French press adalah salah satu metode pembuatan kopi manual yang paling banyak digunakan di dunia. Cara pemakaiannya sangat mudah diaplikasikan dan rasa yang dihasilkannya juga enak. Meskipun alat pembuatan kopi modern lainnya muncul satu per satu, penggunaan french press tidak akan lekang oleh perkembangan zaman.

Meski begitu, tidak semua orang benar-benar paham bagaimana menggunakan french press untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Beberapa kesalahan sering terjadi sehingga kopi yang diseduh dengan brewer ini kurang memuaskan.

Berat Kopi dan Rasio Air yang Digunakan Tidak Seimbang

Sama seperti menyeduh dengan alat manual brewing lainnya, dalam French press proporsi air dan jumlah kopi yang digunakan juga harus seimbang. Memang setiap orang punya selera sendiri-sendiri saat membuat kopi.

Tetapi Anda harus mempertimbangkan keseimbangan kopi dan air. Idealnya rasio perbandingan kopi dengan air dalam metode ini adalah 1:10 atau minimal 1:12. Jika kopi terlalu banyak, hasilnya akan terlalu kuat. Sebaliknya jika air terlalu banyak maka rasa kopinya tidak akan terasa.

Level Gilingan yang Tidak Tepat

Saat menyeduh dengan French press, tingkat penggilingan yang ideal adalah medium hingga kasar. Sebaiknya gunakan penggiling terbaik agar setiap hasil gilingan biji kopi tepat dan konsisten karena lama kelamaan akan mempengaruhi cita rasa kopi yang dihasilkan. Pastikan juga gilingan pada level yang sesuai, karena jika terlalu halus kopinya akan terasa terlalu pahit dan jika terlalu kasar maka kopinya tidak akan terasa terlalu pekat atau menjadi asam.

Cara terbaik untuk mengetahui apakah tingkat penggilingan yang Anda gunakan terlalu halus atau terlalu tebal adalah dengan menekan plunger. Jika Anda menggunakan penggiling kopi yang terlalu halus maka akan sulit untuk menekan French press. Pada saat yang sama, jika terlalu kasar, mudah ditekan karena tidak ada tekanan.

Tidak Menghabiskan Kopi Langsung Setelah Selesai Diseduh

Banyak orang yang mengeluhkan bahwa French press cangkir kedua memiliki rasa kopi yang berbeda dengan cangkir pertama. Ini terjadi karena kopi yang tersisa di french press terus diekstraksi sehingga menghasilkan rasa pahit yang berbeda di cangkir pertama kopi. Ini adalah kesalahan sederhana yang sangat fatal.

Jika Anda tidak ingin segera menghabiskan kopi, Anda disarankan untuk memindahkan kopi ke cangkir lain. Karena jika ditaruh di French press, air yang mengenai kopi akan terus “bekerja” dan memberikan rasa yang berbeda sehingga lebih pahit yang jauh dari kata nikmat.

Untuk memudahkan anda membuat kopi sendiri di rumah selain menggunakan french press, anda bisa menggunakan mesin kopi dan kapsul kopi dari Nescafe Dolce Gusto yang juga menggunakan tekanan untuk menghasilkan rasa kopi yang nikmat apalagi penggunaannya juga lebih praktis.