Makanan Khas Jawa Barat Paling Diminati dan Bikin Ketagihan – Jawa Barat adalah propinsi di Indonesia yang punyai keanekaan nilai, rutinitas dan budaya. Propinsi ini adalah satu diantaranya kota maksud tamasya di Indonesia. Dengan alam yang bagus, tempat berbelanja banyak, dan beragam kulineran, Jawa Barat punyai daya tarik spesifik.

Keanekaan makanan khas Jawa Barat tidak terlepas dari aktif orang Sunda yang mengendalikan tempat itu. Makanan khas ini berkembang dan dikenalkan dalam orang secara temurun.

Beberapa olahan kulineran Jawa Barat punyai tanda-tanda khas rasa renyah, asin, asam, manis, dan pedas. Banyak makanan khas Jawa Barat sebagai lambang tamasya dan menampakkan citra Jawa Barat. Berikut di bawah ini jenis makanan khas Jawa Barat yang bisa dicicipi.

 

maklon kosmetik

Cari Pabrik Maklon Kosmetik dan Skincare Terbaik? Cek Disini

 

  1. Karedok

Karedok merupakan makanan khas Jawa Barat terdapat beberapa macam sayur. Santapan simple dan sehat ini gunakan beberapa bahan fresh dan mentah, yang dibelah dan disediakan dengan sauce kacang tradisionil.

Sayur yang biasa terdapat di karedok yaitu ketimun, kol, kacang hijau, kemangi Thailand, taoge, dan terong, tapi sayur lain juga dapat dipakai. Saucenya dibikin dengan menggerus kacang goreng bersama garam, gula aren, dan cabe.

Rasa sauce karedok dapat disinkronkan berbahan lain seperti terasi atau bawang putih. Lantaran pemanfaatan bumbu kacang, karedok kerap ketimbang dengan makanan khas Indonesia yang lain, gado-gado. Akan tetapi, ke-2  makanan itu tidak serupa dari pemanfaatan bahan bakunya.

Di Indonesia, karedok bisa ditemui di warung makan, food court, dan restaurant. Buat orang Sunda, karedok adalah santapan keseharian yang disediakan bersama dengan nasi, tahu, tempe dan krupuk udang.

  1. Nasi Timbel

Nasi timbel merupakan santapan tradisionil khas Jawa Barat. Olahan simple ini dibikin dari nasi yang dikemas daun pisang, lalu dikukus sampai empuk. Nasi timbel jarang-jarang dikonsumsi sendiri, rata-rata disediakan dengan beberapa lauk, seperti ayam goreng, ikan goreng, tahu, tempe, sayur, sup, atau sambal.

Panasnya nasi yang disediakan dengan daun pisang mendatangkan wewangian khas. Nasi timbel dibikin melalui cara serupa bikin lontong, adalah dipadatkan, digulung, dan dikemas dengan daun pisang.

Nasi timbel adalah menu masakan Sunda komplet lantaran punya kandungan sayur mentah sampai sauce terasi. Kadang-kadang, nasi timbel dibakar sampai wewangian daun pisang kian kuat dan membikin kesan spesifik.

  1. Batagor

Satu diantaranya jajan khas Jawa Barat merupakan batagor sebagai akronim dari bakso, tahu goreng. Makanan ini terbagi dalam pangsit ikan goreng yang disediakan dengan sauce pedas tradisionil. Ikan yang umum dipakai buat bikin santapan ini merupakan ikan tenggiri. Tapi kerap pula yang gunakan ikan tuna, makarel, dan udang.

Batagor merupakan snack ringkas dengan penyampaian singkat. Waktu dimasak, pangsit dipotong kecil-kecil dan diolesi sauce kacang, kecap, dan cabe dengan perasan air jeruk nipis. Batagor pula diperlengkapi dengan potongan ketimun.

