Air kelapa merupakan salah satu minuman yang disukai saat cuaca panas. Rasanya yang segar dan manis menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap orang. Tak terkecuali bagi ibu hamil karena manfaat minum air kelapa saat hamil cukup banyak. Lebih dari itu air kelapa juga bisa dimanfaatkan sebagai minuman alami pengganti cairan tubuh.

Air kelapa memiliki kandungan elektrolit tinggi yang dapat memenuhi cairan tubuh. Terutama bagi ibu hamil yang membutuhkan energi dan cairan berlebih selama masa kehamilannya. Banyak sekali mitos yang mengatakan jika air kelapa tak boleh diberikan pada ibu hamil. Padahal, air kelapa memiliki sejuta manfaat asalkan dijalankan sesuai dengan aturan yang ada.

Manfaat Air Kelapa

Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari minum air kelapa saat hamil. Manfaat ini tak hanya berfungsi sebagai pemenuh energi saja namun juga memiliki manfaat dari segi kesehatan janin dan ibunya. Berikut manfaat yang bisa didapatkan dengan konsumsi air kelapa selama kehamilan.

1.     Menambah Energi

Manfaat pertama minum air kelapa bagi ibu hamil adalah dapat menjadi sumber energi tubuh. Air kelapa memiliki beberapa mineral penting seperti klorida, kalsium, kalium yang menjadi mineral paling dibutuhkan bagi ibu hamil. Tak hanya itu, air kelapa juga memiliki kandungan elektrolit tinggi, serat, vitamin C, dan juga mangan yang bagus bagi kebutuhan nutrisi selama kehamilan.

2.     Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Kandungan kalium yang terdapat pada air kelapa dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular. Bagaimana tidak, kalium dapat mengatur tekanan darah dari tidak normal menjadi normal. Selain itu, air kelapa juga dapat meningkatkan HDL atau yang biasa dikenal kolesterol baik. Sehingga selain mendapatkan kesegaran juga akan mendapatkan manfaat kebaikannya bagi kesehatan.

3.     Mencegah Dehidrasi

Elektrolit alami kadang banyak terbuang pada ibu hamil saat pagi hari sebagai akibat morning sickness. Sehingga diperlukan elektrolit tambahan untuk mengembalikan sesuai kadarnya. Salah satu cara cepatnya adalah dengan mengonsumsi air kelapa dengan kandungan elektrolit yang tinggi. Anda dapat meminum secara rutin air kelapa dua kali sehari untuk memenuhi cairan tubuh.

4.     Mencegah Gangguan Pencernaan

Sembelit kerap kali menjadi masalah yang menghampiri ibu hamil. Jika tak segera diselesaikan, maka berbagai macam kotoran dapat menumpuk di organ pencernaan dan lama kelamaan dapat menimbulkan penyakit. Air kelapa dapat berfungsi sebagai antibiotik untuk melawan bakteri pengganggu di saluran pencernaan.

Minum air kelapa saat hamil akan memberikan banyak manfaat bagi calon ibu dan janin dalam kandungan sebagaimana halnya yang sebelum ini Anda dapatkan dari info bayi. Hanya saja, pastikan untuk tidak meminumnya secara berlebihan, ya. Pasalnya, segala sesuatu yang diminum secara berlebihan justru dapat memperburuk keadaan. Selain itu, konsumsi air kelapa bagi ibu hamil juga tak boleh dicampur dengan bahan lain seperti gula atau pemanis buatan lainnya.