Manfaat Energi Matahari bagi Alam, Hewan dan Manusia | Popmama.com

Tuhan telah menciptakan semesta ini dengan segala kesempurnaannya, mulai dari hal terkecil yang tak terlihat sampai hal yang besar sekalipun semuanya diciptakan dengan sangat sempurna. Dari banyaknya ciptaan Tuhan, matahari menjadi salah satu ciptaan Tuhan yang paling menakjubkan karena matahari dapat memberikan banyak sekali manfaat untuk kehidupan di semesta ini.

Matahari sendiri merupakan salah satu bintang terbesar yang ada dalam tatanan galaxy atau tata surya. Hal yang menjadikan matahari ini menjadi luar biasa karena matahari terbuat dari medan magnet dan juga plasma panas. Dari dua kompone itulah yang akhirnya menjadikan matahari sebagai bintang paling terang, paling besar, dan juga paling bermanfaat bagi alam semesta.

Bahkan meski matahati memiliki jarak yang sangat jauh ke bumi yakni sekitar 140 juta km, tapi tetap saja matahari memberikan sejuta manfaatnya bagi seluruh penduduk bumi dan alamnya. Lalu kira – kira apa saja manfaat matahari bagi alam dan juga seluruh penduduk di bumi? Berikut ini beberapa manfaat yang dirasakan.

  1. Menjadi sumber energi yang tidak ada batasnya

Pancaran sinar yang diberikan matahari dan tidak pernah redup itulah yang rupanya menjadi sumber energi yang tidak ada batasnya. Dengan sinar dari matahari maka manusia bisa melakukan aktivitas dengan leluasa tanpa bantuan lampu. Selain itu juga sudah banyak tenaga pembangkit listrik yang menggunakan tenaga sinar matahari, sehingga matahari cocok disebut sebagai sumber energi yang tidak ada habisnya.

  1. Menjadi sumber penerangan di bumi

Dengan cahaya matahari yang memancar akhirnya bisa membuat setiap sudut bumi menjadi terang. Karena jika tidak ada matahari atau bantuan pencahayaan lainnya maka bumi akan gelap gulita dan manusia menjadi sulit dalam melakukan aktivitas sehari – harinya.

  1. Membantu dalam siklus terjadinya air, angin, dan hujan

Manfaat lainnya yang bisa dirasakan dari matahari adalah sinarnya dapat membantu siklus terjadinya air, angin dan hujan. Panas matahari akan membantu proses penguapan air yang nantinya bisa menjadi air di daerah berbeda, angin, dan juga hujan yang turun.

  1. Menjadi sumber vitamin bagi makhluk hidup

Selain bisa memberi manfaat pada alam ternyata sinar matahari ini juga bisa memberi manfaat bagi makhluk hidup. Kandungan vitamin D yang ada dalam sinar matahari bisa membantu makhluk hidup dalam memebuhi kebutuhan vitamin harian yang tentunya bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh.

  1. Memiliki peran dalam pergantian musim

Ternyata peran sinar matahari juga berperan dalam siklus pergantian musim. Meski ada 4 musim yang tidak selamanya musim panas, namun pergantian setiap musim tidak luput dari energi matahri. Itu karena panas yang keluar dari sinar matahari dapat membuat adanya perbedaan suhu di setiap daerah yang akhirnya membuat tiap sisi dunia memiliki musim yang berbeda.

  1. Menjadi sumber energi bagi proses fotosintesis

Sinar matahari juga ternyata memiliki manfaat untuk menjadi energi pada proses fotosintesis. Karena jika tanaman tidak terkena sinar matahari sama sekali maka tanaman akan layu dan kemudian mati. Itulah mengapa tanaman selalu membutuhkan sinar matahari untuk membantu proses fotosintesis.

  1. Membantu proses pengeringan tanah

Matahari juga membantu proses pengeringan tanah yang dimana jika tanah mengering maka bisa membentu proses pertumbuha dari beberapa jenis tanaman. Karena memang tidak semua tanaman cocok ditanam di kondisi tanah yang lembap.