Wisata tanah air sudah menunggu traveler untuk singgah dan merasakan pengalaman yang berharga. Selain menjelajahi destinasi paket wisata jogja yang kece, kuliner-kuliner dalam negeri sangatlah beragam dan patut untuk dicicipi. Terkenal dengan rempah-rempahnya yang membuat cita rasa masakan menjadi semakin nikmat, jangan sampai melewatkan banyak kuliner di Indonesia, apalagi di kota Jogja. Buat yang suka makan dan memuaskan lidah, wajib mampir ke tempat makan berikut ini!

  1. Lupis Mbah Satinem

Di depan Pesona Hotel, tepatnya di Jalan Bumijo, wisatawan wajib pergi ke sini untuk mencoba lupisnya Jogja. Jika datang kesiangan, pengunjung akan melihat kerumunan pembeli yang sudah mengantri. Pembeli akan melihat petunjuk untuk mengambil tester peyek sembari meminta nomor antrian. Ternyata, Mbah Satinem sudah berjualan sejak tahun 1963 dan dulunya hanya membawa sedikit-sedikit, sampai menjadi sesukses sekarang. Dibuka dari jam setengah enam pagi sampai sehabisnya lupis, jajanan yang satu ini menyuguhkan cita rasa yang manis, dari parutan kelapa dan siraman gula. Tipsnya adalah pembeli harus datang pagi-pagi agar tidak merasakan antrian yang sangat panjang.

  1. Rujak Es Krim

Kuliner yang satu ini sangat unik! Melipir ke jalan Harjowinatan, pemburu kuliner harus mencoba rujak es krim Pak Nardi. Tempat ini sudah dibuka sejak tahun 1978 dan menjadi yang pertama. Bayangkan saja bagaimana sensasi dingin dan manisnya es krim, bercampur dengan asam segarnya rujak. Rujak yang buahnya diiris tipis-tipis atau diserut dan dicampur dengan es krim merah muda ini menjadi kegemaran semua kalangan. Kapan mau coba kulinet yang legendaris ini?

  1. Bukan Di Semarang

Lumpia biasanya menjadi khasnya Semarang. Namun, kini menjadi kuliner yang diburu di Malioboro. Lumpia Samijaya sudah ditunggu oleh banyak pembeli yang suka menjelajah wisata tanah air. Meski baru buka, jajanan ini akan selalu ramai oleh yang mengantri. Lumpia ini menjadi khas karena parutan putih yang menghiasi di atasnya. Enaknya kalau dimakan panas-panas untuk mencicipi cita rasa yang mantap.

  1. Mercon Yang Tersohor

Siapa pelopor kuliner nomor satu di Jogja? Tentu saja, oseng-oseng mercon Bu Narti. Membacanya saja sudah bikin ngiler. Bertempat di Jalan KH. Ahmad Dahlan, di kanan jalan, hidangan yang disediakan hanyalah nasi putih dicampur dengan oseng kulit, gajih, kikil, dan tulang muda. Oseng mercon berminyak dan pedas ini dijamin bikin nagih dan jadi rindu buat balik ke Jogja lagi. Jika tidak suka pedas, menu lain seperti telur puyuh, lele, atau ayam yang sudah dibumbui tetap membuat cita rasanya meledak di lidah!

  1. Angkringan Kopi Jos

Kuliner Jogja itu tidak pernah berhenti dari pagi hingga malam hari. Semakin malam, atmosfer kota tersebut akan semakin terasa dan lebih ramai lagi oleh turis atau pengunjung yang mampir. Kini, penilik wisata tanah air harus belok sebentar ke Jalan P. mangkubumi Nomor 5. Jika sudah melihat tenda yang ramai, berarti traveler tidak nyasar. Angkringan kopi jos Lik Man tidak hanya menyediakan kopi dan susu, tetapi juga menu-menu angkringan khas Jogja. Nasi kucing dan beragam jenis sate siap menjadi santapan ketika bermain di kotanya wisata tanah air ini.

Ingin berkunjung ke salah satu wisata tanah air? Ayo, berburu paket liburan murah di Raskita kalau keliling Jogja!