Konsultan bisnis adalah profesi yang tidak mudah. Karena itu tidak mudah mencari seorang jasa konsultasi bisnis di Yogyakarta. Seorang konsultan harus memiliki keahlian khusus di bidang bisnis, dan keahlian tersebut dapat diaplikasikan di semua jenis bidang bisnis.

Karena itu, tingkat keahlian seorang konsultan bisnis sangat dipengaruhi oleh jam terbang mereka dalam memberikan jasa konsultan bisnis – mulai dari tahap awal – hingga eksekusi penanganan akhir di lapangan.

Misalnya jika ingin Anda ingin membangun sebuah bisnis di Yogyakarta dan meminta bantuan konsultasi, seorang konsultan bisnis harus dapat memberikan gambaran bisnis apa saja yang dapat Anda tekuni.

Dengan melihat minat dan keahlian dasar Anda, seorang konsultan bisnis dapat membantu mengarahkan Anda pada pilihan peluang yang ada. Misalnya apakah akan memilih bisnis online atau selain itu.

Jika di luar itu, usaha apa saja yang sekiranya cocok untuk Anda, apakah bisnis UMKM dengan modal minim, atau karena telah memiliki modal yang cukup banyak – Anda ingin langsung membangun perusahaan yang besar dan auto pilot sehingga menjadi passive income di hari tua.

Jika sudah menentukan pilihan bisnis, Anda akan dituntut untuk mampu menentukan manajemen apa yang diterapkan nantinya, yang semua sangat bergantung pada jenis usaha atau perusahaan yang ingin dikembangkan. Di sinilah Anda akan membutuhkan konsultan manajemen dan atau konsultan perusahaan.