Salah satu pertanyaan yang paling sering saya tanyakan adalah ”Berapa biaya per kaki persegi untuk membangun rumah baru”. Tidak ada jawaban pasti untuk ini. Saya akan menguraikan di bawah ini berapa biaya rata-rata dan apa pengaruh biaya yang terlibat dalam konstruksi.

Biaya rata-rata

Jadi, pertama-tama berapa biaya ‘rata-rata’ per kaki persegi untuk membangun rumah di Indonesia. Biaya bangunan biasanya berkisar antara 110.000 hingga 180.000 per kaki persegi untuk penyelesaian pembangun. Mereka bisa lebih banyak, dan bisa lebih sedikit tergantung di bagian negara mana Anda tinggal.

Desain besar yang lugas dengan spesifikasi standar umumnya berada dalam kisaran yang lebih rendah (>3500sqft) dan desain kontemporer yang lebih kecil dengan spesifikasi tinggi umumnya berada dalam kisaran yang lebih tinggi (<1500sqft).

Saya biasanya membangun untuk menyelesaikan pembangun. Ini adalah elemen utama dari rumah yang dibangun dengan hasil akhir yang tersisa untuk diselesaikan oleh klien.

Baca Juga : Baja Ringan Taso di Tangerang

Selesai tukang tidak termasuk Dapur, Utilitas, Lemari Pakaian, Ubin, Lantai, Pengecatan dll. Secara eksternal, penyelesaian tukang tidak termasuk penyelesaian jalan masuk seperti aspal, drainase jalan masuk, trotoar, pembentukan lokasi, penyebaran tanah lapisan atas, halaman rumput, penanaman, pintu masuk dinding, gerbang, teras, dinding penahan, lukisan eksternal dll.

Aturan praktisnya adalah biaya tambahan 40% di atas biaya penyelesaian pembangun untuk menyelesaikan rumah secara internal dan eksternal. 20% untuk finishing internal dan 20% untuk finishing eksternal.

Jika misalnya biaya penyelesaian pembangun 250.000.000, izinkan 50.000.000 untuk penyelesaian dalam dan 50.000.000 untuk penyelesaian luar.

Berikan sekitar 20.000.000 untuk item seperti biaya izin perencanaan, insinyur untuk inspeksi lokasi, pembayaran tahap penandatanganan, biaya pengacara, biaya pengembangan dewan, biaya sambungan utilitas, biaya sambungan ke saluran pembuangan utama jika tersedia, dll.

Baca Juga : Baja Ringan Taso di Depok

Apa yang menentukan biaya pembangunan rumah?

Ada dua elemen utama

Desain

Semakin sederhana Anda dapat membuat desain, semakin murah biaya pembuatannya. Topografi situs/ kondisi tanah – Apakah tingkat situs atau miring. Apakah tanahnya bagus untuk pondasi dan perkolasi air limbah?

Spesifikasi

Apakah Anda menginginkan atap dasar di atas kepala Anda, atau apakah Anda menginginkan semua lonceng dan peluit?

Ini relatif lurus ke depan. Semakin kompleks Anda membuat sesuatu, semakin mahal biaya pembuatannya.

Contohnya adalah bentuk kompleks, atap datar, balkon, jendela sudut, jendela puncak, jendela ceruk, kaca berhektar-hektar, jendela atap, banyak lembah dan nampan timah, menghadap batu alam, langit-langit berkubah, pintu geser, baja struktural, kelongsong seng atau cedar dll.