Hemat Kuota Hp Android Telkomsel

7 Tips Hemat Kuota Hp Android agar Awet

 

Tips hemat kuota hp Android berikut perlu disimak khususnya bagi Anda yang sangat aktif mengakses internet. Dengan begitu, Anda jadi bisa lebih mengirit anggaran untuk membeli pulsa dan berlangganan paket data.

Kuota atau mobile data hp sangat penting dibutuhkan agar pengguna dapat menggunakan aplikasi dan mengakses internet di dalamnya.

 

Harga paket data internet setiap provider cukup bervariasi. Ada yang menawarkan paket harian, mingguan, hingga bulanan.

 

Kunjungi website kami untuk Convert Pulsa di Bagipulsa.co.id dan juga kunjungi website kami disini !

 

Seringkali kuota yang sudah dibeli tidak cukup untuk menunjang kebutuhan internet bulanan sehingga Anda jadi harus membelinya berulang kali dan rela mengeluarkan biaya tambahan.

 

 

 

Cara Hemat Kuota Internet Hp

Agar kuota di hp Android tetap hemat dan tidak boros biaya, berikut tips yang dapat Anda coba seperti dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Memanfaatkan koneksi WiFi

Memanfaatkan koneksi WiFi di tempat kerja, rumah, atau ruang publik lainnya bisa menjadi cara supaya kuota internet hp tetap hemat.

 

Dengan menggunakan WiFi, Anda dapat download aplikasi atau update sistem hp secara leluasa karena tidak perlu menyalakan mobile data.

 

Tips saat menghubungkan WiFi kantor dan ruang publik, pastikan tidak mengakses informasi sensitif, jangan mengaktifkan mode WiFi otomatis, dan cek nama Wifi yang tepercaya.

 

 

2. Memakai kuota seperlunya

Pemakaian kuota dalam waktu satu bulan penting dibatasi supaya anggaran membeli pulsa atau paket data tetap terkontrol.

 

Apabila per bulannya Anda hanya menyediakan kuota sebanyak 3,56 Gb, itu berarti pemakaian per hari internet rata-rata 118 Mb, tidak termasuk WiFi.

 

Selain itu, jangan menonton film atau mengakses video bedurasi panjang berjam-jam melalui hp Android kecuali memakai WiFi.

 

 

3. Cari paket kuota hemat

Alternatif lain supaya kuota hp Android tetap irit yaitu pilih paket data internet dengan harga terjangkau.

 

Biasanya setiap provider menyediakan promo atau penawaran menarik untuk berbagai jenis paket data yang disediakan.

 

Terlebih jika Anda pelanggan setia, rata-rata setiap bulannya selalu ada penawaran khusus yang dikirim provider melalui SMS. Jadi tidak ada salahnya memilih promo paket data ini.

 

Harga paket data internet setiap provider cukup bervariasi. Ada yang menawarkan paket harian, mingguan, hingga bulanan.

 

Seringkali kuota yang sudah dibeli tidak cukup untuk menunjang kebutuhan internet bulanan sehingga Anda jadi harus membelinya berulang kali dan rela mengeluarkan biaya tambahan.

 

 

4. Setop beberapa aplikasi tertentu

Tips hemat kuota hp Android selanjutnya yaitu menyetop beberapa aplikasi tertentu yang sekiranya tidak sering digunakan tapi menyedot kuota. Anda dapat menyortir aplikasi tersebut melalui opsi pengaturan di hp, kemudian menonaktifkannya.

 

Pertama buka Settings, klik Apps, cari aplikasi yang ingin dinonaktifkan sementara waktu dan klik, pilih menu Allow background data usage dan centang nonaktif.

 

 

5. Mematikan fitur update otomatis

Pada hp Android terdapat fitur update sistem otomatis. Terutama jika Anda mengaktifkan mode WiFi dan mobile data.

 

Di kondisi ini, disarankan hanya mengaktifkan mode WiFi saja supaya proses update sistem tidak menguras kuota utama.

 

Caranya buka Settings, gulir ke bawah dan cari opsi Software Update. Pada opsi Auto Download over WiFi atau mobile data bisa centang untuk dinonaktifkan.

 

 

6. Memanfaatkan aplikasi offline

Hp Android umumnya mempunyai aplikasi bawaan yang dapat digunakan secara offline sehingga tak membutuh koneksi internet.

 

Anda dapat cek terlebih dahulu di pengaturan hp supaya tahu aplikasi mana saja yang menyediakan fitur offline. Dengan begitu, Anda dapat memanfaatkan aplikasi tersebut supaya kuota hp tetap hemat.

 

 

7. Mengaktifkan mode data saver

Fitur lain yang tersedia di hp Android adalah mode data saver. Data saver ini berfungsi untuk membantu menghemat kuota internet.

 

Tips hemat kuota hp Android dengan mode data saver cukup mudah, karena dapat diatur langsung dari fitur Pengaturan.

 

Cukup buka Pengaturan hp, pilih Koneksi, cari menu Data Usage, klik Data Saver dan centang Turn on now.