Semester ini saya mengajar mata kuliah sistem informasi. Aku memilih untuk memesan sistem merancang manajemen Informatioan oleh Hans van der Heijen (2009) sebagai referensi utama dan buku Perangkat lunak pendekatan praktisi rekayasa oleh Roger S. Pressman sebagai acuan dalam dukungan. Konferensi dan diskusi mendominasi pertemuan ke-7.

Materi yang telah dibahas yaitu konsep dan definisi sistem informasi manajemen dan jenis sistem informasi manajemen, transformasi data dari sistem informasi transaksional ke sistem informasi manajemen, dilanjutkan dengan pembahasan proses perancangan sistem informasi melalui pembahasan studi kasus.

Pemandu wisata. Pembahasan tentang konsep entitas, atribut dan tipe, relasi dan tipe, UML, berorientasi objek, kueri dan agregasi data telah berakhir.

Alat pembelajaran tambahan yang saya gunakan dalam perkuliahan semester ini adalah dengan menggunakan Media Google Kelas. Media ini adalah salah satu layanan Google Inc. Ini mendukung interaksi antara siswa dan guru atau dosen di “kelas virtual”.

Ngomong-ngomong, kampus kami merekomendasikan penggunaan media tersebut untuk mendukung interaksi antara mahasiswa dan fakultas dengan berbagai cara. Misalnya menyampaikan materi, memberikan kuis, memberi tugas, dll.

Tentunya dengan menggunakan media tersebut sangat membantu kita terutama dalam hal merangkum penilaian atau kegiatan siswa dalam penyampaian tugas.

Fitur waktu tugas atau kuis sangat membantu dalam hal ini. Kami mendapatkan informasi dengan sangat cepat tentang siswa mana yang bekerja tepat waktu dan mana yang tidak.

Tentunya media ini hanyalah PENDUKUNG dalam proses pembelajaran.

Pembelajaran tatap muka dan praktik langsung di dunia nyata masih diperlukan. Peristiwa dunia nyata masih sangat penting dalam menilai karakter siswa dan mengarahkan mereka secara langsung ketika kita merasa karakter yang ditampilkan tidak sesuai untuk menghadapi dunia yang menyenangkan. Asik….

Itulah cara google classroom bekerja untuk kita-kita, semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua, terima kasih sudah membaca.

Selengkapnya tentang panduan menggunakannya: https://www.hops.id/cara-google-classroom.