Bisnis online ialah pilihan bisnis yang tepat untuk wirausahawan baru yang tidak mempunyai banyak modal. Tertarik untuk bisnis online? Baca dahulu langkah pertama bisnis online berikut supaya bisnismu lancar!

Inilah Langkah Awal Memulai Bisnis Online

Langkah Awal Bisnis Online

Cara 1: Buat Struktur Bisnis

Langkah awal yang perlu diambil saat mengawali bisnis online atau usaha apa saja ialah memutus susunan usaha. Adanya susunan usaha, usahamu makin lebih terorganisir dan semua paham apa pekerjaan mereka. Atau bila kamu memang ingin membuat usaha kecil sendiri, kamu harus mengatur semua hal sendiri.

Cara 2: Tentukan Barang atau Jasa yang Ditawarkan

Bagaimanakah cara tentukan barang atau layanan yang akan tokomu pasarkan? Kamu dapat pikirkan hoby dan kegemaranmu. Tentukan barang atau layanan yang betul-betul kamu jalani dan ketarik di bagian itu.

Cara 3: Tentukan Nama Toko

Langkah pertama usaha online setelah itu pilih nama toko. Untuk pilih nama yang pas untuk usaha kamu sangat penting, maka janganlah sampai diburu-buru. Pilih nama terbaik yang menggambarkan usaha kamu.

Sesudah kamu telah memperoleh nama toko, kamu langsung bisa search di Google nama itu untuk pastikan nama itu belum diambil toko lain hingga meminimalkan ada konsumen yang bingung.

Cara 4: Ketahui Target Market

Ketahui sasaran pasar ialah hal paling penting dalam usaha. Kenali kemauan dan keperluan mereka dan cari info bagaimanakah cara mencapai mereka, seperti dari media sosial atau e-mail. Makin baik kamu mengenali sasaran pasarmu, makin sukses juga usahamu!

Cara 5: Beli Domain

Nama domain ialah nama unik yang dipakai sebagai alamat di internet. Banyak yang telah sediakan service register nama domain, dan prosesnya benar-benar gampang. Harga juga bermacam dimulai dari murah sampai benar-benar mahal. Yang penting kamu kerjakan ialah membuat account di website yang tawarkan service, cari domain yang ingin kamu daftarkan dan bayar ongkos tahunannya.

Bila kamu tidak mau beli domain, kamu bisa juga jualan di e-commerce seperti Tokopedia. Lebih gampang dan gratis!

Cara 6: Atur Keuangan Anda

Untuk mengawali usaha online Anda harus buka rekening khusus untuk usaha. Ini dibutuhkan untuk pisahkan di antara uang individu dan uang usaha supaya tidak ada kesalahan dan untuk lebih gampang hitung di saat tutup buku.

Cara 7: Tokomu Siap Dibuka!

Bila kamu telah berhasil kerjakan 6 cara di atas, tokomu siap dibuka! Yang kamu perlu lakukan ialah kerja keras. Tidak ada bisnis sukses yang dibikin dengan gampang, semua perlu kerja keras dan ketekunan.