Pantai Menganti Kebumen - 10 Lokasi Wisata, Rute, dan Tiket

Pantai menganti ini ada di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Pantai yang satu ini adalah pantai yang punya pemandangan yang sangat indah untuk pantai selatan.

 

Keindahan Pantai Menganti Kebumen

Pantai yang satu ini cukup terkenal dengan air laut yang jernih dan alam sekitar yang indah. Di provinsi jawa tengah pantai yang satu ini menjadi pantai yang sangat indah. Bahkan keindahan yang dimiliki oleh pantai ini disamakan dengan pantai yang ada di Selandia Baru.

Bentangan dari tebing karst menjadikan pantai yang memiliki pasir putih ini bisa membuat mata Anda menjadi lebih sejuk. Jika Anda datang kesini Anda bisa menikmati pemandangan yang sangat menawanuntuk spot sunrise atau untuk sunset.

Di tempat ini juga ada jembatan merah yang memang sengaja disediakan untuk jadi spot foto apalagi saat sunrise atau saat sunset. Di tempat ini juga terdapat beberapa spot yang sangat Instagramable diantaranya:

  1. Lembah Menguneng

Tempat ini merupakan spot foto yang memperlihatkan pemandangan pantai yang lebih luas.

  1. Balon Udara

Di tempat ini Anda bisa naik balon udara dan menikmati sensasi terbang dengan balon udara. Jika Anda ingin menaiki balon udara ini Anda hanya perlu membayar Rp 15.000.

  1. Sepeda Gantung

Jika Anda ingin menguji adrenalin Anda, silahkan naik sepeda gantung dan jangan lupa abadikan foto Anda saat menaikinya.

  1. Bukit Sigatel

Bagi pengunjung yang memiliki hobi mendaki cobalah untuk medaki bukit sigatel. Jika ingin mendaki bukit ini Anda tidak perlu mengeluarkan biaya apapun.

  1. Tanjung Karang Bata

Objek wisata yang selanjutnya ini adalah sebuah gunung api purba yang memiliki pemandangan yang cukup menarik. Jika datang ke tempat ini Anda bisa merasakan sejuknya angina yang berhembus disana.

 

Legenda Pantai Menganti

Pada jaman dulu ada sebuah cerita yang berkembang di masyarakat jika ada seorang panglima kerajaan dari majapahit yang melarikan diri ke pesisir selat jawa. Hal tersebut karena hubungan dirinya dengan kekasihnya ini tidak direstui oleh raja. Kemudian mereka ini sepakat untuk bertemu di tepi samudera di pantai yang punya pasir putih.

Setiap hari sang panglima ini terus menantikan sang pujaan hati datang tapi ternyata sang pujaan hatinya ini malah tidak datang. Maka dari itu pantai ini di beri nama pantai menganti. Yang artinya “menanti”. Pantai yang satu ini juga memiliki mitos yang cukup mirip dengan pantai Parangtritis yang ada di Yogyakarta, yaitu jika berkunjung ke pantai ini sebaiknya jangan menggunakan baju yang berwarna hijau.

 

Harga Tiket Masuk

Objek wisata yang satu ini bukanlah objek wisata yang mahal, jika berkunjung kesini Anda hanya perlu membayar tiket sebesar Rp 10.000. biaya tersebut sudah termasuk biaya untuk parkir. Jika Anda sudah memarkirkan kendaraan Anda, nanti aka nada mobil shuttle yang membawa Anda untuk keliling ke objek wisata yang ada disana.

 

Rute ke Pantai Menganti

Jika Anda melakukan perjalanan dari kota kebumen Anda ini harus menempuh jarak sekitar 40 km dan dalam waktu 60 menit saja. Anda akan melalu perjalanan ke arah selatan dan rute yang akan Anda ikuti ini adalah Kebumen-Petanahan-Puring- Karangbolong-Menganti. Selain rute tersebut Anda juga bisa melewati rute lainnya yaitu Kebumen-Gombong dan masuk ke arah Jatijajar. Untuk arah tempurnya sama-sama 60 menit saja.

 

Jam Buka Pantai Menganti

Pantai yang satu ini buka selama 24 jam, jadi para wisatawan ini bisa dengan bebas datang ke pantai ini kapanpun. Waktu terbaik untuk datang kesini adalah pada saat sunrise dan pada saat sunset.