Kecuali dimasak, sejumlah penjual batagor pula tawarkan model tidak serupa yaitu batagor kuah. Menu satu ini disediakan dalam kaldu bening yang datang dari rebusan kaldu ayam. Bumbu yang lain ditambahi ke kuah seperti merica, gula, garam, daun bawang, dan seledri. Buat meningkatkan rasa, sauce cabe, sauce tomat, dan jeruk nipis juga dapat ditambahi.

 

Baca juga: 15 Macam Makanan Khas Tradisional Jakarta Wajib Dicoba Pasti Ketagihan

 

  1. Cilok

Makanan khas Jawa Barat ini terbagi dalam bola-bola kenyal yang bahannya dasar tepung tapioka, ditambahi udang kering, bawang putih, dan daun bawang. Cilok merupakan ringkasan dari aci dicolok. Aci merupakan nama lain dari tepung tapioka. Ukuran cilok barangkali berbeda, akan tetapi normalnya snack satu ini seukur dengan bakso.

Bola cilok direbus hingga matang atau dimasak dalam rendaman minyak, lantas disediakan dengan sauce kacang, kecap manis, sambal, sauce sambal botol, atau juga dalam sup. Cilok rata-rata dipasarkan pedagang kaki lima dan disediakan dengan tusuk sate atau lidi. Santapan ini adalah jajan ternama di golongan anak sekolah Indonesia.

  1. Empal Gentong

Empal gentong merupakan makanan khas Jawa Barat, benarnya dari Cirebon. Sup ini diolah dalam pot yang dibikin dari lempung (jawa). Beberapa bahan empal gentong adalah gabungan daging sapi, bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, pala, santan, kecap manis, cengkeh, serai, dan daun jeruk purut.

Terdapat banyak jenis empal gentong maka dari itu versus lain dapat punyai isian tidak serupa. Langkah pembuatan empal gentong dengan terlebih dulu diawali daging yang direbus sampai daging jadi empuk serta mulai remuk. Sebelumnya disediakan, empal gentong dihias dengan daun bawang (kuchai) maka dari itu memberi rasa tambahan pada empal gentong.

  1. Kupat Tahu

Kupat tahu merupakan makanan khas Jawa Barat yang terbagi dalam ketupat (semacam kue beras) dan tahu dengan bumbu kacang. Beberapa bahan tambahan mencakup tahu, taoge, cabe, kacang tanah, bawang putih, gula merah, air, dan kecap manis.

Dalam pengerjaan ketupat, tahu dimasak sampai punya warna kuning keemasan, taoge direbus, sedang kacangnya dimasak. Lantas, semuanya bahan di campur dengan bawang putih, cabe, gula merah dan air buat bikin sauce kacang.

Kupat tahu disediakan dengan sauce kacang dan kecap manis, biar kian enak bisa pula diambahkan perasan jeruk nipis dan diberi krupuk udang. Santapan ini normalnya disediakan buat makan pagi.

  1. Rujak Cuka

Rujak cuka merupakan makanan khas Jawa Barat yang lain. Rujak type ini dibikin berbahan penting buah-buahan seperti mangga dan nanas mentah, dan sayur seperti kol, taoge, bengkuang, dan ketimun.

Sejumlah bahannya diparut lebih dahulu sebelumnya dikombinasikan dengan sauce asam. Rasa rujak cuka dikuasai asam yang memberi kesegaran, di mana sauce rujak dibikin dari cuka, gula aren, dan cabe.

Pepes tahu terbagi dalam tahu diberikan bumbu dan dikukus yang diolah dalam daun pisang. Sejumlah bahannya mencakup tahu, paprika, daun bawang, dan bumbu terasi yang terbagi dalam bawang merah, bawang putih, gula, garam, dan cabe rawit.

 

Baca juga: CPKB

 

  1. Pepes Tahu

Dalam pengerjaannya, tahu ditiriskan dan dilunakkan, lalu dikombinasikan dengan sambal terasi, paprika, dan daun bawang. Kombinasi itu dikemas dengan daun pisang, lantas dikukus dan disediakan saat masih hangat dengan nasi. Jadi preferensi, pepes tahu bisa dipanggang.