Semakin berkembangnya teknologi membuat banyak kebutuhan dan aktivitas bisa dilakukan secara online atau daring, salah satunya adalah dengan menggunakan  aplikasi e-Bupot online. E-Bupot yang kin hadir secara digital ini tentunya sangat membantu manusia dalam memudahkan semua kebutuhan yang diinginkan. Lalu, apa sajakah kelebihan?

Direktorat Jenderal Pajak atau DJP yang mengurusi segala hal tentang pajak sudah mengeluarkan berbagai inovasi aplikasi untuk membantu perpajakan di Indonesia. Dan kini, sudah hadir aplikasi bernama e-Bupot DJP online dengan memiliki keunggulan yang tidak bisa didapatkan dari aplikasi perpajakan lainnya. Penasaran apa saja kelebihannya? Yuk simak informasinya di bawah ini.

Apa itu e-Bupot?

Aplikasi e-Bupot adalah sebuah aplikasi yang secara khusus dan resmi diluncurkan oleh DJP untuk membuat sebuah bukti pelaporan dan pemotongan pajak. Dengan menggunakan aplikasi e-Bupot online ini, bisa memudahkan segala proses perpajakan yang terjadi di Indonesia. E-Bupot juga digunakan untuk menerbitkan bukti potongan pajak elektronik tanpa harus menggunakan tanda tangan basah.

Dan lagi, dengan menggunakan link e-Bupot DJP online ini segala informasi dan bukti pemotongan akan tersimpan dengan aman pada sistem administrasi resmi Ditjen Pajak. Aplikasi yang satu ini turut membantu dalam memudahkan proses pelaporan SPT yang dilakukan secara online. Bahkan pelaporannya pun dilakukan secara real-time. Menarik bukan?

Nah setelah mengetahui apa itu e-Bupot, apakah Anda sudah mendapatkan gambarannya? Jika sudah, selanjutnya Anda harus mengetahui apa saja kelebihan dari penggunaan aplikasi e-Bupot online yang satu ini.

7 Kelebihan Aplikasi e-Bupot Online

Ada beberapa manfaat dan kelebihan yang dirasakan dari penggunaan e-Bupot online ini, penasaran apa saja kelebihannya? Yuk simak informasinya di bawah ini.

1. Hemat Waktu

Sudah kita ketahui bahwa dengan menggunakan e-Bupot berbasis digital semua jenis kegiatan di bidang perpajakan akan lebih hemat waktu. Dengan menggunakan e-Bupot online Anda bisa membuat serta melaporkan SPT kapan saja dan dimana saja dengan mudah tanpa harus membuang waktu.

2. Dilakukan Kapan Saja dan Dimana Saja

e-Bupot adalah aplikasi berbasis online yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja. Dengan demikian, Anda pun bisa melakukan pelaporan SPT secara bebas tanpa terhambat oleh ruang dan waktu. Beda halnya jika Anda datang langsung ke tempat pajak, waktu dan tenaga akan lebih terkuras dam terbuang banyak.

3. Mudah

Selain kedua kelebihan aplikasi e-Bupot online di atas, aplikasi ini juga bisa diakses dengan mudah. Yang menariknya adalah proses pelaporan pajak dilakukan secara real time. Interface yang dimiliki oleh aplikasi pajak yang satu ini juga sangat user friendly, jadi Anda tidak perlu kebingungan saat menggunakannya. Anda hanya perlu menyiapkan apa saja syarat e-Bupot secara lengkap.

4. Aman

Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya bahwa e-Bupot online diresmikan langsung oleh DJP atau Direktorat Jenderal Pajak. Sehingga semua transaksi dan data yang Anda miliki akan aman tersimpan di database aplikasi, dan kebocoran aplikasi akan sangat kecil terjadi.

5. Tanda Tangan Elektronik

Berbeda dengan proses pemotongan pajak yang dilakukan secara offline, dengan menggunakan e-Bupot online akan membuat bukti pemotongan dengan tanda tangan secara elektronik. Anda pun jangan khawatir, karena semua proses pembayaran pajak hingga tanda tangan dilakukan secara digital yang aman sesuai dengan peraturan.

6. Memiliki Banyak Fitur

Tahukah Anda, bahwa aplikasi e-Bupot online memiliki banyak fitur yang tidak bisa Anda dapatkan dalam proses pembayaran pajak secara offline. Beberapa fitur tersebut, seperti adanya daftar bukti potong PPh 23/26, input bukti pemotongan dari Excel, membuat e-Bupot Pph 23/26, melihat status import file, melengkapi dokumen untuk pelaporan bukti potong, hingga adanya bulk bukti potong.

7. Bisa Melakukan Berbagai Proses Perjakan

Selain memiliki fitur yang bermanfaat, e-Bupot online juga memudahkan Anda untuk melakukan berbagai aktivitas, seperti proses hitung, e-Faktur, e-Billing, e-Filing, dan setor. Sehingga Anda tidak perlu jauh-jauh datang ke tempat pajak untuk melakukan hal-hal tersebut.

Beberapa keunggulan dari aplikasi e-Bupot tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat dan pemerintah Indonesia dalam perpajakan. Dan semoga informasi mengenai kelebihan aplikasi e-Bupot online di atas bisa membantu Anda.