Papua jadi salah satu provinsi yang kaya hendak budaya serta sumber energi alam. Salah satu kekayaan budayanya adalah rumah khasnya yang diucap dengan Rumah Adat Papua Honai.

Keunikan Rumah Adat Papua Honai ialah bisa membiasakan dengan bermacam keadaan alam. Tidak hanya itu wujud rumah ini pula sangat khas.

Asal Mula Rumah Adat Papua Rumah Adat Papua Honai

Rumah Rumah Adat Papua Honai diciptakan dari suku Dani. Saat sebelum menghasilkan rumah Rumah Adat Papua Honai mereka banyak tinggal di dasar pohon- pohon besar. Tetapi disebabkan keadaan alam yang tidak menentu, mereka kemudian memutuskan buat membuat rumah.

Suku Dani adalah suku yang sangat tergantung pada alam. Mereka menghabiskan segala waktunya di alam.

Terciptanya rumah Rumah Adat Papua Honai juga pula termotivasi dari burung. Suku Dani mencermati gimana burung- burung dapat membuat sarang kala bertelur. Burung hendak mengumpulkan ranting- ranting kayu serta rumput- rumput kering buat bisa membuat sarang.

Setelah itu, para burung tersebut hendak membuat sarang yang berupa bundar dari ranting serta rumput kering yang mereka kumpulan.

Dari peristiwa tersebutlah yang menginspirasi suku Dani mengamati bila burung bisa membuat tempat tinggal buat melindungi telur- telurnya sampai mereka menetas. Oleh sebab seperti itu lahirlah Rumah Adat Papua Honai.

Pengertian Rumah Adat Papua Rumah Adat Papua Honai

Rumah Adat Papua Honai merupakan rumah adat yang khas. Wujudnya bulat sampai bundaran semacam sarang burung. Rumah Adat Papua Honai pula dibuat dari kayu serta atapnya dibuat dari Jerami. Atap dari Jonai sendiri berupa kerucut semacam jamur.

Baca Juga: Jual Rumah Kayu Minimalis, Modern dan Sederhana

Rumah Adat Papua Honai mempunyai keunikan ialah cuma terdapat satu pintu serta dibentuk tanpa jendela. Diameter rumah Rumah Adat Papua Honai sangat bermacam- macam tetapi biasa berkisar 5 m dengan besar 2, 5 m. Rumah Adat Papua Honai adalah hunian yang tidak besar, perihal itu bertujuan buat melindungi temperatur ruangan supaya senantiasa hangat.

Sekian artikel mengenai rumah adat papua honai, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk bagikan artikel ini ke keluarga, teman dan orang terdekat.