Danganronpa ialah franchise games visual-novel kreasi Kazutaka Kodaka yang di-launching oleh Spike Chunsoft semenjak tahun 2010. Pada dasarnya Danganronpa berawal dari satu kelompok pelajar SMA dan beruang misteri yang menggerakkan beberapa pelajar itu turut serta di dalam permainan sadis yang bengis.

Dan sampai saat ini games dengan storyline menarik itu telah berkembang jadi 4 seri games, anime, manga dan light novel. Nach untuk kamu beberapa fans anime yang ingin coba pahami keseluruhnya narasi dari Danganronpa lewat anime, ini kali kami telah menyiapkan posisi anime Danganronpa yang betul. Ingin tahu? Turuti terus artikel ini ya!

Berikut Urutan Seri Menonton Anime Danganronpa Agar Mudah Dipahami

The Animation ialah posisi anime Danganronpa pertama yang disebut hasil penyesuaian singkat dari games seri pertama Danganronpa: Pemicu Bahagia Havoc. Seperti yang terjadi dalam games, seri ini bermula dari Makato Naegi, seorang pelajar SMA biasa yang memenangi sebuah undian untuk masuk ke sekolah prestise yang berisi siswa-murid dengan bakat mengagumkan yakni, Hope’s Peak High School.

Sesudah dia masuk ke sekolah itu, dia berjumpa dengan satu ekor beruang misteri namanya Monokuma. Beruang itu berbicara jika dia dan rekan sekelasnya terjerat dalam sekolah ini untuk selama-lamanya apabila mereka menyalahi ketentuan, karena itu nyawa bisa menjadi bayarannya. Salah satu jalan agar bisa bisa lolos dari sekolah itu dengan membunuh pelajar lain tanpa dijumpai oleh siapa saja.

Sayang seri Danganronpa ke-2 tidak ada dalam versus anime. Lanjutan dari seri awalnya cuman ada pada wujud games . Maka agar bisa pahami alur ceritanya lebih terang, benar-benar dianjurkan untuk bermain atau melihat gameplay dari Danganronpa 2: Goodbye Despair dan Danganronpa Another Adegan: Ultra Despair Girls saat sebelum melihat Danganronpa seri ke-3 ini.

Danganronpa 3: The End of Hope’s Peak High School – Future Arc sendiri menceritakan mengenai lanjutan pas sesudah games ke-2 usai. Di mana waktu itu Makato Naegi dan beberapa siswa kelas 78 yang sukses keluar Hope’s Peak Academy tergabung dengan sebuah organisasi namanya Future Foundation.

Saat semua jalan secara lancar, Makoto Naegi malah diamankan dengan dakwaan mengkhianati organisasi karena bela barisan lawan yaitu Remnants of Despair. Saat hukuman buatnya akan ditetapkan, mekanisme keamanan Organisasi diretas oleh Monokuma. Beruang itu lalu umumkan jika “killing games” baru telah diawali dan Organisasi ini mau tidak mau harus menyelesaikannya.

Nach untuk melihat seri ini sebetulnya cukup triky, karena kalian harus melihat adegan 1 dari Future Arc, lalu dilanjut dengan adegan 1 Despair Arc, kembali lagi ke adegan 2 ke-2 dari Future Arc, selanjutnya dituruti dengan adegan 2 Despair Arc dan sebagainya.

Bila Future Arc bercerita mengenai lanjutan masa datang, dalam seri Despair Arc pemirsa akan dibawa ke belakang saat sebelum seri pertama Danganronpa diawali. Lewat Despair Arc, pemirsa akan menyaksikan bagaimana backstory dari beberapa pemain inti Danganronpa 2 saat mereka masih duduk di kelas 77-B Hope’s Peak Academy dan bagaimana narasi mereka beralih menjadi Remnants of Despair.

