Ini Dia Bahaya Makan Daging Kambing Berlebihan

Ketika hari raya idul adha dan idul fitri akan terdapat daging kambing ,biasanya diolah menjadi gulai kambing , sate kambing , rending ,sop ,dan masih banyak lagi olahan yang berasal dari daging kambing . Nah daging kambing sebenarnya memiliki berbagai manfaat bagi tubuh kita ,namun dibalik terdapat manfaatnya itu daging kambing juga memiliki bahaya yang akan terjadi jika kita memakan daging kambing secara berlebihan.

Nah berikut  ini adalah beberapa bahaya yang akan terjadi jika kita memakan daging kambing dengan berlebihan ,yaitu:

1.Penyemptan Pembuluh Darah Dalam Otak

Yang  pertama  ,Sebuah Daging merah jika dikonsumsi terlalu berlebihan berpotensi meningkatnya kadar kolesterol. Kadar kolesterol yang tinggi menyebabkan menyempitnya pembuluh darah dalam otak, sehingga akan membuat gampang lupa dan kesulitan dalam mengambil keputusan.

2.Gagal Ginjal

Bahaya makan daging kambing secara berlebihan berikutnya yang perlu diketahui yakni meningkatkan risiko gagal ginjal. Sebuah penelitian dari Sekolah Kedokteran di Singapura menyebutkan bahwa 25% responded yang mengkonsumsi daging merah berisiko tinggi terkena gagal ginjal.

3.Kanker

Bahaya daging kambing yang perlu kamu tahu jika terlalu banyak mengkonsumsi yakni berpotensi terkena kanker. WHO menyampaikan pada Oktober 2015 lalu, bahwa daging kambing bersifat karsinogenik, yang artinya meningkatkan risiko kanker.

4.Jantung

Makan daging kambing berlebihan dapat meningkatnya risiko penyakit jantung. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa pria yang mengkonsumsi daging merah lebih dari 75 g per hari berisiko tinggi terkena gagal jantung.

5.Sembelit

Meski daging kambing kaya akan protein, namun jika terlalu berlebihan mengkonsumsinya akan menyebabkan kondisi pencernaan kurang baik atau menyebabkan sembelit. Sebab daging kambing ini salah satu jenis makanan yang butuh kerja ekstra bagi usus untuk mengeluarkannya.

Selain terdapat bahaya saat memakan daging kambing secra berlebihan ,mengkomsumsi daging kambing dengan takaran yang cukup akan membrikan manfaat bagi kita yaitu :

1.Mencegah Anemia

Daging kambing diklaim dapat mencegah gejala anemia defisiensi besi dan anemia megaloblastik. Sebab, kandungan gizi daging kambing kaya akan vitamin B12, folat dan zat besi. Kedua nutrisi ini mampu membantu tubuh memproduksi cukup sel darah merah.Sel darah merah akan mengangkut oksigen serta beragam nutrisi penting dan mengedarkannya ke seluruh organ tubuh agar tetap berfungsi optimal.

2.Mengurangi Depresi

Daging kambing diklaim dapat mencegah gejala anemia defisiensi besi dan anemia megaloblastik. Sebab, kandungan gizi daging kambing kaya akan vitamin B12, folat dan zat besi. Kedua nutrisi ini mampu membantu tubuh memproduksi cukup sel darah merah.Sel darah merah akan mengangkut oksigen serta beragam nutrisi penting dan mengedarkannya ke seluruh organ tubuh agar tetap berfungsi optimal.

3.Menjaga kesehatan tulang

 Manfaat daging kambing yang satu ini berasal dari beragam mineral yang terkandung, yakni kalsium, kalium, dan fosfor.Berdasarkan penelitian yang diterbitkan pada Nutrition Journal, fosfor dan kalsium adalah mineral yang membantu menjaga kepadatan tulang agar tetap kuat. Mineral ini juga membantu menyusun pembentukan tulang.Sementara, dikutip dari jurnal Osteoporosis International, daging kambing kaya akan kalium yang juga bermanfaat untuk tulang.Sebab, kalium membantu menetralkan kadar asam pada tubuh sehingga tetap terjaga.

4.Mengurangi risiko kanker

 Khasiat daging kambing yang satu ini berasal dari kandungan selenium. Per 100 gram daging kambing mampu memenuhi sekitar 36,6% kebutuhan selenium harian kita.Dikutip dari jurnal Cochrane, selenium berfungsi sebagai antioksidan dalam mencegah kanker. Antioksidan berfungsi untuk melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas penyebab kanker.Namun, sama seperti di atas. Perlu ditekankan lagi bahwa fungsi pencegahan risiko kanker hanya spesifik ditemukan pada kandungan mineralnya, bukan daging kambingnya. Terlebih proses memasak dapat mengurangi kadar antioksidan pada daging. Teknik memasak dengan pembakaran, seperti pada barbekyu dan sate, juga sejak lama dilaporkan justru dapat meningkatkan risiko kanker.Menurut penelitian terbitan Journal of the National Cancer Institute, daging yang dibakar akan menghasilkan kandungan karsinogenik (pemicu kanker) yang bernama polycyclic aromatic hydrocarbon.

Nah itu dia beberapa penjelasan serta berbagai macam bahaya yang timbul pada tubuh kita apabila mengkomsumsi daging  kambing secara berlebihan beserta beberapa manfaatnya bagi tubuh kita ,semoga bermanfaat.

Baca Juga : Kambing Aqiqah