Pantai Empu Rancak ialah pantai pasir putih yang ada di dusun Karang Gondang, Kec. Mlonggo, Kab Jepara. Pantai sama air laut yang paling jernih dengan gradasi warna hijau ini sanggup menganakemaskan anda yang ingin nikmati berlibur di pantai itu.

Bahkan juga dengan ombak yang tidak besar karena itu kamu dapat berenang atau bermain air disekelilingnya. Selainnya keelokan air laut dan pasir yang menganakemaskan mata, disekitaran pantai ini menyuguhkan beragam jenis masakan seperti ikan bakar dan seafood yang paling sedap.

Sehingga kamu dapat ajak orang tercinta untuk nikmati bermacam masakan seafood dan makanan ciri khas Jepara sekalian temani anak bermain di pantai.

Harga Ticket Masuk di Pantai Empu Rancak

  • Tiket masuk hari senin-kamis gratis
  • Tiket masuk untuk kendaraan bermotor (jum’at-minggu) Rp 3.000
  • Tiket masuk untuk kendaraan mobil (jum’at-minggu) Rp 5.000
  • Tiket masuk untuk bis di hari jum’at-minggu yakni Rp 10.000
  • Tiket masuk untuk kendaraan bermotor hari liburan nasional yakni Rp 5.000
  • Tiket masuk untuk kendaraan mobil hari liburan nasional yaituRp 10.000
  • Tiket masuk bis hari liburan nasional yakni Rp 40.000
  • Harga parkir motor gratis
  • Harga parkir mobil Rp 5.000
  • Harga parkir bis Rp 10.000
  • Harga sewa ban kecil untuk renang yakni Rp 5.000
  • Harga sewa ban besar untuk renang yakni Rp 10.000
  • Harga masuk toilet yakni Rp 3.000

Jalur Ke arah Pantai Empu Rancak

Pantai Empu Rancak ada antara pantai Bondo dan pantai Blebak. Akses jalan ke arah pantai ini cukup bagus. Dan untuk jarak dari kota Jepara sampai lokasi pantai sekitaran 1 jam perjalanan memakai kendaraan bermotor.

Dari alun-alun Jepara, kamu dapat meneruskan ke timur laut, dan melalui jalan RA Kartini selanjutnya ke arah jalan Ahmad Yani.
Mengambil lajur Jepara-Bangsri ke arah kecamatan Mlonggo Jepara.

Selanjutnya pada lampu merah jln Jepara-Bangsri mengambil kiri ke arah jln Mlonggo-Bondo. Perjalanan ke pantai masih sekitaran 2 km kembali, melalui gapura pantai Pailus dan pantai Blebak.

Terus turuti panduan jalan sampai jumpa gapura pantai Purancak. Jarak gapura ke pantai yakni sekitaran 10-16 menit dengan melalui sawah dan perkampungan dusun Karang Gondang.

Objek Rekreasi di Pantai Empu Rancak

1. Pantai yang Kental Nuansa Jawa-Jepara

Salah satunya keunikan pantai yang berada di Jepara yakni masih kental dengan tradisi kebudayaan Jawa. Untuk merealisasikan pantai yang berciri ciri khas ini karena itu pemerintahan dusun Karang Gondang membuat gapura dan gazebo Jepara, kursi taman yang dibuat dari seme, payung-payung ciri khas Jawa, dan masjid seperti mushola Agung Demak dengan menara Kudus.

2. Pantai Pasir Putih yang Masih Perawan

Pantai Empu Rancak termasuk pantai yang baru dikenali dan belumlah diketahui oleh orang, sehingga kamu dapat mengeksplore kealamiannya.

Pasir putih pantai Purancak bersih dan belum terkontaminasi kotoran atu sampah, hingga benar-benar pas untuk bermain pasir bersama orang tercinta. Air lautnya juga biru dan jernih hingga memperlihatkan keelokan daya tarik bawah laut yang paling memikat.

3. Daya tarik Terumbu Karang dan Tumbuhan Pandan

Yang membuat pantai Empu Rancak makin eksotik yakni banyak dijumpai terumbu karang dan pecahan batu karang yang menghias tepian pantai. Di pantai ini ada pohon pandan yang membubung hingga membuat pemandangan pantai makin teduh.

Sehingga kamu dapat nikmati sepoi-sepoi angin laut sekalian berlindung di bawah pohon pandan ini.

4. Air Laut yang Tenang

Selainnya bersih dan jernih, air laut di pantai Purancak juga tenang bahkan juga condong diam. Banyak banyak pelancong yang bertandang ke pantai ini untuk berenang dan bermain air, hingga warga dusun Karang Gondang sediakan penyewaan ban kecil dan besar untuk berenang.

Ombak pantai ini tidak demikian besar dan cuman sedikit bergelombang hingga semakin aman untuk bermain.

5. Dermaga Nelayan dan Fasilitas Jogging Trek

Selainnya menunjukkan keelokan pasir dan air laut yang cantik, di pojok pantai lainnya ada juga panorama dermaga tempat perahu nelayan bertambat. Anda dapat memperhatikan aktivitas beberapa nelayan di laut.

Dan ada pula jalan setapak yang bisa dipakai untuk naik sepeda atau jalan rileks sambil nikmati keelokan pantai.

6. Panorama Sunset dan Sunrise yang Cantik

Menambahkan koleksi photo yang memikat dengan background sunset maupun sunrise Empu Rancak bisa juga. Matahari yang menerangi pasir putih dan air lautnya yang paling jernih akan menganakemaskan mata untuk siapa saja yang bertandang pada pagi hari.

Apabila kamu tiba di saat sore hari, karena itu kamu akan dimanjakan dengan daya tarik matahari terbenam dan tentunya tidak kalah cantiknya.

7. Kulineran Ciri khas Jepara

Sebagai bagus sekali di pantai ini yakni kamu dapat nikmati keelokan pantai bersama orang tercinta sambil melahap bermacam masakan seafood dan makanan ciri khas Jepara, salah satunya seperti ikan pindang serani.

Jika kamu ingin bepergian bersama keluarga, kamu bisa menggunakan layanan sewa bus Jogja milik Genjos Holiday.com Sehingga kamu tidak perlu repot lagi memikirkan rute, harga tiket, dan lain-lain.