Apa sebenarnya tantangan terbesar yang sering dihadapi oleh seorang blogger ? Ya, membuat konten ramah, menarik dan sesuai kaidah SEO. Kalau kamu baru terjun dalam dunia blogging, sebaiknya ikuti panduan SEO copywriting yang efektif untuk pemula.

Membuat konten ramah yang sesuai dengan kaidah SEO yang biasa kita jumpai di jasa SEO bukanlah hal yang mudah dan tidak boleh diabaikan. Namun, juga tidak mustahil untuk bisa dikerjakan. Oleh karena itu, mengapa panduan SEO copywriting penting sekali untuk dicermati dan diterapkan.

Menurut sebagian besar ahli SEO, SEO memang adalah perkara penting yang tidak boleh diabaikan oleh seorang blogger dalam membuat konten. Namun, dengan panduan SEO copywriting akan membantumu mudah memahami dunia blogging.

Umumnya, panduan SEO copywriting ini bertujuan untuk membantu para pemilik website untuk meningkatkan traffic pengunjung. Hal ini bisa didapat apabila konten mereka menarik sehingga bisa memenuhi kebutuhan pasar.

Namun, bagaimana kamu bisa mencapai tujuan tersebut ? Bagaimana caranya untuk mendapatkan banyak traffic pengunjung sekaligus menciptakan konten SEO menarik yang bermanfaat bagi pengunjung ?

JanganĀ  khawatir, dengan memahami dan mempraktikkan panduan SEO copywriting, kamu tak perlu lagu bingung mencari ahli SEO copywriter. Coba simak artikel ini sampai akhir agar kamu lebih paham bagaimana SEO copywrting yang baik.

Pengetahuan Dasar Copywriting

Apa itu copywriting ? Yaitu perpaduan antar seni dan pengetahuan pada praktiknya. Umumnya, tujuan copywriting ini ialah memotivasi pengunjung untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan.

Seorang copywriter memiliki peran besar sebagai penggerak target pasar. Bahkan ia juga disebut-sebut sebagai marketing bagi sebuah perusahaan. Hal ini karena copywriter sangat memahami kebutuhan dan karakter target pasar.

Seorang copywriter yang handal akan cepat memutuskan konten seperti apa yang bisa menarik pengunjung untuk segera bertindak. Karena kreativitas yang dimilikinya, ia mampu jadi penentu nasib suatu perusahaan.

Nah, jika kamu seorang blogger yang baru belajar copywrting, cobalah untuk tetap menjaga kreativitas dan terus asah kemampuan menulismu. Untuk itu, kamu bisa menyimak cara menjadi seorang copywriter yang handal.

Panduan SEO Copywriting Secara Teknis

Mengetahui teknis SEO copywriitng adalah termasuk dari bagian belajar panduan SEO copywriting yang efektif untuk pemula. Sebenarnya, ada banyak hal teknis yang tak boleh kamu lewatkan dalam melakukan SEO copywriting.

Berikut kami paparkan berbagai hal yang dapat mendukung SEO copywritingmu. Semuanya saling berkaitan dan memiliki peran penting masing-masing sebagai suatu kesatuan dalam proses optimasi.

Panduan SEO Copywriting: Kecepatan Loading Website

Tahukah kamu bahwa tingkat kecepatan loadng website sangat berpengaruh terhadap tindakan pengunjung pada websitemu ? Sebab, mereka cenderung akan meninggalkan laman web dengan loading website yang cukup lama.

Bagaimana solusinya? Yakni dengan menggunakan jasa web hosting handal terpercaya yang cepat dan aman. Kamu bisa memilih hosting handal dengan teknologi cloud yang bisa memasyikan kecepatan loading page webmu menjadi lebih maksimal.

Panduan SEO Copywriting: Headline yang Ramah SEO

Headline yang ramah SEO ternyata sangat disukai oleh mesin pencari Google. Oleh karena itu, kamu bisa membuat judul yang memuat angka dan judul dengan dimbubuhi tanda kurung atau atribut kata posistif di dalamanya.

Jangan lupa pastikan judul yang kamu buat juga mengandung kata kunci tertarget. Ini aldah suatu kewajiban yang tak boleh terluput. Buatlah judul yang ramah SEO, menarik dibaca, memuat angka dan mengandung keywrord tertaget yang berkaitan dengan isi konten.

