Cara Membuat SIM Online, Mudah Banget! 

SIM atau Surat Izin Mengemudi merupakan sala satu syarat wajib yang harus dimiliki setiap pengendara kendaraan bermotor. Jenis SIM yang dimiliki pun harus disesuaikan dengan jenis atau golongan kendaraan yang digunakan. Dalam proses pembuatannya saat ini SIM sudah bisa dibuat secara online.

Cara membuat SIM online ini juga bisa menggunakan dua cara yaitu bisa lewat website resmi dari Korlantas Polri ataupun bisa lewat aplikasi ‘Sinar’ yang bisa di download di Google Play Store ataupun App Store. Nantinya proses dan tahapan pembuatan SIM online menggunakan dua platform ini juga tidak beda jauh dan intruksi yang diberikan pun cukup mudah dimengerti oleh pengguna baru.

Namun yang disayangkan dari pembuatan SIM online ini yaitu permohonan pembuatan untuk SIM A dan SIM C masih terbatas karena pemohon masih harus melakukan ujian praktik di polres setempat. Sampai saat ini pemohon hanya baru bisa sampai ke tahap melakukan ujian teori lewat aplikasi online tersebut.

Jika anda melakukan pengajuan pembuatan SIM online lewat website resmi dari Korlantas Polri, maka anda bisa mengikuti cara dan langkah – langkah berikut ini :

  1. Buka situs resmi Polri di http:// sim.korlantas.polri.go.id, lalu pilih menu “pendaftaran SIM online”.
  2. Selanjutnya pilih menu ‘Mulai’ dan isi data diri anda di menu ‘Data Permohonan’
  3. Pilih menu lanjut lalu masukan data pribadi termasuk NIK, nomor telfon, dan data kewarnegaraan lainnya.
  4. Masukan nomor telefon lain yang dapat dihubungi jika pemohon dalam keadaan yang mendesak.
  5. Selanjutnya konfirmasi data yang telah diinput dan pilih tanggal kedatangan untuk membuat SIM.
  6. Lakukan proses verifikasi sampai terkirim verifikasi ke email anda.
  7. Selanjutnya lakukan pembayaran di ATM, EDC, ataupun teller Bank BRI sesuai dengan lampiran biaya yang tertera.
  8. Anda bisa langsung mendatangi Satpas SIM di Polres kota anda dan memberikan berkas tambahan seperti surat keterangan sehat dan lampiran jadwal dari registrasi online yang telah dilakukan.
  9. Ikuti tes seperti uji teori, uji praktik, dan uji keterampilan di Simulator sampai berhasil mendapatkan SIM

Sedangkan jika anda melakukan pembuatan SIM online melalui aplikasi pembuatan SIM “Sinar” anda bisa mengikuti cara dan langkah – langkah berikut ini :

  1. Pertama anda diharuskan untuk mendownload atau mengunduh aplikasi “Sinar” di Google Play Store untuk pengguna Andorid dan di App Store untuk pengguna Iphone.
  2. Selanjutnya melakukan verifikasi nomor Handphone dengan memasukan kode OTP yang dikirim lewat sms atau juga telefon yang masuk.
  3. Selanjutnya melakukan registrasi menggunakan NIK.
  4. Lalu melakukan Face Recognition.
  5. Kemudian pilih menu jenis pengajuan SIM baru.
  6. Lalu pilih menu pembayaran PNBP SIM baru.
  7. Lalu setelah itu anda akan masuk ke sesi ujian teori online yang dimulai dengan simulasi contoh pengerjaan soal agar anda tidak salah intruksi.
  8. Setelah melakukan uji teori, jika lulus anda akan mendapatkan QR code. Sedangkan jika tidak lulus maka anda harus mengulang ujian teori tersebut dengan mengulang menu sebelunya.
  9. Lalu pilih menu Satpas.
  10. Terakhir pilih jadwal ujian praktik untuk melakukan ujian praktek yang dilakukan di Polres setempat.

Anda bisa menggunakan fasilitas pembuatan SIM online melalui dua platform diatas, and bisa memilih untuk menggunakan platform manapun karena hasilnya pun akan sama saja dan baru sebatas sampai tahap ujian teori.