Cerita mereka bermula dari Chisa Yukizome seorang alumni Hope’s Peak Academy dengan tittle Former Super High School-Level Housekeeper sebagai wali kelas baru untuk kelas 77-B di sekolah lama waktunya. Individu Chisa yang cerah, semangat dan mahir sanggup memberi keinginan baru dengan membuat siswa-murid kelas itu jadi lebih perduli dengan keduanya.

Di lain sisi, Hajime Hinata sebagai siswa biasa yang masuk sebagai Reverse Cource Student di sekolah itu. Hajime tidak mempunyai talenta super dan dia benar-benar mengharap untuk jadi sisi dari kelompok anak-anak berbakat yang berada di Main Course.

Satu hari dia berjumpa dengan dengan siswa dari kelas 77-B Chiaki Tanami yang disebut Super High School-Level Gamer. Mereka berdua mulai jadi dekat dan Chiaki memberi penglihatan hidup baru yang sarat dengan keinginan kepadanya.

Tetapi dibalik itu, beberapa elit berkuasa disekolahnya berencana project kejam yang hendak membuat Hope’s Peak School bahkan juga penjuru dunia menyerah. Dan perlahan-lahan keinginan-harapan baru itu beralih menjadi keputusasaan.

Untuk melihat adegan pertama dari seri Despair Arc, awalnya kalian harus melihat adegan 1 Future Arc. Lantas, kembali lagi ke adegan ke-2 Future Arc, selanjutnya berlanjut ke adegan 2 Despair Arc dan sebagainya.

Hope Arc sebagai entri paling akhir dari seri Danganronpa 3: The End of Hope’s Peak High School. Meneruskan peristiwa paling akhir yang terjadi dalam Future Arc, Hope Arc diawali dari bagaimana berantakannya Future Foundation sesudah Final Killing Games dan aktor sebetulnya tersingkap.

Lalu, saat plot makin menghangat salah satunya anggota yang selamat berusaha untuk singkirkan “despair” dari dunia dengan coba membersihkan otak beberapa orang dengan “video hope”.

Anggota Future Foundation yang lain yang selamat harus bekerja bersama untuk menghentikannya. Dan untungnya mereka memperoleh kontribusi tidak tersangka dari satu kelompok sekutu. Mereka bekerja bersama, berlomba sama waktu buat hentikan peralihan yang hendak terjadi di dunia mereka.

Pucuk cerita dari seri Hope Arc sebagai konklusi dari keseluruhnya dunia Danganronpa dari seri awalnya Pemicu Bahagia Havoc. Danganronpa seterusnya yaitu Danganronpa V3: Killing Harmony bisa menjadi awalnya dari alternate universe Danganronpa yang baru.

Super Danganronpa 2.5 ialah OVA yang urutankal waktu terjadi sesudah Danganronpa 2 dan sebagian dari peristiwa OVA itu berjalan sepanjang Danganronpa 3 saat sebelum Hope Arc. Oleh karena itu, supaya tidak bingung, banyak yang merekomendasikan melihat OVA ini diakhir sebagai kilas balik.

Dalam Super Danganronpa 2.5, Nagito Komaeda ambil peranan sebagai figur khusus. Dia dilukiskan sebagai pelajar biasa di Hope’s Peak Academy yang tidak mempunyai karakter atau kekuatan yang khusus. Kekuatan salah satu yang dia punyai cuman ketidakberuntungannya.

Walau demikian, Nagito masih tetap jalani hidupnya secara normal dan senang dengan kebahagiaan simpelnya. Tetapi, semua berbeda saat lelaki misteri yang mengumumkan dianya sebagai “Destroyer of the World” ada dan merusak kebahagiaan simpelnya.

Nach itu ia posisi melihat anime Danganronpa supaya kalian bisa pahami keseluruhnya ceritanya secara utuh. Mudah-mudahan sesudah membaca artikel ini kalian tidak kebingungan kembali ya! Maka bagaimana apa kalian berminat untuk melihat semua seri Danganronpa?

 

Baca Juga streaming anime