Khasiat Daun Serei Dapat Menghilangkan Depresi dan Masalah lainnya? Cek selengkapnya – Daun serei atau yang lebih terkenal dengan daun sereh ialah tanaman yang kerap dipakai sebagai penyedap atau pengharum wewangian masakan. Tetapi dibalik faedah daun serai sebagai bumbu penyedap, rupanya tanaman yang ini mempunyai faedah untuk badan. Apa faedah sereh dan bagaimanakah cara memakainya? Berikut penjelasannya!

 

Khasiat Daun Serei

Cari Pabrik Maklon Kosmetik dan Skincare Terbaik? Cek Disini

 

Sereh atau Cymbopogon citratus dipercayai mempunyai banyak faedah untuk badan. Sisi tanaman ini yang umum dipakai digunakan ialah sisi tangkai dan sedikit dari sisi daunnya. Faedah daun serai ini tentu saja ada karena kandungan yang ada pada daun ini. Berikut perincian kandungan gizi yang ada pada 100 g sereh berdasar USDA National Nutrient Database:

Kecuali mempunyai bermacam kandungan vitamin dan senyawa yang lain yang diperlukan oleh badan, tanaman sereh mempunyai bermacam karakter seperti antijamur, antibakteri, antiinflamasi, diuretik, antidepresan, analgesik, antipiretik, dan anti-oksidan. Sereh mempunyai kelebihan yakni wewangiannya yang paling unik dan beri kesegaran.

Bila menyaksikan keunggulan sereh dari bermacam kandungan dan karakternya, tidaklah aneh memang bila tanaman sereh dipercayai mempunyai banyak faedah untuk kesehatan. Berikut beberapa faedah sereh untuk badan yang dapat Anda coba:

Faedah sereh yang pertama ialah menangani stres. Sereh yang mempunyai karakter antidepresan dapat turunkan bermacam tanda-tanda stres seperti depresi, kuatir, dan masalah tidur atau insomnia.

Wewangian sereh yang menentramkan dipercayai bisa menolong rileksasi otot dan saraf hingga Anda bisa tidur lebih pulas. Konsumsi teh daun sereh saat sebelum tidur akan membuat tidur Anda lebih pulas.

Wewangian sereh yang fresh mempunyai dampak menentramkan dan dicintai oleh manusia, tapi harum sereh rupanya dibenci oleh serangga, terhitung nyamuk. Gigitan nyamuk bisa memberi rasa gatal dan sisa di kulit. Bahkan juga beberapa nyamuk mempunyai potensi untuk bawa penyakit seperti demam berdarah dan malaria.

 

Baca juga: Top 5 Aplikasi Edit Lagu Android Terbaik untuk Pecinta Musik

 

Memoleskan minyak sereh secara periodik di kulit dipercayai bisa membuat perlindungan Anda dari gigitan nyamuk. Faedah sereh untuk menghindar nyamuk juga ditunjukkan dengan adanya banyak produk lotion anti nyamuk dengan harum daun sereh.

Faedah sereh yang ke-3 ialah bisa menolong turunkan penekanan darah. Sereh mempunyai karakter diuretik yang maknanya sereh sanggup mambantu buang kelebihan garam dan air pada tubuh lewat urine. Kelebihan kandungan garam pada tubuh merupakan salah satunya pemicu dari hipertensi. Hingga bila kita konsumsi sereh dengan teratur karena itu penekanan darah akan turun bersamaan dengan berkurangnya kandungan garam pada tubuh.

Kecuali turunkan penekanan darah, faedah daun serai lainnya ialah turunkan kandungan gula darah. Triknya ialah dengan keluarkan toksin yang berada di pankreas dan tingkatkan kerja pankreas. Harus dipahami jika pemicu diabetes ialah karena ketakmampuan pankreas menghasilkan insulin yang diperlukan oleh badan hingga kandungan gula pada darah juga naik.

Faedah sereh setelah itu sanggup menahan kandungan cholesterol jahat pada tubuh naik. Sebuah riset memperlihatkan jika sereh sanggup meningkatkan kandungan cholesterol baik dan menahan penyerapa cholesterol jahat dalam pencernaan.

