Seringkali kita kerepotan jika ingin menggunakan air hangat untuk mandi. Kondisi tubuh yang sudah lelah menjadikan kita enggan mengeluarkan tenaga untuk bangun dan memasak air. Dijaman yang serba mudah ini, kita bisa mengatasi kerepotan tersebut, salah satunya dengan menggunakan shower heater atau water heater.

Banyak orang yang penasaran apa sih itu shower heater? Nah dalam artikel ini kita akan bahas sama-sama tentang apa itu shower heater,fungsi, dan tipenya.

Pengertian shower heater

shower heater atau water heater atau pemanas air adalah sebuah alat yang digunakan untuk memanaskan air. Biasanya banyak dipakai untuk menghangatkan air untuk mandi, jadi kita tidak perlu repot-repot untuk memasak air secara manual. Alat ini biasanya terpasang langsung di kamar mandi.

Fungsi shower heater

Seperti yang kita ketahui, shower heater atau shower heater adalah sebuah alat yang berfungsi untuk memanaskan atau menghangatkan air.Setiap shower heater memiliki pemanas yang berbeda – beda ada yang menggunakan sumber daya energi listrik dan sumber daya energi gas. Selain untuk memanaskan air, shower heater juga berguna untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari akan air . Hal ini dibuktikan banyaknya orang yang memasang water heater di rumah mereka.

Manfaat shower heater

Setelah membaca fungsi di atas, pastinya teman-teman harus tau tentang manfaat shower heater. Nah disini adalah penjelasan dari manfaat water heater.

Shower heater bermanfaat untuk mendapatkan air panas secara cepat dan mudah, tanpa harus repot memasak air panas terlebih dahulu. jadi teman-teman hanya perlu menyalakan alat ini saja, teman-teman sudah bisa mendapatkan air hangat secara praktis.

Selain itu, shower heater juga aman digunakan untuk bayi. jadi kalau bunda-bunda punya bayi dirumah, dijamin aman kalau akan menggunakan water heater ini.

Tipe-tipe shower heater

1. Shower heater electric

Shower heater ini menggunakan energi listrik sebagai sumber dayanya. Jika anda ingin menggunakan tipe water heater ini, anda bisa membelinya di toko elektronik dengan harga yang bervariasi.

2. Gas shower heater

Selanjutnya ada gas shower heater yang tentunya menggunakan gas untuk sumber energinya. Shower heater jenis ini dapat menjadi pilihan jika anda ingin lebih hemat. Karena harga untuk gas elpiji sendiri relatif murah dan juga waktu untuk memanaskan airnya cepat.

3. Boiler shower heater

Adalah water heater yang memanfaatkan energi boiler. Pengertian boiler sendiri adalah proses pemanasan air hingga menjadi uap. Biasanya digunakan untuk memanaskan air mencapai suhu tinggi sekitar 80-100 derajat celcius.Sering digunakan oleh pabrik dan hotel-hotel besar.

4. Solar shower heater

Seperti namanya, solar shower heater merupakan water heater yang menggunakan energi matahari sebagai sumber pemanasnya. Tipe ini cukup mumpuni untuk digunakan di indonesia karena indonesia sendiri adalah negara tropis yang terletak di garis khatulistiwa. tetapi sayangnya, ketika tidak ada panas matahari, tipe shower heater ini tidak bisa berfungsi secara maksimal.

 

Untuk tambahan, akan dijelaskan beberapa pertimbangan anda sebelum membeli shower heater  

1. Cek kapasitas listrik dan sumber bahan bakar

Sebagai bahan pertimbangan, jika menggunakan electric shower heater maka jumlah tagihan listrik akan meningkat, dan jika menggunakan gas shower heater maka kebutuhan akan gas elpiji juga akan menambah.

2. Sesuaikan kapasitas dengan jumlah keluarga

Anggota keluarga juga pastinya mempengaruhi penggunaan kapasitas shower heater yang digunakan.

Jika tangki airnya terlalu kecil, maka anda dan keluarga harus merelakan waktu yang lumayan lama untuk menunggu proses pemanasan. Oleh karena itu, pertimbangkan matang-matang kebutuhan air sehari-hari supaya dapat menemukan water heater dengan kapasitas yang sesuai. 

3. Ruang untuk menyimpan shower heater

Jika kapasitas ruang anda terbatas, pilihlah shower heater yang memiliki ukuran kecil agar tidak terlalu memakan tempat.

4. Perhatikan harga dan perawatan shower heater

Salah satu pertimbangan penting yang tidak boleh terlewat yakni harga dan perawatannya. Dengan itu, anda bisa menentukan produk mana yang akan anda beli.Jangan lupa pikirkan juga biaya perawatannya.Hal ini perlu di perhatikan untuk antisipasi jika water heater tersebut mengalami kerusakan sewaktu-waktu.

Nah itu dia beberapa hal yang bisa kami jelaskan tentang shower heater kepada teman-teman semua.Jika anda ingin tahu selain produk yang diatas ads juga diwebsite kami Pemanas Air. Semoga bermanfaat!