Sudah menjadi kewajiban dan kebutuhan bagi orang tua untuk mendukung tumbuh kebang anaknya sceraa optimal, termasuk dalam hal ilmu pengetahuan. Alasan inilah yang bisa membuat anda tidak boleh asal memilih sekolah, termasuk TK. Lantas apa saja kegiatan di TK Jakarta yang menajid bagian dari prose spmebelajaran? Cek selengkapnya!

Kegiatabiasan Seru Dalam Proses Pembelajaran Murid TK

1. Menggambar dan Mewarnai

Kurikulum yang digunakan untuk jenjang pendidikan TK tentu jauh berbeda dengan kurikulum SD, SMP, dan SMA. Semua aspek kegiatan yang ada di TK dirancang khusus untuk melatih kemampuan anak. Salah satu aktivitas yang paling sering dilakukan adalah menggambar dan mewarnai. Media yang digunakan bisa dimodifikasi agar semakin menarik, misalnya diatas kain atau kaos.

Aktivitas tersebut sejatinya bisa dilakukan di rumah, namun tentu saja tidak sebaik jika dilakukan di sekolah. Guru bisa melihat bagaimana kemampuan siswanya dan memberikan pengajaran sesuai dengan yang dibutuhkan. Kegiatan menggambar semacam ini akan mendukung kreatifitas anak sehingga otak kanan dan kirinya bekerja dengan seimbang.

2. Bermain Puzzle

Puzzle merupakan media yang bisa digunakan oleh guru TK dalam mengasah kemampuan berpikir anak didiknya. Meskipun terlihat hanya sebagai permainan, namun sejatinya menyusun puzzle di TK Jakarta menjadi teknik pengajaran yang menyenangkan. Guru pun bisa menggunakan puzzle yang memuat pelajaran misalnya puzzle abjad.

Jika diamati lebih dalam, fungsi bermain puzzle ini hampir sama dengan menyusun balok. Hanya saja untuk puzzle ada batasan atau aturan yang ditetapkan. Sedangkan menyusun balok bisa dilakukan sesuai imajinasi. Memainkan kedua permainan tersebut sebagai selingan sangat baik, daripada memaksa anak untuk menghafal abjad dan berlatih membaca tanpa jeda.

3. Bermain Memisahkan Warna Benang

TK dibagi menjadi dua jenjang yaitu nol kecil dan nol besar. Kegiatan di TK nol kecil bisa dibilang lebih santai dibandingkan dengan nol besar. Salah satu aktivitas di TK yang umum dilakukan siswa adalah bermain memisahkan warna benang. Kegiatan tersebut juga cocok dimainkan oleh anak PAUD karena akan merangsang kepekaan mata dan motoric tangannya untuk bergerak.

Sejatinya permainan sederhana semacam ini bisa anak lakukan di rumah. Bahkan melakukan aktivitas tersebut jauh lebih baik daripada membiarkan anak bermain ponsel. Jika di TK Jakarta ada guru yang menemai, maka di rumah haruslah anda sebagai ibuny yang berada di samping si kecil. Anda pun perlu menanyakan perkembangan anak pada wali kelasnya di sekolah setiap saat.

Beberapa permainan yang telah disebutkan tadi merupakan aktivitas umum yang biasa dilakukan siswa TK. Untuk mendapat pengajaran dan fasilitas yang lebih baik, maka anda perlu memasukkan anak ke TK yang berkualitas seperti Sekolah Murid Merdeka. Mulai dari kurikulum hingga tenaga pengajarnya memiliki standar yang tinggi.