Jenis kopi sering kita nikmati sebenarnya terdapat di hampir seluruh wilayah Indonesia. Hal tersebut membuat kopi seolah tak lepas dari budaya masyarakat Indonesia. Salah satu jenis kopi yang paling populer adalah kopi hitam. Bagi sebagian orang, menikmati kopi hitam berarti menikmati cita rasa kopi yang sesungguhnya. Tentunya juga efek minum kopi hitam tanpa gula yang ternyata baik bagi tubuh.

Manfaat Kopi Hitam

Bagi yang sering minum kopi, tidak ada salahnya untuk minum kopi tanpa gula, krimer, dan bahan tambahan lainnya untuk mendapatkan manfaatnya bagi tubuh. Beberapa manfaat kopi hitam murni yaitu:

  1. Meningkatkan memori

Minum kopi hitam di pagi hari ternyata bisa meningkatkan fungsi otak. Kopi hitam dapat membantu meningkatkan daya ingat dengan menjaga otak tetap aktif. Saraf yang aktif akibat minum kopi hitam juga menurunkan risiko demensia.

  1. Membersihkan perut

Kopi memiliki efek diuretik. Sifat inilah yang membuat Anda ingin sering buang air kecil setelah minum kopi. Hal ini karena racun dan bakteri di dalam tubuh akan dikeluarkan dalam bentuk urin. Ini dapat membantu Anda membersihkan semua jenis bakteri di perut Anda.

  1. Melindungi hati

Sebagai organ yang menjalankan ratusan fungsi penting, kesehatan hati patut dijaga. Pasalnya, banyak penyakit mematikan yang menyerang fungsi hati, seperti hepatitis.

Hasil studi yang dilakukan para peneliti menunjukkan bahwa orang yang rutin minum kopi hitam asli tanpa tambahan gula memiliki risiko 80% lebih rendah terkena penyakit liver.

  1. Meningkatkan kinerja fisik

Kafein yang ada dalam kopi hitam dapat merangsang sistem saraf Anda dan memberi sinyal pada sel-sel lemak untuk memecah lemak tubuh. Tapi ini juga meningkatkan tingkat adrenalin di dalam darah. Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan kebugaran fisik rata-rata 11-12%.

  1. Meningkatkan jumlah antioksidan dalam tubuh

Kopi hitam ternyata kaya akan antioksidan. Kopi hitam mengandung vitamin B2, B3, B5, mangan, kalium dan magnesium yang baik bagi tubuh.

  1. Mengurangi stres dan depresi

Stres adalah masalah terbesar tubuh. Pasalnya, stres merupakan penyebab dari banyak masalah kesehatan yang serius. Namun, meminum secangkir kopi hitam saat Anda merasa gugup atau tertekan dapat langsung memperbaiki suasana hati Anda dan membuat situasi menjadi lebih baik. Kopi merangsang sistem saraf pusat dan meningkatkan produksi dopamin, serotonin, noradrenalin, dan neurotransmiter yang yang meningkatkan untuk membantu meningkatkan suasana hati.

Kopi Hitam Murni Asli 100%

Setelah mengetahui efek minum kopi hitam tanpa gula dan krimer secara rutin, tidak ada salahnya untuk mulai mencobanya apalagi mengurangi gula juga dapat mencegah risiko penyakit diabetes. Untuk pembuatan kopi yang lebih mudah dan praktis, anda bisa mencoba Nescafe Classic yang terbuat dari biji kopi robusta asli 100% yang memberikan rasa kopi asli yang nikmat dan aroma yang khas.