Genteng beton saat ini sangat populer di Indonesia.  Ini karena desainnya cocok untuk rumah kecil.  Tapi apakah hanya desainnya yang membuatnya begitu populer?  Kita perlu mengetahui dan memahami kelebihan dan kekurangan dari genteng beton ini.

Apa itu genteng beton?

Genteng beton atau genteng semen adalah penutup atap yang dikombinasikan dengan semen dan pasir.  Bahan-bahan ini dicampur menjadi adonan dan kemudian dicetak dalam sistem ekstrusi tekanan tinggi.  Plat beton ini memiliki kekuatan material yang baik dan warna tidak cepat pudar, karena telah mengalami perlakuan panas pada saat produksi.

Di Eropa, penggunaan atap beton sebagai penutup atap sudah populer sejak lama, terutama di Jerman.  Pada awalnya, lantai beton terlihat kurang menarik karena hanya berwarna abu-abu dan membosankan.  Dengan teknologi saat ini, genteng beton diproduksi dalam berbagai kualitas dan warna untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Sebelum membahas pro dan kontra dari atap beton, baca ulasan kami Semua jenis lantai.

Keuntungan dan kerugian genteng beton:

Berikut kelebihan dan kekurangan yang harus Anda pahami sebelum membeli genteng beton:

Keuntungan dari genteng beton:

Beberapa kelebihan genteng beton yang harus diperhatikan adalah:

1. Tidak mudah pecah

Perkerasan beton memiliki kekuatan material yang tinggi dan mampu menahan perubahan cuaca dan lingkungan.  Hal inilah yang membuat genteng jenis ini tidak mudah pecah.  Jenis ubin ini memiliki kualitas yang lebih baik daripada ubin tanah liat.

2. gigih

Selain mudah pecah, perkerasan beton merupakan jenis genteng yang mempertahankan umur pakainya yang lama.  Bahkan genteng beton memiliki daya tahan genteng ini hingga 20 tahun.

3. Isolasi

Permukaan beton sering dikatakan tahan terhadap serangan biologis.  Jika Anda menggunakan genteng beton, rumah bisa tenang.  Ini karena suara yang datang dari luar dapat teredam dengan baik karena sifatnya Isolator akustik Kepemilikan genteng beton.

Juga, rumah Anda bisa terasa dingin di musim panas dan panas di musim hujan Perlindungan panasDapat memantulkan panas.

4. Tersedia dalam beberapa model 

Genteng beton memiliki model yang berbeda-beda sehingga Anda dapat memilih model yang sesuai dengan selera Anda.  Ada ubin datar dan bergelombang.

5. Tersedia dalam berbagai warna yang menarik

Bukan hanya modelnya saja yang berbeda.  Plat beton jenis ini tersedia dalam beberapa warna, sehingga dapat dicocokkan dengan warna dinding eksterior rumah Anda.

6. Ukurannya benar dan konsisten

Keunggulan genteng beton selanjutnya adalah bentuk dan ukuran yang tepat.  Hal ini dikarenakan proses produksinya menggunakan teknologi modern.  Bentuknya yang presisi membuatnya mudah dipasang.

7. Bisa dicat ulang

Jangan takut warnanya tidak akan pudar jika bertahan lama.  Anda dapat dengan mudah mengecat warna kembali ke keindahan aslinya.  Pengecatan ulang dapat memperpanjang umur beton.

8. Harga relatif murah

Keunggulan lainnya adalah ubin beton relatif murah dibandingkan dengan ubin keramik.

Kekurangan perkerasan beton

Selain kelebihan, atap beton juga memiliki kekurangan.  Berikut kekurangan genteng beton yang perlu Anda ketahui:

1. Bobotnya berat

Bobotnya sangat berat sehingga membutuhkan struktur rangka yang kuat dan cukup kuat.  Pastikan kekuatan struktur atap cukup kuat untuk menopang berat total atap.

2. Membutuhkan akurasi dalam pemasangan

Sistem pemasangannya sangat rumit dan membutuhkan ketelitian serta proses yang lama.

3. Perlu perawatan khusus

Atap beton membutuhkan lapisan khusus agar tetap kuat dan tahan lama.  Lapisan khusus ini harus diterapkan secara berkala untuk mencegah kelembaban masuk ke ubin.  Biasanya pertanggungan khusus dilakukan 1 sampai 2 kali dalam setahun.

Sumber : Harga Pagar Panel Beton Terpasang Sukabumi