Hallo rekan teman,di sini persilakan aku untuk memberikan tahu bagaimanakah cara membuat kue dari tepung terigu dan bagaimana resep resep membuat kue yang nikmat dan gampang.

Langkah Membuat Kue Dari Tepung Terigu

Kue
Tipe Tipe Kue1. Cotton Cake
2. Chiffon Cake
3.Sponge Cake
4. Butter Cake
5. Mousse Cake

Silahkan Mengenali Tipe Cake dan Macamnya1. Sponge Cake
2. Butter Cake
3. Chiffon Cake
4. Cotton Cake

Sistem Dasar Pembikinan CakeSugar Batter Metode/ Creaming Metode
Flour Batter Metode

Langkah Membuat Kue Dari Tepung Terigu1.Langkah Membuat Kue CubitBahan-Bahan:
Langkah Membuat Kue Cubit:

2.Langkah Membuat Kue UletBahan-Bahan:
Langkah Membuat Kue Ulet:

3.Langkah Membuat Kue Chiffon CakeBahan-Bahan:
Langkah Membuat Kue Chiffon Cake:

4.Langkah Membuat Kue KastangelBahan-Bahan:
Langkah Membuat Kue Kastangel:

5.Langkah Membuat Kue NastarBahan-Bahan:
Langkah Membuat Kue Nastar:

6.Langkah Membuat Kue ApemCara Membuat Kue Apem:

7.Langkah Membuat Kue BakpauBahan-Bahan:
Langkah Membuat Kue Bakpau:

8.Langkah Membuat Kue DonatBahan-Bahan:
Langkah Membuat Kue Donat:

9.Langkah Membuat Kue Coklat KukusBahan-Bahan:
Langkah Membuat Kue Coklat Kukus:

10.Langkah Membuat Kue Coklat SusuBahan-Bahan:
Bahan kering (ayak jadi satu):
Langkah Membuat Kue Coklat Susu:

 

Kue

Tepung terigu ialah tepung serba dapat.Tepung terigu sudah jadi bahan khusus semua pembikinan kue.Tetapi,tidak berarti kita jadi asal-asalan dengan sembarangan pilih tepung terigu.Nach,BP-Guide akan memberi panduan pilih tepung terigu yang bagus yang umum dibikin dengan mesin penepung diskmill serbaguna.

Umumnya tepung terigu dipasarkan bebas di pasar dalam merk berlainan.Apa saja merk terigu yang Anda tentukan,yakinkan saja terigunya higienis supaya kesehatan keluarga terjaga.

Beberapa Tepung terigu datang dalam bermacam macam.Ini menyengaja karena pemakaiannya berlainan.Ada terigu yang khusus untuk membikin roti dan mie,terigu yang khusus untuk membikin kue kering,dan terigu serba buat untuk bermacam olahan.

Jika dapat salah pilih terigu dapat berpengaruh pada struktur dan rasa yang lain juga pada masakan atau kue.Oleh karena itu,ketahui benar resep dan tentukan terigu yang pas untuk makanan yang hendak anda bikin.Cari resep yang efektif tetapi oke spesial akan keluarga?

Setelah itu opsi resep terbaik untukmu.Yok, anda coba!Gorengan gampang,murah dan sederhana ala-ala laras shine.Cemilan stick keju atau stick bawang itu dah biasa ya,kalau ini aku buat yang hebat,airnya ditukar dengan susu,jadilah mamanya STICK SUSU.

Tetapi,tidak berarti kita jadi asal-asalan dengan sembarangan pilih tepung terigu.Kelak berikut ini akan memberi panduan untuk pilih tepung terigu yang benar dan baik.Nach,berikut ialah resep sederhana cemilan pisang yang sedap dan buat ngiler.Kamu dapat buat Cemilan terigu susu sederhana menggunakan 6 bahan dan 6 cara.

