Tinggal di rumah desain impian adalah salah satu pencapaian besar yang diimpikan setiap orang. Namun, paling sering, desain dan interior yang tepat dipilih.

Desain rumah yang tepat juga menjadikan setiap sisi dan setiap ruangan rumah semakin cantik dan memenuhi kebutuhan Anda. Ini akan membuat Anda dan seluruh keluarga lebih nyaman.

Bagi Anda yang sedang dalam proses mendesain rumah, ada 10 poin penting yang perlu Anda perhatikan dan pahami dalam penilaian berikut agar desain rumah tampil terbaik.

1. Tentukan gaya rumah yang tepat

Memilih gaya hidup adalah hal utama yang perlu diperhatikan dengan baik. Ini berlaku untuk semua bagian rumah, baik itu desain eksterior maupun interior.

Anda dapat memilih gaya hidup yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda, mis. B. tradisional, modern, minimalis dan lain-lain.

Selain itu, pilih desain interior yang sesuai dengan desain eksterior Anda. Ini penting agar seluruh rumah seimbang dan lebih nyaman.

2. Tentukan jumlah kamar tidur

Banyaknya kamar tidur mempengaruhi ketersediaan ruang untuk berbagai ruangan lain, jadi hal ini harus ditentukan dengan cermat. Bagi yang masih keluarga kecil, hanya memiliki 2 kamar tidur mungkin bisa menjadi pertimbangan.

Namun, jika Anda sudah memiliki banyak anak, pertimbangkan untuk membuat kamar tidur untuk masing-masing anak. Tentukan jumlah kamar yang benar dan sesuai luas rumah agar semua ruangan bisa seimbang dengan nyaman.

3. Tentukan jumlah lantai

Saat membangun rumah dari awal, Anda bisa memilih dari keseluruhan desain rumah. Anda bisa membangun rumah dua lantai dengan ukuran yang lebih besar.

Namun jika lahan yang tersedia cukup luas, rumah 1 lantai pasti akan nyaman. Pikirkan baik-baik agar suatu saat rumah menjadi benar-benar nyaman dan menjadi impian Anda.

4. Tentukan desain kamar tidur utama

Kamar tidur utama merupakan tempat istirahat yang nyaman. Selain fungsinya, keindahan ruang ini tentunya penting. Tentukan desain yang tepat untuk kamar tidur utama ini, termasuk akses ke kamar mandi jika Anda mau.

Pilih juga desain interior yang sesuai dengan selera Anda. Usahakan untuk menggunakan furnitur yang tepat agar Anda bisa menikmati kenyamanan di dalam kamar.

5. Buat area pendukung di luar ruang utama

Idealnya, rumah memiliki beberapa ruang utama antara lain: ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, dan dapur. Namun, hal ini tidak selalu menjadi aturan, apalagi jika Anda masih memiliki lahan yang gratis dan bisa digunakan.

Anda dapat membuat beberapa area pendukung lainnya, seperti: Misalnya: B. area kerja, ruang bermain anak-anak dan lain-lain. Ruang pendukung ini akan membuat rumah semakin nyaman.

6. Tentukan jumlah kamar mandi

Anda juga perlu membuat kamar mandi yang nyaman di rumah. Jumlah kamar mandi dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaan akomodasi. Beberapa orang membangun kamar mandi di setiap kamar tidur, atau bahkan hanya kamar mandi utama.

Selain itu, Anda akan membutuhkan kamar mandi di sekitar ruang tamu atau dapur. Secara umum, kebanyakan rumah memiliki minimal 2 kamar mandi.

7. Desain area dapur

Dapur akan menjadi area penting di dalam rumah yang kerap menjadi masalah bagi kebanyakan orang. Di area inilah Anda akan menyimpan banyak furnitur dan melakukan aktivitas yang berbeda-beda setiap harinya.

Pastikan Anda memilih desain dapur yang tepat agar semua aktivitas di area ini bisa berjalan dengan lancar. Gunakan juga berbagai furniture yang sesuai dengan kebutuhan dan juga luas dapurnya.

8. Membuat dan mengevaluasi denah rumah

Terlepas dari desain rumah yang Anda bangun, Anda harus memiliki rencana terlebih dahulu. Sebelum Anda mulai membangun, evaluasi rencana ini dan pratinjau deskripsi rumah impian Anda secara mendetail. Dengan cara ini Anda akan mendapatkan desain rumah yang tepat dan nyaman untuk ditinggali.

9. Fungsionalitas

Jangan lupa untuk mengawasi fungsionalitas rumah Anda. Rumah idaman tidak hanya indah dipandang, tetapi juga harus dapat memenuhi fungsinya sebagai tempat yang nyaman untuk kehidupan nyata.

Ini berlaku untuk setiap sudut rumah Anda, termasuk ruang yang akan dibangun di dalamnya.

10. Sesuaikan letak rumah

Lokasi rumah Anda juga menentukan kenyamanan Anda selama berada di sana. Pastikan untuk menyesuaikan desain ini agar sesuai dengan lokasi rumah.

Source: https://avantela.com/home.