Pemuda saat ini menjadi semakin berpengetahuan di bidang Pemrograman. Kita tidak sering berinteraksi dengan komunitas pemrograman pada 1990-an, hanya sebagian kecil orang yang menggunakan komputer. Namun, di zaman sekarang hampir semua industri membutuhkan tenaga kerja pemrograman. Juga lebih mudah untuk mendapatkan hardware komputer dan software pendukung pemrograman. Dari sini lah kursus pemrograman dapat diakses, sehingga lebih mudah bagi seseorang untuk belajar bahasa pemrograman. Contohnya, di kota semarang terdapat banyak kursus coding semarang yang tersedia untuk calon programmer.

Selain kursus pemrograman, kita mengetahui banyak sekolah IT atau universitas dengan jurusan IT mengajarkan pemrograman. Masyarakat umum yang tertarik untuk belajar tentang dunia coding sering menjadi target untuk kursus bahasa pemrograman ini. Namun, biasanya programmer berpengalaman juga mendaftar di kelas bahasa pemrograman karena mereka membantu mereka memperluas keahlian mereka.

Jadi apa saja yang diajarkan kursus pemrograman, dan bagaimana cara kita mempelajarinya? Bergantung pada jenis kursusnya, bahasa pemrograman yang diajarkan, latar belakang pendidikan peserta, dan faktor lainnya, jawabannya dapat sangat bervariasi. Namun, kita dapat menarik kesimpulan umum tentang langkah-langkah atau proses untuk belajar pemrograman seperti yang tercantum di bawah ini.

Instal program pendukung

Berbagai software pendukung untuk mempelajari pemrograman. Tidak banyak software pendukung karena bergantung pada bahasa pemrograman yang ingin kita pelajari dalam kursus.

Misalnya, untuk membangun program yang kita tulis untuk kursus pemrograman Java, kita harus menginstal Java Development Kit, atau JDK. Kemudian, untuk menulis baris coding yang akan kita buat, kita juga perlu menginstal IDE (Integrated Development Environment), seperti Eclipse.

Komponen yang paling penting untuk menginstal adalah IDE. Bahkan, IDE harus digunakan untuk menulis coding untuk hampir semua bahasa pemrograman. Seorang programmer dapat mengembangkan dan mengelola baris coding lebih mudah dengan memanfaatkan IDE. Untuk membuat JavaScript, React JS, dan bahasa pemrograman berbasis .Net, misalnya, VS Code adalah IDE terbaik.

Cara Membuat Program Sederhana

Prosedur ini adalah ritual penting ketika belajar bahasa pemrograman. Tahap ini bertujuan untuk menghasilkan program yang sangat sederhana berjalan dengan baik mudah yang berkinerja mengagumkan.

Hal ini penting untuk disampaikan kepada peserta kursus bahwa mereka mahir dalam bahasa pemrograman. Biasanya, pada tahap kursus ini, siswa hanya diminta untuk memprogram frasa “Hello World” dalam bahasa pemrograman tertentu.

Belajar Variabel

Variabel adalah fitur dari hampir semua bahasa pemrograman. Variabel adalah ruang penyimpanan untuk data. Objek, nilai desimal, teks, dan angka semuanya dapat disimpan sebagai data.

Data ini dapat dihitung untuk menulis perintah menggunakan pemrograman. Data dapat digunakan sebagai input dan output untuk proses, masing-masing.

Pelajari dasar-dasarnya

Tahap berikut akan beralih ke dasar-dasar belajar bagaimana kode setelah belajar variabel baru. Bergantung pada bahasa pemrograman yang dipelajari, informasi dasar dapat berubah secara signifikan. Misalnya, OOP (Object Oriented Programming), array, loop, kondisi, dan konsep lainnya semua diperlukan ketika belajar Java. Kita juga perlu belajar tentang Array, loop, kondisi, dan bagaimana menggunakan PHP untuk menghasilkan dokumen HTML untuk memahami PHP.