Tipe Tipe Kue

1. Cotton Cake

Cotton Cake dikenal juga sebagai cheese cake karena memakai cream keju sebagai pangkalan adonannya.Walau datang dari Prancis,tetapi cotton cake malah berkembang cepat di Jepang,di mana selanjutnya datang dalam bermacam variasi antiknya yang go-international.
2. Chiffon Cake

Chiffon cake,atau kue sifon,mempunyai struktur yang lebih enteng dibanding sponge cake.Formasnyai terbagi dalam minyak sayur,telur,gula,tepung terigu,baking powder,dan perasa.Pemakaian minyak sayur jadikan kue ini terlihat tebal tetapi dengan rongga yang berupa seperti serat,hingga berasa enteng saat dikonsumsi.
3.Sponge Cake

Sponge Cake ini lebih dikenali sebagai kue bolu,dan sebagai tipe yang termudah untuk dikreasikan jadi bermacam variasi.Disebutkan sponge karena teksturnya enteng,di mana hal itu datang dari adonan telur,tepung terigu,dan gula, yang kadang dipertambah dengan baking powder untuk menjadikan megar.Kabarnya,kue ini sudah exist semenjak zaman Renaissance sekitaran 500 an tahun kemarin,di mana kemungkinan datang dari zaman pemerintahan Kerajaan Spanyol classic.
4. Butter Cake

Butter Cake biasa dibuat berbahan yang dasar yakni mentega dan hidangan classic ciri khas Amerika Serikat.Tetapi,bila dilihat dari sejarahnya,kue ini berkerabat dengan pound cake asal Inggris.Secara tradisionil,butter cake dibikin dari kombinasi tepung terigu,gula,dan telur sama ukuran yang serupa untuk membuat struktur kue padat dan legit.Berita baiknya,butter cake yang nikmat sekarang dapat kamu cicip di Tous Les Jours,dengan kualitas berkompetisi dan harga ramah kantong.
5. Mousse Cake

Mousse Cake ialah cake super halus yang mempunyai gelembung udara sebagai pembentuk struktur enteng dan moist saat dikonsumsi.Umumnya dihidangkan sebagai sajian penutup,mousse sering diolah dengan kuning telur yang banyak untuk memadatkan bahan baku intinya, cokelat.Cake umumnya ada ciri khas Prancis ini bisa juga kamu dapatkan di Tous Les Jours,di mana disamping itu dibuat berbahan baku yang berkualitas,selalu dihidangkan pada keadaan yang fresh buat mengoptimalkan cita-rasanya.Baca : Ini Langkah Membuat Kue Ulangi Tahun Sendiri di Rumah
Silahkan Mengenali Tipe Cake dan Macamnya

Ketika saat semacam itu,datangkan keceriaan di tengah-tengah keluarga Anda dengan cake yang sedap.Ketika semacam itu mempersiapkan beragam tipe cake spesial,untuk keluarga di dalam rumah atau untuk hantaran.

Agar untuk memperoleh tipe cake spesial.Anda dapat berkunjung bakery atau toko kue yang jual beragam tipe cake dan bolu atau dapat membuat sendiri.Lalu,apa sich tipe cake itu?Penting untuk dipahami supaya bisa tentukan tipe cake apa yang hendak anda suguhkan untuk keluarga atau untuk hantaran.

Dengan berdasar langkah pembikinannya,cake terbagi dalam sponge cake,butter cake,chiffon cake, cotton cake.Masing-masing tipe cake ini mempunyai ciri-ciri khusus yang membandingkan,dan sudah pasti sistem pembikinannya berlainan.

Ini sebagai kata dengan bahasa Inggris untuk menyebutkan semacam kue yang material dasarnya gula,tepung terigu dan telur.Nach untuk yang pemula berkenaan beberapa jenis cake,ketidaksamaan dan langkah membuat,baca penjelasannya berikut ya:

1. Sponge Cake

Keunikan sponge cake ialah bolu dengan struktur yang empuk seperti sponge.Spone Cake sebagai tipe cake yang sering kali ditemui dan terbanyak macamnya.

Cake ini mempunyai struktur yang empuk dan condong berongga-rongga seperti sponge,misalnya roti bolu tape,marmer,tart, bolu ubi cilembu ciri khas sumedang dan ada banyak kembali.

Tipe ini memerlukan emulsifier seperti SP atau krim of tartar dan baking soda dan baking powder untuk membuat megar.Disamping itu,mentega/margarine-nya harus juga dicairkan lebih dulu.

2. Butter Cake

Butter Cake memiliki beberapa ciri-ciri yang lebih padat dari sponge cake.Sesuai namanya,butter cake memakai beberapa macam lemak,satu diantaranya ialah mentega (butter) atau margarine dengan formasi semakin banyak.Tetapi kadang baking powder atau baking oil biasa dipakai untuk dapat membuat megar.

Adapun sistem yang buat pembikinan butter cake ialah mentega dan gula dikocak lebih dulu sampai halus,selanjutnya masukan telur,terigu,dan lain-lain.Adonan ini tidak megar seperti sponge cake,beberapa bahan cukup dikocak sampai halus.