Walau bisa menolong menahan kandungan cholesterol jahat atau cholesterol LDL naik, tapi harus dites kembali efektifitas daun sereh pada pasien yang terlanjur mempunyai penyakit cholesterol tinggi.

Faedah sereh yang ke enam ialah memiara mekanisme pencernaan. Sehari-harinya pasti tidak terhitung seberapa banyak bakteri yang masuk di dalam mekanisme pencernaan kita. Sereh menolong membuat perlindungan mekanisme pencernaan dengan membunuh patogen yang masuk ke mekanisme pencernaan.

Sereh bukan hanya bisa menahan berlangsungnya infeksi pada aliran pencernaan tapi dipercayai dapat menurunkan tanda-tanda bermacam permasalahan pencernaan dimulai dari diare sampai sembelit. Sereh dapat menangani ngilu perut (termasuk ngilu haid) karena mempunyai dampak analgesik.

 

Baca juga: Tips Ampuh Atasi Jerawat Membandel dengan bahan Alami

 

Dampak analgesik bukan hanya bisa dirasa untuk menurunkan sakit di perut, tapi juga tipe ngilu yang lain seperti ngilu otot dan ngilu persendian. Faedah sereh untuk menurunkan ngilu otot dan persendian dapat didapat dengan konsumsi teh sereh atau mungkin dengan lakukan pijat memakai minyak sereh.

Serai atau sereh dipercayai bisa mempertahankan kesehatan mulut. Sereh dipercayai bisa menyembuhkan infeksi mulut atau sariawan yang disebabkan karena infeksi jamur atau bakteri. Sebuah riset memperlihatkan jika konsumsi teh serai bisa turunkan tanda-tanda infeksi mulut karena jamur pada pasien HIV/AIDS. Ini tentu saja karena sereh mempunyai karakter antiinflamasi, antibakteri, dan antijamur.

Faedah sereh yang ini juga sangat penting yakni menangani tanda-tanda flu. Konsumsi teh sereh bisa turunkan tanda-tanda flu seperti demam dan hidung mampet. Walau demikian, sereh tidak mempunyai kekuatan untuk menyembuhkan flu karena pemicunya sebagai infeksi virus, hingga sereh cuman bisa dipakai sebagai obat pengiring saja.

Faedah sereh yang paling akhir untuk menangani ketombe. Permasalahan rambut yang ini bisa ditangani memakai bermacam minyak fundamental dan diantaranya ialah minyak sereh. Anda bisa mengimplementasikan minyak sereh langsung di kulit kepala untuk memberantas ketombe.

Tetapi sebuah riset memperlihatkan jika manfaat sereh ini belum pasti efisien kesemua orang, hingga tidak ada agunan jika ketombe akan raib sesudah pemakaian minya sereh. Tapi langkah ini masih pantas dicoba karena tidak memberi efek di kulit kepala.

Anda bisa memakai sereh sesuai keperluan. Bila ingin mengimplementasikannya langsung ke kulit untuk mengcegah gigitan nyamuk atau untuk pijat karena itu yang dipakai ialah konsentrat minyak sereh.

Sedang bila inginkan sereh untuk diminum karena itu dapat memakai sereh yang ada berbentuk produk teh atau mungkin dengan rebus sereh dan minum air rebusannya. Tangkai sereh tidak hanya cukup dicampurkan di air panas, tetapi harus direbus untuk memperoleh manfaatnya.

Sereh mempunyai banyak faedah untuk badan tetapi tidak seluruhnya orang bisa konsumsi sereh, khususnya karena masih amat sedikit riset mengenai pemakaian sereh untuk obat. Tanaman yang ini tidak dianjurkan untuk dipakai oleh pasien dengan masalah ginjal atau masalah hati yang telah kronis dan pada ibu hamil dan menyusui.

Bila sedang jalani penyembuhan tertentu, seharusnya Anda tanyakan sama dokter awalnya mengenai pemakaian sereh sebagai obat pengiring. Selamat mempraktikkan dan mudah-mudahan berguna!