Danau Toba sebagai fenomena alam dunia yang hebat. Danau kawah yang besar sekali ini terbagi dalam sebuah pulau yang nyaris seukur Singapura di tengah-tengahnya. Dengan luas lebih dari 1.145 km persegi, dan kedalaman 450 mtr., Danau Toba sebetulnya lebih serupa lautan. Ini ialah danau paling besar di Asia Tenggara dan salah satunya danau paling dalam di dunia.
Penjelajahan yang Menentramkan
Mengambil info dari https://www.terasvillas.online/ , Toba ialah tempat untuk duduk rileks, santai, dan nikmati panorama alam yang cantik. Saat Anda duduk dan nikmati panorama pegunungan yang cantik dengan danau yang jernih dan sejuk, Anda akan rasakan kekuatiran dunia mencair. Karena danau ini berada 900 mtr. di permukaan laut, karena itu cuaca di sini lebih sejuk hingga bisa melepas diri dari panas, kelembapan, dan pencemaran kota.

Cara Kesana Dengan Pesawat

Anda bisa pilih di antara dua jalur penerbangan untuk capai Danau Toba. Jalur pertama ialah dari Lapangan terbang Internasional Kualanamu, Medan ke arah Lapangan terbang Internasional Sisimangaraja XII (awalnya namanya Lapangan terbang Internasional Silangit) yang berada di Siborong-borong, Tapanuli Utara. Dari sana, Anda dapat secara mudah capai Danau Toba lewat lajur darat.

Opsi ke-2 dengan penerbangan langsung ke arah Lapangan terbang Internasional Sisingamangaraja XII. Beberapa maskapal penerbangan tawarkan penerbangan langsung ke Lapangan terbang Internasional Sisimangaraja XII dari Jakarta dan beberapa kota besar yang lain. Yakinkan untuk mengecek agenda untuk jalur yang paling pantas untuk Anda!

Lewat Darat

Parapat, kota pinggir Danau Toba, memiliki jarak 176 km dari Medan dan bisa dilakukan dalam kurun waktu kurang dari 6 jam dengan bis umum yang ikuti dua jalur: Medan-Parapat atau lewat Medan-Berastagi.

Biro perjalanan di Medan dapat atur rental mobil plus pengemudi untuk Anda. Bila Anda tiba lewat lajur darat dari selatan lewat Bukittinggi dan Tarutung ada bis umum.

Ada Apa Aja Sih?

Rasakan embusan angin di rambut Anda dan melakukan seperti yang sudah dilakukan warga di tempat dengan sewa sepeda motor untuk menelusuri sisi dunia yang cantik ini. Bila Anda ada di Pulau Samosir, sempatkan diri sepanjang hari untuk menelusuri dengan berkendaraan di jalan yang mengelilingi pinggiran pulau. Walau kasar dan tidak beraspal di sejumlah tempat, jalan ini tawarkan beberapa panorama danau yang fantastis dari titik paling tinggi di pulau itu. Bila Anda tinggal di dusun Tuk Tuk yang terkenal di Samosir, langkah terbaik untuk berkeliling-keliling ialah dengan jalan kaki atau jalan-jalan, telusuri jalan khusus dengan rileks.

Yang Menarik di Danau Toba

Ada beberapa langkah untuk Anda untuk nikmati fenomena alam Danau Toba yang mengagumkan. Beberapa orang menjelaskan jika bermain seperti di Danau Toba ialah pengalaman sekali sepanjang umur. Biasanya, ada tiga jalur yang dapat Anda telusuri dengan mengayuh seperti, yakni Tongging – Silalahi (12 km – Easy), Tongging – Samosir (50 km – Sedang), dan Lingkar Utara (175 km – Menuntut). Anda bisa juga nikmati sejuknya angin dari sekitaran danau dengan glamping (glamorous camping) di The Kaldera Nomadic Escape. Berada di Sibisa, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir, Anda dapat memasukkan diri di alam tak perlu ribet dengan kewalahan kemping konservatif. Disamping itu, kamu bisa juga dimanja dengan sarana mewahnya seperti tenda ala-ala bohemian, bubble tent, eco pod, dan amfiteater memiliki 300 orang.

Berada di Pulau Samosir, dusun tradisi ini diproteksi oleh pagar pemisah dari tanah dengan pagar bambu dan pohon-pohonan. Dusun ini banyak memiliki rumah tradisionil yang unik dan orisinal, khususnya dari Tomok, yang terbagi dalam jejeran rumah kayu besar dengan atap rumbia berwujud pelana yang dibuat dari ijuk (disebutkan ijuk).

Suku Batak terkenal dengan budayanya yang semarak. Antara yang lain, Tari Tor-Tor dipandang yang paling menawan. Tarian tradisionil ini umumnya dilaksanakan pada perayaan waktu seperti panen atau upacara pernikahan. Tetapi menurut riwayat, Tari Tor-Tor dipakai dalam ritus untuk panggil arwah dan ‘menggiring’ mereka ke patung-patung batu yang dibangun sebagai lambang nenek moyang.

Disamping itu, ada juga wayang kayu namanya Sigale-gale sebagai daya magnet rekreasi di Pulau Samosir karena nilai mistik yang terdapat di dalam dogma dan keyakinan sekitar wayang tersebut. Warga di tempat yakin jika Sigale-gale bisa mengeluh dan menari sendiri tanpa musik. Ada yang menjelaskan jika Sigale-gale cuma dapat ditempatkan di peti mati. Arca ini biasa dipakai dalam upacara kematian keluarga di wilayah Samosir karena tari Sigale-gale dipercayai oleh masyarakat sekitaran untuk mengantar roh almarhum ke alam baka.

Anda yang mencari oleh-olehan kemungkinan ingin menyaksikan Ulos, tekstil tenunan tangan yang jeli yang bukan hanya berperan sebagai baju, tapi juga sebagai lambang status yang berarti, berperan sebagai pusaka yang bernilai, atau menjadi hadiah upacara sepanjang transisi hidup manusia dari lahir dan menikah sampai mati.

Ada pula ukir-pahatan kayu asli yang dapat Anda peroleh di toko cenderamata. Janganlah lupa membeli biji kopi Arabica yang nikmat namanya Sumatra Mandheling untuk kamu semua pencinta kopi.

Rujukan lainnya : https://lummoshop.com/sewavillakotabunga