edipurwanto-Kemajuan teknologi baru-baru ini yang dimungkinkan oleh internet telah menghasilkan dunia yang berubah dengan cepat. Untuk mengimbangi kemajuan tersebut, kehadiran teknologi di ruang kelas menjadi semakin penting.

Mengintegrasikan Teknologi ke dalam Pengajaran adalah cara terbaik bagi seorang pendidik untuk meningkatkan efektivitas pelajaran mereka dan terhubung dengan siswa mereka. Bagaimanapun, generasi muda saat ini telah tenggelam dalam teknologi yang belum pernah ada sebelumnya, dan menggunakan teknologi pembelajaran adalah cara untuk mengakomodasi kebutuhan pendidikan mereka dengan cara yang akrab dan sesuai untuk mereka.

Jadi, apa sajakah cara yang berarti untuk menyertakan teknologi di dalam kelas?

Untuk memulai, teknologi pembelajaran dapat menjadi cara yang bagus bagi seorang pendidik untuk meminta siswanya melakukan penelitian. Salah satu cara seorang pendidik dapat melakukannya adalah dengan meminta siswa melakukan penelitian internet untuk suatu proyek.

Untuk mengawasi dan mengarahkan keefektifan pelajaran ini, guru dapat mengawasi waktu lab komputer untuk memastikan siswa menggunakan waktu mereka dengan benar.

Mereka juga dapat menetapkan persyaratan untuk referensi dan kutipan untuk mengajarkan praktik terbaik bagi anak-anak untuk penelitian internet. Memilih situs web tertentu untuk penelitian tentang unit atau topik tertentu dapat menjadi cara yang efektif untuk memberikan arahan lebih lanjut kepada siswa.

Mengintegrasikan teknologi ke dalam pengajaran juga dapat dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak komputer dengan internet. Teknologi instruksional dapat memberikan informasi dan wawasan dalam format kreatif, dan program perangkat lunak dapat memberikan rencana pelajaran dengan cara yang sangat efektif.

Teknik ini dapat digunakan untuk semua mata pelajaran, seperti matematika, sains, IPS, dan bahasa Inggris. Contohnya dapat mencakup siswa yang menonton serangkaian video online untuk mempelajari budaya negara lain, atau presentasi pendidikan online yang dapat membantu mereka mempelajari tentang bentuk geometris.

Salah satu potensi besar dari contoh teknologi pembelajaran dan internet adalah kenyataan bahwa keduanya dapat menjadi kegiatan interaktif dan langsung bagi siswa. Alat online ini biasanya memberikan tes kecil di akhir materi menonton atau selama presentasi untuk melibatkan siswa secara langsung dalam prosesnya.

Metode lain yang efektif dalam memanfaatkan teknologi pembelajaran dapat menugaskan siswa untuk membuat presentasi menggunakan perangkat lunak. Efektivitas ini dapat lebih ditingkatkan dengan meminta siswa untuk memposting beberapa tautan ke situs web, atau menyematkan video dalam presentasi. Ini akan membantu siswa dalam keterampilan presentasi, keterampilan penelitian, dan keterampilan pemahaman teknologi.

Manfaat menakjubkan lainnya bagi pendidik untuk dipertimbangkan tentang mengintegrasikan teknologi ke dalam pengajaran adalah kenyataan bahwa menggunakan teknologi instruksional adalah cara bagi guru untuk mendiversifikasi pelajaran mengajar mereka dengan jenis pendekatan yang berbeda.

Memberikan lebih banyak variasi instruksional selain format perkuliahan biasa dapat menjadi cara untuk membuat siswa tetap terlibat dan tertarik untuk mempelajari materi baru. Ini juga dapat memberikan angin segar untuk rencana pelajaran tertentu.

Seiring dengan perubahan dunia, rencana pendidikan juga harus berubah untuk menjaga dan mempersiapkan siswa untuk masa depan. Mengintegrasikan teknologi ke dalam pengajaran adalah unsur yang diperlukan untuk mempersiapkan siswa secara memadai sehingga mereka berhasil dalam hidup mereka setelah mereka mengejar karir mereka.