Jenis-Jenis Premi Asuransi Yang Dapat Anda Pelajari!

Jenis-Jenis Premi Asuransi Yang Dapat Anda Pelajari! – Tidak banyak orang membeli asuransi atas dasar pemahaman terhadap produk asuransi. Kebanyakan orang justru membeli asuransi tanpa memahami dengan jelas manfaat dan bentuk perlindungan yang akan didapat. Tentu saja hal ini dapat menimbulkan salah tafsir yang dapat menimbulkan kerugian di tengah atau di akhir saat asuransi berjalan. Satu hal yang sering luput dari perhatian adalah premi asuransi.

Anda setuju bahwa asuransi memang memiliki beberapa istilah yang terkadang membingungkan. Hal inilah yang membuat calon nasabah malas membaca isi polis, sehingga tidak memperhatikan semua ketentuan yang tertera di polis, termasuk mengenai premi. Jadi, apa saja jenis-jenis Premi Asuransi? Pada artikel kali ini kita akan membahasnya.

Apa Itu Premi Asuransi?

Premi asuransi adalah biaya yang menjadi tanggung jawab nasabah dan harus dibayar sesuai jumlah dan jangka waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Pembayaran premi ini umumnya dilakukan setiap bulan sesuai dengan waktu yang ditempuh, namun ada juga yang hanya dilakukan satu kali dalam jumlah besar. Hal-hal mengenai premi ditentukan sesuai dengan kesepakatan dan dituangkan dalam polis. Polis ini merupakan dokumen perjanjian yang telah disepakati antara tertanggung dan penanggung.

Jenis-Jenis Premi Asuransi

Berdasarkan jenisnya, premi asuransi terbagi menjadi beberapa jenis, seperti:

Premi Asuransi Kecelakaan Diri

Premi asuransi kecelakaan diri adalah biaya yang harus dikeluarkan atau dibayarkan untuk memperoleh jaminan yang menanggung segala risiko jika sewaktu-waktu terjadi kecelakaan pada pemegang polis atau nasabah. Umumnya, asuransi kecelakaan diri terdiri dari 2 pilihan premi, yaitu premi perlindungan saat berlibur yang menjamin nasabah selama berlibur dan premi asuransi kecelakaan saat berkendara yang menanggung risiko jika terjadi kecelakaan sepeda motor atau mobil.

Premi Asuransi Perjalanan

Jenis premi yang kedua adalah premi asuransi perjalanan. Premi ini menjamin perlindungan finansial saat Anda bepergian, baik internasional maupun domestik. Jenis asuransi ini sangat cocok bagi Anda yang sering melakukan perjalanan jauh, terutama untuk keperluan pekerjaan. Umumnya premi untuk perlindungan dalam perjalanan ini hanya dibayarkan satu kali yaitu pada saat membeli tiket perjalanan.

Premi Asuransi Kesehatan

Premi asuransi kesehatan memberikan jaminan atas perlindungan kesehatan nasabah. Jika Anda membayar premi asuransi kesehatan, maka semua biaya pengobatan jika sewaktu-waktu Anda sakit akan ditanggung oleh asuransi.

Jumlah yang ditanggung tergantung dari berapa besar premi yang dibayarkan setiap bulannya dan produk asuransi kesehatan apa yang diambil. Tentunya membayar premi perlindungan kesehatan setiap bulannya jauh lebih murah dibandingkan dengan membayar biaya pengobatan yang terus meningkat dari waktu ke waktu.

Demikian ulasan artikel tentang Jenis-Jenis Premi Asuransi Yang Dapat Anda Pelajari! Semoga bermanfaat.

Kunjungi Blog kang Mustakim juga ya.