Bila yang dipakai ialah mentega karena itu adonannya digabungkan untuk hasilkan creaming yakni tehnik pencampuran gula dan mentega dengan mixer listrik berkecepatan tinggi.Contoh atau tipe butter cake ialah cupcake(kue mangkuk)dan pounde cake.

3. Chiffon Cake

Chiffon cake ialah tipe bolu yang lembut.Pembikinannya unik karena putih telur dan gula dikocak secara bertepatan sampai betul-betul kaku,maknanya harus memakai mixer listrik berkecepatan tinggi.Dan kuning telur dikocak terpisah dalam tempat berlainan bersama beberapa bahan yang lain.Setelah itu,ke-2 bahan adonan digabungkan,ke-2 nya diaduk-aduk rata

4. Cotton Cake

Cotton cake sebagai tipe kue pada mula diketemukan jadi langsung terkenal dan disukai karena teksturnya halus seperti kapas.Adapun salah satunya tipe cotton cake yang terpopuler ialah Japanese cotton cheesecake,selanjutnya ada pula cotton layer cake.

Sistem Dasar Pembikinan Cake

Sugar Batter Metode/ Creaming Metode

Sugar battet metode/Creaming metode ialah sistem pembikinan cake dengan mengocak lemak dengan gula lebih dulu.Langkah ini biasa dipakai untuk membikin cake dengan formasi lemak dan gula yang semakin banyak dibanding dalam jumlah tepung yang dapat untuk dipakai.Supaya hasilnya lebih optimal,pengocokan gula dengan lemak (dapat berbentuk margarin atau mentega) dilaksanakan sampai gula betul-betul terlarut dan adonan megar.
Flour Batter Metode

Sistemflour batter memungkinkannya orang untuk membikin kue berkualitas baik dari resep yang murah/ ekonomis.Langkah ini sanggup kurangi risiko adonan pecah,karena semenjak awalnya beberapa tepung telah digabung dengan lemak.Cara awalannya ialah menambah beberapa tepung dan lemak (margarin atau mentega) dengan mikser sampai halus.
Langkah Membuat Kue Dari Tepung Terigu

1.Langkah Membuat Kue Cubit

[H4] Bahan-Bahan: [/H4]

– Persiapkan 150 gram tepung terigu.
– 200 mililiter susu cair (aku gunakan Indomilk UHT strobery).
– Persiapkan 3 sendok makan gula pasir (sesuai dengan selera).
– Sedikit garam.
– Mentega cair (opsional).
– Perlu Topping (aku gunakan SKM dan meises)

[H4] Langkah Membuat Kue Cubit: [/H4]

– Cairkan mentega lalu dinginkan (dapat diskip bila tidak ada).
– Lalu masukan tepung terigu dalam tempat, berikan gula dan garam.
– Selanjutnya masukan susu UHT dan mentega cair.
– Aduk sampai rata.
– Goreng seperti telur dadar dengan api yang kecil.
– Suguhkan dengan topping.

2.Langkah Membuat Kue Ulet

[H4] Bahan-Bahan: [/H4]

– 1/2 kg tepung terigu
– 300 g mentega
– 1 sachet susu kental manis
– Susu bubuk 1/2 sachet
– Bahan warna hijau
– keju parut seperlunya
– Chococips seperlunya

[H4] Langkah Membuat Kue Ulet: [/H4]

– Campur mentega,keju,susu,dan keju sampai rata.
– Janganlah lupa tambah tepung terigu secara perlahan-lahan ke kombinasi barusan sampai rata.
– Lalu saran bahan warna hijau dikit demi sedikit sekalian diaduk-aduk.
– Bulatkanlah adonan kecil-kecil.Lalu mengambil satu bulatan dan bikin di atas sisir atau cetakan bergerigi sampai seperti ulat.
– Tempatkan adonan di atas loyang dan janganlah lupa tambah chococips sebagai mata ulatnya.
– Selanjutnya pangganglah dalam oven sampai masak dan siap untuk dihidangkan.

