Pada umumnya, dimana pun kita tinggal. Faksor kenyamanan selalu menjadi dasar utama untuk membuat penghuninya betah. Untuk itu lah kenapa saat memutuskan untuk memilih tempat tinggal, sebaiknya di pikirkan terlebih dahulu secara matang tentang kedepannya nanti.

Saat memutuskan untuk tinggal di kawasan perumahan dimana pun itu Entah perumahan di Jakarta, perumahan di tangerang, perumahan di daerah jawa, dan lain sebagainya. Pertimbangan dasarnya selalu sama. Selain di sesuaikan dengan kemampuan dana untuk membeli rumah, lokasinya yang strategis juga menjadi pertimbangan dasar. Semakin berada di pusat kota dan dekat dengan area publik, nilai belinya biasanya semakin mahal.

Tinggal di kawasan perumahan tentunya juga terdapat banyak plus dan minusnya. Dan semuanya balik ke diri masing – masing pribadi. Berikut berapa pertimbangan tentang keunggulan jika memilih tinggal di kawasan perumahan :

  1. Lebih rapi dan layak huni.

Kawasan perumahan, biasanya memiliki tata letak perumahan yang teratur. Bahkan tipe rumahnya jenderung sama jika belum di lakukan renovasi mandiri. Hal ini tentunya lebih enak di pandang. Dan membuat tinggal jadi nyaman. Selain itu, tinggal di area perumahan juga selalunya memiliki row jalan yang lebih luas.

  1. Mudahnya bertransaksi sosial antar tentangga.

Sebagian besar penghuni rumah yang tinggal di kompleks umumnya saling mengenal baik. Terlebih diarea kompleks biasanya sering ada kegiatan antara warganya. Ntah arisan mingguan, Kegiatan ibu pkk, ataupun kegiatan lainnya. Selain itu juga, budaya dalam bergotong royong lebih terasa saat tinggal di area perumahan. Bahkan saat tertimpa musibah, atau ada anggota keluarga yang meninggal, antar tetangga biasanya saling membantu tanpa di minta.

  1. Lebih aman

Saat tinggal di perumahan, untuk keamanan lebih terjamin. Kebanyakan setiap perumahan selalu menerapkah One gate system yang membuat orang yang lalu lalang masuk ke kawasan perumahan menjadi terpantu. Selain itu juga terdapat pos penjaga dimana keamanan juga menjadi tanggung jawab milik bersama.

  1. Fasilitas rumah hunian .

Ketika memutuskan untuk membeli rumah di kawasan perumahan, biasanya sudah layak huni. Termasuk untuk kebutuhan primer seperti listrik dan air sudah tersedia. Sehingga kita tidak perlu repot untuk mengurusnya.

Selain kelebihannya, tentunya juga terdapat kekurangan tingal di kawasan perumahan. Diantaranya :

  1. Rawan konflik antar tetangga.

Ini berlaku untuk orang yang bertentangga dengan orang – orang yang suka kepo terhadap urusan orang lain. Privasi juga tidak terlalu terjaga saat memutuskan tinggal di kawasan perumahan yang sering memicu konfil antar penghuninya.

  1. Fasilitas umum yang kurang lengkap.

Pihak pengembangan rumah biasanya hanya menyisihkan sedikit lahan kosong. Dan untuk fasilitas umum nantinya, itu akan menjadi kurang lengkap.

  1. Desain rumah yang monoton

Desain rumah antara satu dan lainnya selalu sama. Ini berlaku karna di kembangkan oleh satu Developer. Untuk merenovasinya biasanya juga tidak sembarangan dan masih terikat sesua dengan perjanjian saat membeli rumah.

Dalam memutuskan untuk memilih tempat tinggal, semuanya kembali kepada diri masing masing. Sebaiknya semua di pertimbangkan secara bijaksana dengan memperhatikan tentang kelebihan dan kekurangan tinggal di kawasan perumahan tersebut agar nantinya dapat tinggal dengan nyaman.