4 Obat Batuk untuk Ibu Menyusui yang Aman Dikonsumsi | Popmama.com

Obat batuk untuk ibu menyusui cukup banyak pilihannya dan beragam. Keyboard seperti itu dikarenakan masing-masing ibu menyusui memiliki efek yang berbeda-beda. Terkadang ada yang memiliki alergi ataupun efek samping yang lain.

Oleh karenanya untuk memahami jenis-jenis obat batuk tersebut diperlukan pengetahuan tentang merek dan kandungan di dalamnya. Berikut beberapa ulasan jenis-jenis obat batuk menyusui antara lain:

  1. Antihistamin

Obat batuk untuk ibu menyusui yang satu ini bisa digunakan untuk batuk yang disebabkan oleh alergi. Akan tetapi masing-masing ibu menyusui memiliki efek berbeda-beda setelah mengkonsumsi jenis obat batuk tersebut.

Jika menginginkan jenis obat lain yang tidak terlalu memiliki efek samping bisa memilih jenis obat lain. Obat lain yang dimaksud yang memiliki kandungan Chlorpheniramine atau Loratadine dan Fexofenadine.

  1. Dekongestan

Obat batuk untuk ibu menyusui dengan kandungan dekongestan sering digunakan untuk batuk disebabkan infeksi virus flu. Obat ini juga relatif aman untuk ibu menyusui namun perlu sedikit waspada karena pengaruh Dekongestan pada pasokan ASI.

Ini dikarenakan cara kerja Dekongestan adalah dengan menyempitkan pembuluh darah yang berimbas pada menurunnya jumlah produksi ASI.

  1. Dextromethorphan

Kali ini obat batuk untuk ibu menyusui yang mengandung Dextromethorpan. Untuk mengonsumsinya disarankan harus berdasarkan petunjuk atau resep dokter. Dextromethorphan disarankan hanya untuk ibu menyusui dengan bayinya yang berusia dua bulan ke atas.

Jika bayi masih dibawah 2 bulan khawatir kan nanti akan mempengaruhi pada jumlah produksi ASI. Sedangkan bayi masih membutuhkan pasokan ASI yang cukup untuk pertumbuhannya.

  1. Madu dan lemon

Obat batuk untuk ibu menyusui yang satu ini bersifat alami yakni madu dan lemon. Madu mampu mengencerkan sekresi lendir di tenggorokan, dan lemon dapat meredakan napas serta mengurangi lendir.

Sehingga bila mengkombinasikan dua sendok teh madu dicampur dengan dua takaran yang sama dari lemon bisa menjadi obat batu alami. Kamu bisa mencampurkan dengan secangkir air panas dan mengkonsumsinya sehingga dapat membantu meredakan batuk.

  1. Lemon dan jahe

Obat batuk alami yang satu ini juga bisa menjadi obat batuk untuk ibu menyusui. Manfaat dari obat batuk alami ini bisa mengatasi batuk kering yang tidak berdahak. Kandungan lemon dan jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat melegakan saluran pernapasan.

Selain itu juga dapat mengurangi iritasi di tenggorokan dan paru-paru. Sehingga dapat dikatakan manfaat dari kedua bahan alami tersebut cukup banyak tidak hanya sekadar menyembuhkan batuk.

  1. Teh chamomile

Obat batuk untuk ibu menyusui yang satu ini dapat menghilangkan rasa sakit serta nyeri pada tenggorokan. Selain itu kandungan dari teh tersebut juga mampu melawan infeksi dan mengurangi iritasi akibat batuk dan pilek.

Cara penggunaannya bisa dengan diminum atau digunakan untuk berkumur. Penggunaan yang mudah juga tanpa efek samping membuat ibu menyusui tetap aman produksi asinya.

  1. Kencur

Obat batuk untuk ibu menyusui yang terakhir ini menggunakan bahan dari bumbu dapur. Kandungan dari kencur yang termasuk bahan alami mampu menghilangkan batuk cukup. Caranya cukup mudah cukup dengan mengunyah kencur yang ukuran kecil secara teratur.

Atau bisa juga dengan menghaluskan kencur tersebut terlebih dulu bersama 2 SDM air matang. Setelah halus kemudian sehari dari hasil kencur yang dihasilkan tersebut bisa langsung dikonsumsi.

Itulah ulasan beberapa jenis obat batuk untuk ibu menyusui baik yang alami maupun bahan kimia. Kamu bisa jadikan poin-poin tersebut di atas sebagai referensi bila mengalami masalah batuk kering ataupun berdahak namun tetap aman untuk bayi.