Panduan SEO Copywriting: Konten Ramah SEO

Bagaimana konten yang ramah SEO itu ? Konten yang ramah SEO ialah konten yang memerhatikan faktor-faktor SEO. Pastikan kontenmu ramah SEO dengan membubuhkan kata-kata yang disukai oleh mesin pencari Google.

Sebaiknya hindari jumlah penggunaan kata kunci yan terlalu banyak. Kamu juga harus menempatkan keyword tersebut di posisi yang natural. Idelanya, letakkanlah keyword tertarget pada tajuk-tajuk utama.

Bahkan kalau perlu coba kamu pahami mengenai Heading Tags. Ia bisa membantumu sebagai SEO copywriter untuk memperkirakan dimana seharusnya kamu menempatkan kata kunci tertaget tersebut.

Informasi yang tak kalah pentingnya saat mempelajari panduan SEO copywriting ialah dengan memperhatikan algoritma Google agar SEO pada kontenmu bisa tepat sasaran. Pembaruan Google Panda 4.1 dirancang untuk memberi penalti pada konten dangkal.

Google akan membuang jauh-jauh konten yang tidak disukainya dari ranking tertinggi di search engine. Umumnya, untuk memposting konten minimal harus memuat 1000 kata. Dan masih banyak informasi lainnya yang harus kamu ketahui tentang algoritma Googel.

Panduan SEO Copywriting: Meta Description yang Tepat

Meta description akan memudahkanmu memandu mesin pencari. Oleh karena itu, sebelum menulis artikel dan mempublishkannya, gunakan meta desription yang tepat. Ia akan membantu mesin pencari Googel memahami konten yang muat.

Meta description adalah atribut HTML yang akan memberi penjelasan ringkas pada mesin pencari mengenai konten yang kamu buat. Ia akan memandu Google untuk memahami topik dari kontenmu dan bagaimana keywrod yang ditargetkan tetap muncul di konten.

Umumnya, Google akan mnggunakan deskripsi meta di situs webmu sebagai cuplikan ketika pengguna mencari kata kunci yang relevan dengan konten atau halaman web kamu. Salinan cuplikan ini sebagai penentu apakah webmu akan mendapatkan klik atau tidak.

Dan untuk kebutuhan SEO, biasanya meta description yang ideal harus memuat 160 hingga 160 karakter.

Frekuensi Kata Kunci

Frekuensi atau kepadatan kata kunci juga menjadi salah satu faktor yang memberi dampak pada peringkat organik. Walaupun faktor ini tidak terlalu berpengaruh, kamu harus tetap memperhatikan kepadatan kata kunci, sisipkan dengan natural dan jangan berlebihan.

Lalu, bagaimana cara mengukur frekuensi kata kunci sudah pas atau tidak ? Kamu bisa mengetahui apakah pengulangan keywrodmu sudah pas atau belum dengan mengukur frekuensi terhadap keseluruhan panjang konten.

Perlu kamu ketahui, kepadatan keyword yang melebihi 5,5 % akan membuat website terkena penlaty Google. Oleh karena itu, pastikan frekuensi kata kunci tidak perlu terlalu berlebihan agar mencapai hasil maksimal.

Link yang Mumpuni

Seharusnya kamu sudah tahu bahwa Google lebih menyukai konten yang memuat link berkualitas dengan konten bagus di dalamnya. Nah, jika kamu memuat banyak link berkualitas, otomatis Google akan menilai websitemu memiliki kredibilitas yang bagus.

Oleh karena itu, upayakan untuk selalu mengaitkan kontenmu ke konten dari website lainnya. Dengan demikian, ini akan membantu Google untuk menaikkan ranking websitemu di halaman hasil mesin pencari.

Kamu bisa mengaitkan dua macam link yang menguatkan otoritas odmainmu sehinga memengaruhi peringkat website. Yaitu eksternal link dan link internal. Kedua link ini bisa kamu gunkan untuk mendorong website menduduki peirngkat pertama di SERP.

Demikianlah artikel tentang panduan SEO copywriting yang efktif untuk pemula. Setelah membaca uraian ini, setidaknya kamu mendapat pengetahuan dasar tentang SEO copywriting dan kegunaannya untuk website. Semoga artikel ini membantu ya !