesis yang telah dirumuskan.

Bersadarkan dari beberapa pendapat para ahli diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa kreativitas adalah kemampuan seseorang dalam menciptakan hal-hal baru dalam suatu pemecahan masalah baik berupa kemampuan mengembangkan informasi yang diperoleh dari diri sendiri maupun dari orang lain dan lingkungannya sehingga dapat membuat kombinasi yang baru dari sebelumnya.

Kreativitas erat hubungannya dengan bakat. Bahkan penggunaan keduanya terkadang saling menggantikan. Tetapi jelas bahwa keduanya adalah dua hal yang berbeda.

Ingin mengukur tingkat kreativitas, minat dan bakat anda? Kini telah tersedia layanan psikotes online untuk mengukur hal ini. Salah satu vendor psikotes online terpercaya yang menyediakan layanan ini adalah NS Development.

Silahkan registrasi langsung di layanan tes Minat Bakat Online ( https://nsd.co.id/tes-minat-bakat ).