3.Langkah Membuat Kue Chiffon Cake

[H4] Bahan-Bahan: [/H4]

– 200 g tepung terigu
– 1/4 sdt baking powder
– Gula pasir 200 g
– Santan 200 mililiter
– 75 ml minyak goreng
– 2 helai daun pandan
– 5 tetes bahan warna hijau
– 8 butir telur (pisah kuning dan putihnya)
– 1/2 sdt garam
– Sendok teh krim of tartar 1/4 sendok
– Vanili bubuk 1/2 sdt
– 1 sdt pasta pandan

[H4] Langkah Membuat Kue Chiffon Cake: [/H4]

– Rebus santan dan daun pandan sekalian diaduk-aduk sampai mendidih dengan api yang kecil,pinggirkan.
– Campurlah dengan kuning telur, minyak, dan santan.Tambah terigu,baking powder,dan vanilli.Aduk sampai rata.
– Tambahkanlah pada pasta pandan dan aduk sampai rata.Kocok putih telur dengan kecepatan tinggi sepanjang lima menit.
– Selanjutnya tambah krim of tartar.
– Masukan gula pasir dikit demi sedikit.Kocok perlahan-lahan sampai halus sepanjang 10 menit.
– Campurkanlah dengan kocokan putih telur dan kombinasi kuning telur sampai rata.
– Masukan adonan ini ke loyang.
– Lalu pangganglah dengan temperatur 160-180 derajat Celsius sepanjang 60 menit.

4.Langkah Membuat Kue Kastangel

[H4] Bahan-Bahan: [/H4]

– 300 gram margarin.
– 400 gram tepung terigu protein sedang.
– 2 kuning telur.
– 200 gram keju parut.
– Susu bubuk 2 sdm.
– kuning telur untuk olesan.
– keju parut untuk taburan.

[H4] Langkah Membuat Kue Kastangel: [/H4]

– Kocoklah pada mentega dan telur dengan kecepatan rendah, sesaat saja, asal tercampur rata.
– Masukan keju,aduk sampai rata.
– Selanjutnya masukan tepung terigu dan susu bubuk,aduk sampai rata.
– Bikin adonan sama sesuai wujud yang diharapkan,tata di loyang,dan berikan keju parut sebagai taburan.
– Pangganglah sampai hingga masak dengan temperatur 125 derajat Celsius.

5.Langkah Membuat Kue Nastar

[H4]
[/H4]

[H4] Bahan-Bahan: [/H4]

– 250 gram mentega
– Margarin 250 gram
– 100 gram gula lembut
– 4 butir kuning telur
– 700 gr terigu
– Susu bubuk fullcream 4 sdm
– Isian berbentuk selai nanas
– kuning telur sebagai olesan

[H4] Langkah Membuat Kue Nastar: [/H4]

– Campur margarin,mentega,dan gula lalu kocok dengan mikser.
– Tambah kuning telur dan kocok kembali.
– Masukanlah pada terigu dan susu ke adonan dan aduk gunakan spatula sampai adonan dapat dibuat.
– Ambil adonan dan gepengkan di dalam tempat,lalu isikan dengan selai.Wujud sesuai dengan selera.
– Selanjutnya tempatkan adonan di loyang dan panggang dengan temperatur 150 derajat celcius sepanjang 30 menit.
– Berikan pada kuning telur dan panggang kembali 15 menit sampai masak.

6.Langkah Membuat Kue Apem

Bahan-Bahan:

– 250 g terigu
– 50 gr tepung beras
– 130 gr gula merah
– 500 mililiter santan
– ragi dan garam seperlunya

[H4] Langkah Membuat Kue Apem: [/H4]

– Aduklah dengan santan dan gula merah sampai terlarut lalu dinginkan.
– Kemudian ratakan tersisa santan bersama tepung,garam,dan ragi.
– Tambah pada larutan gula sampai tercampur rata.
– Oleslah cetakan dengan minyak goreng lalu tuangkan adonan ke cetakan.
– Selanjutnya diamkan sampai adonan megar.
– Panasi di dalam riasg,lalu kukus dengan api besar 20 menit hingga masak.

7.Langkah Membuat Kue Bakpau

[H4] Bahan-Bahan: [/H4]

– 300 gram tepung terigu protein sedang
– 1,5 sdt ragi instant
– 2 sdt gula pasir
– 270 ml air
– 250 g gula pasir
– 50 gr susu bubuk
– 4 sdt baking powder
– 800 gr tepung terigu protein tinggi
– 60 gr mentega putih
– 330 ml air
– isinya memakai kacang hijau yang telah direbus.

