Seiring dengan fungsinya yang cukup penting dalam beberapa keperluan yang berbeda, membeli produk kawat seling baja tentu tidak bisa dilakukan dengan cara asal-asalan. Tidak dimungkiri memang bahwa sekarang ada cukup banyak produk kawat seling yang tersedia di pasaran dengan kualitas yang berbeda serta harga yang bermacam-macam pula.

Adanya banyak pilihan memang akan membuat Anda lebih leluasa memilih mana kawat seling yang cocok. Namun, bukan berarti Anda tidak perlu selektif saat memilihnya.

Nah, ada beberapa tips yang bisa dijadikan pertimbangan untuk memilih mana produk kawat seling yang tepat untuk dibeli sesuai kebutuhan. Apa saja? Simak ulasannya.

Tips Memilih Kawat Seling Baja yang Tepat

Berbincang tentang membeli kawat seling, ada beberapa tips yang cukup penting untuk diperhatikan. Tentu saja, beberapa tips ini akan memudahkan Anda untuk memilih mana kawat seling yang cocok dengan lebih mudah.

Adapun beberapa tips yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Perhatikan konstruksi kawat seling

Memperhatikan konstruksi kawat seling adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Secara umum, konstruksi ini nantinya akan berpengaruh pada kekuatan dari kawat seling tersebut.

Perlu diketahui, ada cukup banyak jenis kawat seling dengan konstruksi yang berbeda. Misalnya, untuk kawat seling 6 x 36, maka artinya kawat seling tersebut terdiri dari 6 strand yang akan mengelilingi 1 core. Nah, rumus umum untuk mengetahui konstruksi kawat seling adalah banyak strand dikali banyak kawat.

  • Cek core kawat seling

Selain memperhatikan detail konstruksi dari kawat seling tersebut, Anda juga perlu memperhatikan core yang digunakan. Umumnya, ada 3 bahan yang berbeda yang digunakan untuk membuat core dari kawat seling tersebut. Adapun beberapa bahan core yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Fiber core dengan tali plastik
  • Hemp core dengan tali manila
  • Wire core dengan kawat baja

Setiap core tentu memiliki kekuatan yang berbeda. Oleh karenanya, bandingkan detail bahan core dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

  • Cek ukuran wire rope

Mengecek ukuran wire rope juga menjadi hal yang cukup penting untuk dilakukan. Ukuran wire rope ini akan berpengaruh pada beban yang bisa digerakkan. Nah, semakin besar ukuran wire rope, tentu saja kemampuan kawat seling untuk mengangkat beban akan semakin besar pula.

  • Lihat finishing wire rope

Hal lain yang juga cukup penting untuk dipertimbangkan saat hendak memilih kawat seling adalah melihat finishing yang digunakan. Nah, berkaitan dengan finishing, ada dua jenis finishing yang secara umum tersedia, yaitu bright dan galvanis.

Beberapa pertimbangan di atas bisa dijadikan acuan untuk memilih produk kawat seling baja berkualitas. Tentu saja, Anda juga harus mempertimbangkan harga kawat seling agar tidak salah pilih dan bisa mendapatkan produk berkualitas dengan harga yang terjangkau.