pengantar
Layanan Administratif India (IAS) adalah unit administratif dari cabang Eksekutif Pemerintah India. Petugas IAS menangani semua urusan penting Pemerintah. Di tingkat Pusat, ini melibatkan penyusunan serta implementasi kebijakan Pemerintah. Setiap kandidat India yang memenuhi syarat akan diizinkan 6 kali percobaan pada ujian.

LAYANAN ADMINISTRATIF INDIA – IAS
Petugas IAS melihat pengelolaan berbagai departemen administrasi dan fungsinya masing-masing. Ini termasuk pembingkaian kebijakan & bertindak sebagai penasihat menteri serta pejabat pelaksana yang bertanggung jawab atas administrasi unit administratif India yang lebih kecil. Misalnya, Hakim Distrik bertanggung jawab atas sebuah distrik yang mengurus situasi hukum dan ketertiban serta administrasi dan pembangunan distrik secara keseluruhan.

LAYANAN POLISI INDIA – IPS
Layanan Kepolisian India memiliki tanggung jawab besar atas hukum dan ketertiban di negara bagian India, terus-menerus menjaga keamanan warga negara India. Layanan Kepolisian India memiliki berbagai cabang dan departemen terkait seperti Pasukan Keamanan Perbatasan – BSF, Departemen Pengawal Dalam Negeri, Biro Investigasi Pusat – CBI, Departemen Kontrol Lalu Lintas, Departemen Investigasi Kriminal, pasukan Polisi Cadangan Pusat, Cabang Kejahatan, dll. Seorang petugas IPS sering berbagi tugasnya dengan petugas IAS di distrik yang sama.

LAYANAN ASING INDIA – IFS
Dinas Luar Negeri India prihatin dengan Kementerian Urusan Luar Negeri India. Petugas bertanggung jawab untuk membingkai kebijakan luar negeri ditambah menjaga dan mengatur kedutaan besar India di negara lain di dunia. Layanan Sipil terpenting ketiga, Layanan Luar Negeri India (IFS), adalah badan diplomat India.

LAYANAN KERETA API INDIA
Layanan Kereta Api India bertanggung jawab atas jaringan besar kereta api India yang selanjutnya dibagi menjadi Layanan Lalu Lintas Kereta Api India, Layanan Personil Kereta Api India, Layanan Akun Kereta Api India & Layanan Polisi Kereta Api. Layanan Polisi Kereta Api menjaga keamanan seluruh sistem, terutama penumpang. Layanan Lalu Lintas Kereta Api India menangani penjadwalan kereta. Layanan Personil Kereta Api India menangani perekrutan petugas.

LAYANAN POS INDIA
Layanan Pos India mengawasi cara kerja jaringan pos negara yang mencakup layanan telegraf. Petugas mulai sebagai Pengawas Senior Kantor Pos di India. Posting bisa di mana saja di negara ini, juga di Kementerian Pusat.

BEA CUKAI DAN CUKAI PUSAT INDIA (IC & CES)
ICCES menangani departemen bea dan cukai India, sedangkan bea cukai berkaitan dengan pemungutan pajak atas barang-barang yang dibawa ke negara tersebut dan Bea Cukai berkaitan dengan pajak atas barang-barang yang diproduksi di India.

LAYANAN AUDIT & AKUN INDIAN
Ia memelihara akun dari semua Negara Bagian India. Ini memiliki berbagai cabang seperti Layanan Akun Pertahanan India yang menangani biaya Pertahanan India. Ada juga Layanan Rekening Sipil India yang berada di bawah administrasi langsung Sekretaris Kementerian Keuangan India.

LAYANAN PENDAPATAN INDIA – IRS
Petugas bantuan IRS dalam penilaian dan penetapan tarif pajak penghasilan dan juga memeriksa pengumpulannya. Ada cabang yang menangani kejahatan pajak seperti penggelapan pajak penghasilan dan juga yang membangun statistik.

Pembinaan untuk Ujian Pegawai Negeri
Ada berbagai coaching center di India yang membantu mempersiapkan kandidat dengan pengetahuan yang memadai untuk memecahkan ujian tertulis yang kemudian dilanjutkan dengan babak Personal Interview. Untuk masuk ke layanan sipil siswa India harus memiliki tekad dan dedikasi karena mungkin diperlukan waktu bertahun-tahun untuk mencapai hal yang sama.

Indian Education Portal- [http://www.education.infobridge.ooo] Kunjungi situs web dan tanyakan tentang berbagai lembaga pelatihan Layanan Sipil di kota Anda. Konseling Karir Gratis.

 

Sumber: E-Jasa