Uang sebagai alat tukar memiliki nilai yang terkandung di dalamnya. Fungsi dari nilai-nilai dalam uang ini adalah untuk menentukan berapa nominal uang tersebut dan menjadi penentu harga dan satuan ukur yang sah.

Pengertian Nilai Uang

Jadi nilai yang terkandung dalam uang ini adalah kemampuan uang untuk dapat ditukar dengan sejumlah barang tertentu. Secara sederhananya nilai uang ini memiliki kesamaan dengan harga barang ataupun jasa.

Macam-Macam Nilai Uang

Bagi yang belum mengetahuinya sebenarnya nilai uang itu secara garis besarnya hanya dibagi menjadi tiga saja, diantaranya.

Nilai nominal

Pertama adalah nilai nominal yakni nilai yang tertulis ataupun tertera di setiap mata uang yang terkait. Misalnya saja di uang Rp 20ribu, tertera angka dua puluh ribu, dan angka tersebutlah yang menjadi nominal dari uang tersebut yakni dua puluh ribu rupiah.

Nilai intrinsik

Selanjutnya yakni nilai intrinsik adalah yakni nilai dari bahan yang digunakan untuk membuat uang tersebut. Contohnya untuk uang Rp 10ribu yang digunakan adalah bahan kertas serta yang lainnya , dan kalau ditotalkan semua bahan tersebut hanya Rp 2ribu saja.

Nilai rill

Kalau nilai ini adalah nilai yang bisa diukur dengan barang dan jasa yang bisa didapatkan apabila ditukarkan dengan uang itu. Contoh untuk uang Rp 2ribu bisa ditukar dengan es, maka bisa dikatakan bahwa nilai rill uang terebut senilai dengan es.

Ternyata uang tidak hanya tentang nilai nominalnya saja, tapi juga masih banyak lagi nilai-nilai dalam uang lainnya yang memiliki penjelasan berbeda dan fungsi yang berbeda.

Sumber: gasken.co

Baca Juga: cara menghilangkan jejak dari pinjaman online