[H4] Langkah Membuat Kue Bakpau: [/H4]

– Aduklah pada bahan tepung terigu protein sedang,ragi instant,2 sdt gula pasir,dan 270 ml air hingga kalis.
– Biarkan sepanjang 30 menit.Tambah 250 g gula pasir, susu bubuk, dan baking powder.
– Berikan pada adonan sampai hingga rata.
– Tambah tepung terigu protein tinggi,mentega putih,dan 330 ml air.
– Selanjutnya oleskan sampai hingga plastis.Biarkan di saat 30 menit.
– Kempiskan adonan dan timbang 20 gr.Lalu bulatkan.
– Kemudian biarkan kembali 10 menit.Gepengkan adonan.Masukan isi.Wujud bundar.
– Tempatkan di kertas roti.Biarkan 20 menit.
– Kukuslah sepanjang 5 menit dengan api sedang.

8.Langkah Membuat Kue Donat

[H4] Bahan-Bahan: [/H4]

– 250 gram tepung terigu
– 3 sendok makan gula pasir
– 1 sendok teh ragi
– 175 ml air hangat kuku
– Mentega 1 sdm
– Telur 1 butir

[H4] Langkah Membuat Kue Donat: [/H4]

– Campur dengan terigu,telur,bersama mentega.
– Tambah pada ragi,gula,dan air hangat.
– Oleskan adonan sampai hingga kalis selanjutnya biarkan adonan 30 menit.
– Bentuklah dengan adonan sampai jadi bundar dengan lubang di sisi tengah,lalu goreng sampai masak.
– Selanjutnya donat siap untuk dikasih topping sesuai dengan selera seperti meises atau cokelat yang dilelehkan.

9.Langkah Membuat Kue Coklat Kukus

[H4] Bahan-Bahan: [/H4]

– 2 butir telur
– 1/2 sdm sp
– Sendok makan bp 1/2
– 6 sendok pusara gula pasir
– 7 sdm tepung terigu
– 5 sdm minyak sayur
– 1 sachet susu kental manis
– Seperlunya mesis ceres
– Sendok makan keju seperlunya
– Coklat bubuk 2 sendok

[H4] Langkah Membuat Kue Coklat Kukus: [/H4]

Mixerlah lebih dahulu telur,bp,sp sampai warna putih megar
Masukan kombinasi pada tepung terigu dan susu kental manis dan coklat bubuk,mixer sampai semua tercampur rata.
Panasi lalu kukus lebih dahulu,sesudah panas saran adonan ke dalm loyang yang telah dibaluri dengan mentega.
Lalu kemudian kukus adonan yang telah di masukan ke dalam loyang,tutup kukusan memakai lap,kukus kurleb 30 menit.
Setelah masak tinggal kasih ceres ke atasnya dapat lebih dahulu kue di beri pakai mentega.Selamat mempraktikkan.

10.Langkah Membuat Kue Coklat Susu

[H4] Bahan-Bahan: [/H4]

– 120 gr Mentega
– 240 gula pasir lembut (saya : 200gr)
– 2 butir telur utuh
– 1 sdm ovalet/sp
– 250 mililiter susu cair

[H4] Bahan kering (ayak jadi satu): [/H4]

240 gr Tepung Terigu protein sedang
40 gr coklat bubuk
1 sdt soda kue
1/2 sdt baking powder

[H4] Langkah Membuat Kue Coklat Susu: [/H4]

– Persiapkan bahan.Panasi oven dengan temperatur 180 derajat.Persiapkan loyang kotak ukuran 18 cm.Oleskan margarin dan lapisi kertas roti. Pinggirkan.
– Kocoklah pada mentega,gula pasir, dan ovalet/sp sampai megar,lalu masukan telur kocok kembali sampai rata
– Lalu di masukan kombinasi tepung yang telah diayak dalam 3 tahapan,aduk sampai rata berganti-gantian dengan susu cair (speed rendah).
– Masukan ke adonan yang loyang lalu di panggang sepanjang 35-45 menit. Atau samakan dengan temperatur oven masing2.Tes tusuk saat sebelum diangkat.
– Potong dengan sesuai dengan selera.Langsung bisa dicicipi atau juga bisa dihias buttercream.
– Beberapa adonan berikan buttercream dan tabur keju parut.
Demikian yang dapat aku berikan dan aku contohkan bagaimanakah cara membuat kue dari tepung terigu.Jika ada salah kalimat aku meminta maaf yang banyak sebanyak-banyaknya.Demikian dan Terima kasih.Assalamualaikum,Wr,Wb.

 

kunjungi juga solusi bayi dan orang tua sehat