Rutinitas penggunaan internet sekarang semakin banyak, seperti pembelian secara online. Gambaran ini menjadi lebih khas karena konsumen memilih apotek online daripada apotek lokal. Ratusan website menjual obat resep dan produk kesehatan lainnya ada di sini. Daftar ini mencakup perusahaan dalam bentuk apotek yang aman yang memberikan privasi sejati. Mereka mengikuti protokol keamanan yang sama dengan apotek toko fisik. Konsumen dapat menggunakan layanan ini dengan kepercayaan yang sama seperti yang mereka miliki di apotek lokal mereka. Rantai apotek besar biasanya memiliki beberapa situs seperti ini. Lainnya dimiliki dan menjalankan apotek lokal yang melayani orang secara online melalui telfon.

Bagi sebagian orang, melakukan tebus resep dokter online memiliki keuntungan dibandingkan dengan pergi ke apotek lokal, seperti ketersediaan obat yang lebih banyak, atau kesempatan untuk membandingkan harga dan produk. Apotek online memberikan kemudahan, akses yang lebih baik ke berbagai pilihan obat, informasi obat tertulis jelas pada website, dan referensi ke sumber yang umumnya tidak terlihat di apotek fisik tradisional. Dimungkinkan untuk memesan obat dan berbicara dengan apoteker secara online dari rumah Anda secara nyaman.

Belanja obat lewat internet juga dikatakan hemat. Ini terkadang benar. Tetapi pembeli internet untuk produk kesehatan dapat menemukan lusinan situs yang menurut BPOM ilegal. Banyak dari mereka mengkhususkan diri pada obat keras, obat kebotakan, atau obat penurun berat badan. Sementara yang lain, mengeluarkan obat yang berbasis di luar negeri dan tidak mempunyai izin BPOM, dan mereka biasanya menawarkan harga obat ilegal yang jauh lebih rendah. Obat dari sumber yang tidak resemi mungkin juga dijual pada sebagian apotek online. Atau juga obat yang sudah kadaluarsa. Ada juga apotek online yang membuat klaim kesehatan yang menipu atau mengiklankan obat-obatan non-resep.

Apotek online resmi beroperasi seperti cara berikut ini. Konsumen mendaftar dan memberikan kartu kredit dan rincian asuransinya melalui situs apotek online. Pemerintah harus mengizinkan apotek daring untuk menjual obat resep sebelum mereka bisa beroperasi. Setelah mendaftar, Anda harus mengirimkan resep yang valid. Apoteker Anda dapat memeriksa resepnya. Atau Anda dapat mengirimkan resep melalui faks atau pos ke toko obat. Beberapa apotek internet mengirim produk yang dibeli dari satu toko fisik. Banyak apotek internet dapat mengirimkan obat dengan cepat, dengan biaya pengiriman tertentu. Apotek online sering memungkinkan Anda untuk menghubungi apoteker melalui email atau obrolan langsung.