Manfaat buah belimbing yang tak banyak tahu

1. Dapat memberikan tidur malam yang nyenyak

Lain kali Anda bangun dengan mudah tersinggung, bengkak, kantung – semua tanda bahwa Anda tidak cukup menutup mata – beralihlah ke belimbing untuk mendapatkan bantuan. Buahnya sarat dengan magnesium (10 g per 100 g porsi), mineral penambah tidur. Magnesium melakukan ini dengan mempertahankan kadar GABA (asam gamma-Aminobutyric), neurotransmitter penghambat.

Cara lain buah belimbing menginduksi tidur adalah dengan mengatur metabolisme.

2. Belimbing menjaga sistem pencernaan tetap teratur

Buah berdaging bagian dalam dan kulit lilin dari belimbing menyediakan serat larut dan tidak larut. Serat makanan membantu menjaga kesehatan usus, meningkatkan serapan nutrisi dan ketersediaan hayati mineral dan vitamin. Tidak hanya memberi makan bakteri usus tetapi juga memberi makan saluran GI dengan baik.

Secara tradisional, rebusan daun belimbing digunakan untuk membuang bakteri dan racun penyebab peradangan.

3. Belimbing meningkatkan metabolisme

Tubuh manusia mengandalkan metabolisme untuk melakukan aktivitas sehari-hari, tetapi juga untuk bernapas, berpikir, mencerna, dan mengatur suhu. Metabolisme yang salah adalah penyebab sebenarnya di balik banyak penyakit.

Dengan kadar piridoksin (Vitamin B6), folat, dan riboflavin yang tinggi, buah belimbing dapat mempengaruhi proses metabolisme dan membuatnya sedikit lebih efisien. Vitamin-vitamin ini berperan dalam segala hal mulai dari koordinasi saraf dan metabolisme energi hingga sirkulasi dan kontrol kognitif.

4. Belimbing mungkin bermanfaat untuk menurunkan berat badan

Dengan sedikit kalori per buah, camilan tropis ini tidak akan mengganggu target kalori Anda, jika Anda mencoba mengurangi lemak tubuh. Faktanya, ini adalah camilan malam yang enak untuk dimakan saat rasa lapar menyerang. Selain itu, kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang dapat mempercepat metabolisme, yang akan sangat membantu perjalanan penurunan berat badan.

5. Belimbing sangat melembabkan

Memenuhi delapan gelas air per hari tampaknya seperti tugas yang menakutkan pada hari-hari tertentu. Tetapi tetap penting untuk minum banyak – terutama pada hari-hari yang panas, lembap, atau setelah berolahraga. Jadi, inilah hasil tangkapannya – makan buah belimbing; Belimbing adalah salah satu buah yang paling melembabkan dengan 91,4% air menurut beratnya.

Perhatian: Orang dengan masalah ginjal harus menghindari buah belimbing karena memiliki kadar asam oksalat yang tinggi.

6. Belimbing adalah buah yang ramah hati

Dengan jumlah kalsium yang sedang (3mg per 100 g), belimbing dapat menurunkan risiko aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke dengan meredakan ketegangan pada pembuluh darah dan arteri. Sebuah penelitian oleh Jenita Doli Tine Donsu dkk menyimpulkan bahwa jus belimbing dapat digunakan sebagai terapi pelengkap untuk menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik penderita hipertensi.

Lebih lanjut, karena kandungan kaliumnya yang tinggi (133 mg per 100 g sajian), belimbing berguna untuk merelaksasi pembuluh darah dan menjaga tekanan darah.

7. Belimbing bersifat hipolipidemik

Penelitian menunjukkan bahwa jus belimbing memiliki efek hipolipidemik dan dapat mencegah perkembangan penyakit hati berlemak non-alkohol dengan menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida.

Sebuah studi tahun 2019 menunjukkan bahwa ekstrak metanol daun Averrhoa carambola (A. carambola) (MEACL) dapat dikembangkan sebagai agen penurun lipid. Peneliti memberi makan tikus yang diberi diet tinggi lemak (HFD) secara oral dengan MEACL selama lima minggu. Hasil analisis menunjukkan bahwa MEACL menurunkan indeks massa tubuh (BMI), indeks aterogenik, serta kolesterol dan trigliserida hati pada tikus.

8. Belimbing dapat membuat kulit tampak awet muda

Alasan lain untuk banyak makan buah belimbing! Ini mungkin bermanfaat bagi kulit Anda berkat antioksidan termasuk Vitamin C, quercetin, asam galat, dan flavonoid polifenol lainnya. Antioksidan melawan efek stres oksidatif dan menetralkan radikal bebas sebelum merusak kulit

Vitamin C berperan dalam produksi kolagen, sehingga dapat mencegah atau meminimalkan munculnya kerutan, sekaligus menjaga kulit tetap bercahaya dan bebas noda seiring bertambahnya usia.

9. Memainkan peran penting dalam pengobatan tradisional

Obat tradisional rakyat menggunakan pohon belimbing utuh untuk sifat antiinflamasi, analgesik, hipotensi, anthelmintik, antimikroba, dan antimikroba. Dalam pengobatan tradisional Brasil, ini digunakan sebagai diuretik, ekspektoran dan penekan batuk. Manfaat buah belimbing yang tak banyak tahu