Setiap perusahaan ingin pelanggannya senang dengan hal-hal yang dikembangkan atau diproduksi. Prosedur pengujian atau pemeriksaan biasanya digunakan untuk memastikan bahwa kualitas produk yang akan dipasarkan baik dan sesuai untuk penggunaan konsumen.

Ketika suatu produk pertama kali dikembangkan, hampir tidak pernah semua kekurangan, kesalahan, dan freeze diperbaiki. Oleh karena itu, perlu melakukan pengujian atau pengecekan agar produk dapat diperbaiki, dibuat ulang, atau dimodifikasi hingga memenuhi kualitas tertinggi. Quality Assurance(QA) akan bertanggung jawab untuk melakukan ini.

Mayoritas perusahaan, terutama di perusahaan teknologi membutuhkan seseorang untuk pekerjaan ini. Seperti yang kita semua tahu, kemajuan teknologi memaksa banyak perusahaan untuk membangun situs web dan aplikasi mereka sendiri. Beberapa individu mungkin masih menganggap profesi QA misterius, jadi artikel ini akan menjelaskan apa itu Quality Assurance dan apa tanggung jawabnya.

Apa itu Quality Assurance?

Teknik yang disebut Quality Assurance digunakan untuk menjamin kualitas barang atau jasa. Ini dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas barang atau jasa atau untuk menemukan kekurangan sebelum mereka lepas kendali. Pentingnya Quality Assurance dapat dikaitkan dengan perannya dalam memastikan kaliber tinggi barang dan jasa. Kualitas sesuatu yang buruk dapat menyebabkan masalah bagi perusahaan atau organisasi yang membuatnya.

Kegiatan Quality Assurance

Tanggung jawab Umum Quality Assurance adalah untuk memastikan kualitas produk perusahaan, apakah mereka sedang dikembangkan atau akan dipasarkan. Quality Assurance juga memiliki sejumlah tanggung jawab tambahan, seperti berikut ini:

– Membuat rencana untuk pengujian menyeluruh, uji kasus, dan pemahaman terorganisir.

– Menafsirkan, membuat, dan mematuhi standar Quality Assurance dari bisnis yang menyediakan produk atau layanan.

– Membuat prosedur pengujian dan mengembangkan standar produksi baru sesuai dengan persyaratan.

– Memastikan bahwa barang-barang manufaktur memenuhi standar pelanggan dan perusahaan.

– Menganalisis keluhan pelanggan dan masalah kualitas, mencari sumber masalah dan mengambil tindakan korektif yang konsisten dengan strategi perusahaan.

– Mendokumentasikan operasi Quality Assurance dalam organisasi melalui laporan dan audit internal.

– Setelah pengujian, sarankan perubahan pada produk.

– Merekam informasi perbaikan untuk penggunaan produk di masa mendatang

– Membuat Standard Operating Procedures (SOP) untuk tahap perencanaan pembuatan barang atau jasa.

– Bekerja dengan tim internal untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah

Demikian pembahasan tentang apa Quality Assurance dan apa tugas Quality Assurance yang seharusnya dilakukan. Banyak perusahaan membutuhkan orang dalam pekerjaan Quality Assurance. Di situs web Begawe, Anda dapat melakukan pencarian kerja Quality Assurance jika Anda tertarik untuk bekerja di bidang ini. Silakan kunjungi website lowongan kerja jakarta utara untuk lebih lanjut melakukan pencarian.